Twitter Down! Akun Bill Gates, Elon Musk, Barack Obama, dan Apple Diretas Hacker

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 16 Juli 2020 13:46
Twitter Down! Akun Bill Gates, Elon Musk, Barack Obama, dan Apple Diretas Hacker
Sebagai pemilik akun biasa tanpa centang biru, kita masih bisa tenang~

Twitter saat ini sedang menjadi sorotan banyak orang karena banyak akun dari tokoh terkanal dan perusahaan global yang diambil alih hacker. Mulai dari akun Bill Gates, Elon Musk, Apple, Kanye West hingga mantan presiden Obama.

1 dari 4 halaman

Permintaan bitcoin

Melansir dari laman Kumparan, akun-akun yang berhasil diretas tersebut membuat sebuah cuitan berupa penipuan mata uang kripto bitcoin. Peretas meminta followers dari akun-akun tersebut untuk mengirimkan bitcoin.

Peretasan Akun Twitter © Diadona

Semua akun yang diretas mencuitkan tweet yang sama. Nampaknya ini menjadi sebuah peretasan yang paling luas dan membingungkan untuk Twitter.

Berdasarkan laporan The Verge via Kumparan, peretasan terjadi sekitar pukul 16.00 waktu setempat atau 03.00 WIB. Pada saat itu, akun-akun yang diduga sudah diretas mulai mencuitkan permintaan bitcoin.

2 dari 4 halaman

Menyasar akun tokoh terkenal dunia

Akun yang pertama kali mencuitkan permintan bitcoin adalah Elon Musk dan Bill Gates. Kedua akun tersebut mencuitkan tweet yang sangat mirip, dengan alamat dompet bitcoin yang identik. Tweet kedua akun itu pun telah dihapus.

Peretasan Akun Twitter © Diadona

Tak lama setelah itu, akun Apple, Uber, mantan Presiden AS Barack Obama, CEO Amazon Jeff Bezos, kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden, artis Kanye West, juga dilaporkan mengalami serangan hacker yang serupa.

Peretasan Akun Twitter © Diadona

3 dari 4 halaman

Tindakan Twitter

Terkait kejadian ini, Twitter mengambil langkah yang belum pernah dilakukan sebelumnya, yaitu mencegah akun centang biru melakukan tweet sementara dan menghapus postingan yang diretas. Tampaknya, ini pertama kalinya Twitter melakukan hal ini dalam sejarah perusahaan.

Twitter baru menyadari adanya peretasan setelah satu jam kemudian. Melalui pernyataan di akun resminya, Twitter tengah menyelidiki dan memperbaiki masalah yang terjadi. Mereka belum mengungkap penyebabnya.

 

Duh, bahaya juga nih kalo sampai sudah ada yang mengirimkan bitcoin kepada si peretas. Gimana komentarmu, guys?

Beri Komentar