Cara Menyambungkan CCTV ke HP, Paling Lengkap dan Dijamin Berhasil

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 13 Oktober 2023 20:19
Cara Menyambungkan CCTV ke HP, Paling Lengkap dan Dijamin Berhasil
Cara menyambungkan CCTV k HP ternyata anti ribet dan sangat mudah loh, Diazens!

Keamanan merupakan salah satu hal paling penting demi melindungi keluarga, kerabat, dan juga bisnis milikmu. Sistem keamanan pun juga semakin maju akibat dari perkembangan teknologi yang pesat hingga menghasilkan kamera pengawas atau CCTV. Ternyata CCTV bisa kamu sambungkan ke HP milikmu loh, cara menyambungkan CCTV ke HP juga cukup mudah.

Hanya dengan menggunakan smartphone yang kamu gunakan sehari-hari kamu sudah bisa memantau keadaan rumah dan kantor kamu. Dengan begitu kamu bisa mengantisipasi tindak kriminal yang mungkin terjadi di masa mendatang, dengan memperkuat sistem keamanan. Walaupun sedang berada di lokasi yang berbeda, namun kamu jadi bisa lebih tenang dan merasa aman mengetahui rumah dan bisnis kamu baik-baik saja.

Lantas, bagaimana cara menyambungkan CCTV ke HP? Berikut sudah Diadona rangkum langkah-langkah yang dijamin paling mudah untuk menyambungkan CCTV ke HP.

1 dari 7 halaman

Cara Menyambungkan CCTV ke HP dengan Menggunakan Internet

Cara Menyambungkan CCTV ke HP © Diadona

Cara menyambungkan CCTV ke HP dengan menggunakan Internet cukup mudah. Namun sebelum itu kamu akan memerlukan beberapa peralatan untuk menyambungkan CCTV ke HP antara lain router Wi-Fi dan juga kabel kabel Ethernet atau kabel HDMI. 

Berikut adalah cara menyambungkan CCTV ke HP dengan menggunakan internet:

  • Pasang router Wi-Fi.

Memasang router Wi-Fi akan memungkinkan kamu untuk menghubungkan CCTV ke smartphone dengan menggunakan internet.

  • Hubungkan kamera ke router Wi-Fi.

Kamu memerlukan kabel Ethernet atau kabel HDMI untuk menghubungkan kamera ke router Wi-Fi. Colokkan salah satu ujung port Ethernet di kamera dan ujung lainnya ke port LAN di router Wi-Fi. Jika kamu memiliki kamera lebih dari satu, ulangi langkah ini.

  • Konfigurasikan kata sandi Wi-Fi dan pengaturan keamanan.

Buka panel kontrol yang ada di perangkat komputer kamu. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih menu ‘Jaringan dan Pusat Berbagi’.

  • Pilih ‘Ubah pengaturan adaptor dan klik kanan pada ‘PC ini’ 

  • Lalu klik ‘Properti. 

  • Setelah itu buka tab internet ‘Protocol Version 4 (TCP/IPv4).

  • Klik ‘Gunakan alamat IP berikut’.

  • Kemudian masukkan alamat IP router Wi-Fi kamu (disediakan oleh ISP).

  • Masukkan kata sandi untuk jaringan Wi-Fi milikmu.

  • Klik ‘OK’ kemudian klik ‘Terapkan’ untuk menyimpan perubahan pengaturan yang kamu buat.

 

2 dari 7 halaman

  • Hubungkan CCTV ke smartphone kamu dengan internet.

Setelah mengkonfigurasikan dengan kata sandi dan  pengaturan keamanan, kamu bisa menghubungkan kamera CCTV kamu ke internet dengan menggunakan smartphone milikmu.

  • Hubungkan CCTV ke smartphone dengan InternetVs ke jaringan kamu.

Kamu bisa menghubungkan beberapa kamera ke jaringan kamu.apabila kamu hanya memiliki satu kamera maka kamera tersebut akan terhubung secara otomatis setelah kamu memasukkan kata sandi. Jika kamu memiliki lebih dari satu kamera ulangi langkah ini untuk setiap kamera yang ingin kamu sambungkan.

3 dari 7 halaman

Cara Menyambungkan CCTV ke HP dengan Menggunakan Aplikasi

Cara Menyambungkan CCTV ke HP © Diadona

Cara lebih mudah yang bisa kamu lakukan untuk menyambungkan CCTV ke HP adalah dengan menyambungkannya menggunakan aplikasi. Pada saat ini, sudah banyak aplikasi kamera CCTV yang bisa kamu unduh sehingga kamu bisa memantau kamera pengawas kapan saja dan dimana saja.

Berikut adalah cara menyambungkan CCTV ke HP dengan menggunakan aplikasi:

  • Unduh dan instal aplikasi kamera keamanan atau CCTV di smartphone kamu.

  • Tambahkan kamera keamanan atau CCTV ke aplikasi dengan menggunakan kode atau kode QR.

  • Klik pada bagian kamera keamanan atau CCTV yang terhubung ke smartphone untuk meninjau secara langsung.

  • Atur konfigurasi seperti deteksi gerakan, frekuensi peringatan, dan lainnya agar sesuai dengan kebutuhan pemantauan kamu.

 

4 dari 7 halaman

Berikut adalah daftar aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menyambungkan CCTV ke HP:

  • iDVR-PRO CCTV DVR Viewer

Aplikasi iDVR-PRO CCTV DVR Viewer bisa memungkinkan kamu untuk mengakses video pemantauan dengan kualitas lebih tinggi baik dalam bentuk portrait maupun landscape. Kamu bisa mengatur kualitas video kamu sesuai dengan yang kamu butuhkan, bahkan hingga 1080p. Kamu juga bisa memindahkan pemantauan ke perangkat komputer jika dibutuhkan.

  • XProtect Mobile

Aplikasi XProtect Mobile memungkinkan kamu untuk melakukan pemantauan secara langsung atau live view real time tanpa jeda waktu sehingga pemantauan akan semakin bagus dan akurat.

  • Meye

Aplikasi Meye memungkinkan kamu untuk melakukan pemantauan secara langsung atau live view real time tanpa jeda waktu sehingga tidak akan lelet ketika kamu memutar ulang videonya. Kemudian, aplikasi Meye juga dilengkapi dengan banyak pilihan fitur dan kualitas video yang bisa kamu pilih dan gunakan sesuai kebutuhan.

5 dari 7 halaman

  • CCTV Mobile

Aplikasi CCTV Mobile memungkinkan kamu untuk mengakses video CCTV tidak hanya pada saat ini namun secara lengkap hingga rekaman-rekaman yang terjadi di waktu sebelumnya. Selain itu, CCTV Mobile juga dilengkapi dengan pilihan resolusi video yang bisa kamu atur sesuai preferensi kamu.

  • iCam Viewer

Aplikasi iCam Viewer memungkinkan kamu untuk menyambungkan CCTV ke HP dengan menggunakan alamat IP tujuan ke HP kamu, apabila sudah tersambung maka kamu bisa langsung memantau kamera pengawas dengan menggunakan smartphone milikmu. Selain itu, iCam Viewer juga memiliki fitur menarik lainnya seperti pilihan resolusi video dengan kualitas tinggi, bisa memutar video kamera pengawas rekaman lama, bahkan hingga melakukan editing video dengan menggunakan smartphone kamu secara langsung.

6 dari 7 halaman

Keuntungan Menyambungkan CCTV ke HP 

Cara Menyambungkan CCTV ke HP © Diadona

Keuntungan menyambungkan CCTV ke HP pada umumnya adalah kamu tetap bisa memantau kamera pengawas kapan saja dan dimana saja sesuai keinginanmu. Dengan begitu kamu bisa merasa tenang dan aman ketika mengetahui bahwa rumah dan bisnis kamu baik-baik saja walaupun pada saat itu kamu sedang berada di belahan bumi yang berbeda.

Berikut adalah keuntungan menyambungkan CCTV ke HP:

  • Kamera CCTV yang disambungkan dengan HP akan memungkinkan kamu untuk mengambil tindakan pencegahan tepat waktu untuk menghentikan aktivitas kriminal.

  • Jika kamu melihat sesuatu yang tidak biasa pada saat melakukan pemantauan, kamu bisa langsung memberi tahu polisi.

  • Jika ada seseorang di dalam rumah saat kamu mencurigai adanya aktivitas kriminal, kamu bisa dengan cepat memberi tahu mereka agar mereka tidak lengah. Hal ini akan memungkinkan mereka mengambil tindakan untuk melindungi diri mereka sendiri.

Jadi, itu tadi ya menyambungkan CCTV ke HP dengan menggunakan internet dan juga aplikasi kamera CCTV. So, selamat mencoba!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar