Terdapat Bug Ngeselin Buat Para Gamers di Android 11

Reporter : Yoyok
Selasa, 27 Oktober 2020 16:50
Terdapat Bug Ngeselin Buat Para Gamers di Android 11
Kira-kira bug-nya ngapain ya kok bisa ngeselin gitu?

Buat kalian pengguna smartphone Android, beberapa dari kalian mungkin telah menggunakan OS terbaru di hape kalian. Android 11 memang telah diluncurkan dan banyak yang telah menggunakannya.

Teknologi terbaru tentu saja seharusnya memiliki banyak kelebihan dari teknologi sebelumnya. Termasuk juga di Android 11 ini, yang lebih canggih dari sistem operasi sebelumnya.

Namun, ternyata Android 11 tidak sesempurna itu lho, terutama di mata seorang gamers.

1 dari 6 halaman

Tidak Fullscreen

Dikutip dari Phone Arena, Android 11 yang telah dirilis sejak dua bulan lalu ini masih saja mendapatkan keluhan dari para pengguna. Terutama untuk para gamers mobile.

Salah satu keluahan terbaru akan Android 11 adalah mode layar penuh yang tidak benar-benar fullscreen, sehingga status bar dan tombol navigasi masih nongol. Tentu saja para gamers akan sangat kecewa dengan bug satu ini, mengingat tampilan fullscreen merupakan salah satu kebutuhan para gamers dalam bermain.

Ilustrasi Android 11 © Diadona

2 dari 6 halaman

Bug Tidak Jelas

Bug satu ini mulai ramai dibicarakan di berbagai forum online. Masalah ini telah dilaporkan ke Google, namun tidak ada tanggapan berarti dari perusahaan teknologi tersebut.

Ternyata, bug satu ini tidak dialami oleh semua smartphone. Namun, masih tidak jelas juga smartphone dengan karakteristik apa yang cenderung memiliki bug ini.

3 dari 6 halaman

Restart

Bulan lalu, Google sebenarnya mengakui kalau ada masalah fitur pada Android 11. Namun, mereka juga mengkonfirmasi bahwa masalah tersebut telah teratasi.

Jika kamu saat bermain game mobile dan bug satu ini muncul, cara yang bisa dilakukan ada melakukan restart pada aplikasi. Salah satu cara yang dapat dipilih oleh Google untuk menghilangkan masalah ini secara permanen adalah dengan melakukan update terbaru.

4 dari 6 halaman

Fitur Android 11

Ilustrasi Android 11 © Diadona

Buat kamu yang masih bingung dengan apa aja layanan pada Android 11, berikut ini fitur-fiturnya:

1. Banyak dari kita yang harus sering bergonta-ganti aplikasi saat berkomunikasi menggunakan pesan teks. Di Android 11, percakapan dari berbagai aplikasi pesan yang kamu miliki akan disediakan dalam satu ruang khusus di bagian notifikasi, sehingga kamu dapat mengatur percakapan dengan lebih mudah. Kamu juga dapat memprioritaskan percakapan dari orang-orang terpenting agar tidak ada pesan mereka yang terlewat.

2. Fitur balon membuat kamu dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligus tanpa hambatan di perangkat. Kini kamu dapat menanggapi percakapan penting tanpa harus bolak-balik berpindah antara aplikasi yang sedang kamu buka, termasuk aplikasi pesan.

3. Pengaturan bawaan untuk merekam layar akhirnya tersedia. Sekarang kamu dapat merekam dan membagikan apa yang terjadi pada smartphone. Rekam dengan menyertakan suara dari mikrofon, perangkat, atau keduanya (tidak perlu aplikasi tambahan).

4. Sekarang kamu bisa mengakses semua perangkat pintar di satu tempat, cukup dengan menekan dan menahan tombol daya (power). Kontrol perangkat yang terhubung seperti smart TV dan smart speakers dengan sekali klik tanpa harus membuka beberapa aplikasi lainnya.

5. Desain kontrol media telah diperbarui dan kini jauh lebih memudahkan. Kamu juga dapat mengganti perangkat yang memutar media, sehingga bisa memindah musik dari headphone ke speaker tanpa melewatkan satu nada pun.

5 dari 6 halaman

6. Android Auto kini dapat berfungsi secara nirkabel untuk semua smartphone yang menjalankan Android 11, asalkan kamu memiliki kendaraan yang kompatibel. Dengan demikian, kamu dapat terus menggunakan fitur-fitur terbaik smartphone tanpa ada kabel yang mengganggu saat mengemudi, seperti mengaktifkan petunjuk arah dengan sekali ketuk, meminta smartphone mengirimkan pesan teks melalui perintah suara, memutar media favorit, dan mendapatkan bantuan dari Google Assistant.

7. Fitur izin sekali pakai membuat kamu dapat memberikan akses satu kali ke fitur sensor perangkat yang paling sensitif seperti: mikrofon, kamera, dan lokasi. Jika di kemudian hari membutuhkan lagi akses ke sensor perangkat, suatu aplikasi harus meminta izin ulang kepada kamu.

8. Saat sudah lama tidak digunakan, sebaiknya sebuah aplikasi tidak diperbolehkan untuk terus mengakses data. Kini, Android akan " reset otomatis" izin untuk aplikasi yang lama tidak digunakan dan memberi tahu kamu tentang ini. Kamu selalu bisa memberikan kembali izin kepada aplikasi tersebut saat ingin menggunakannya.

9. Dengan modul update sistem tambahan Google Play, akan ada lebih banyak perbaikan keamanan dan privasi yang dapat segera dikirimkan ke smartphone kamu dari Google Play, dengan cara yang sama seperti proses update aplikasi. Begitu perbaikan tersedia, kamu akan mendapatkannya tanpa harus menunggu update OS yang menyeluruh.

10. Untuk kamu pengguna Android Enterprise, Android 11 membekali perangkat milik perusahaan yang kamu gunakan dengan perlindungan privasi seperti yang biasa tersedia di perangkat pribadi. Departemen TI dapat menggunakan seperangkat alat untuk mengelola perangkat kamu melalui profil kerja, tanpa memantau data atau aktivitas yang kamu lakukan di profil pribadi.

11. Jika menggunakan Pixel 2 atau yang lebih baru, kamu akan mendapatkan sejumlah alat tambahan untuk mengatur dan mengelola smartphone, seperti saran aplikasi berdasarkan rutinitas sehari-hari. Juga tindakan baru yang memungkinkan kamu memilih teks atau gambar, atau mengambil screenshot atas sebuah aplikasi, dan lain sebagainya.

Beri Komentar