Pengertian Wifi, Jenis, dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 29 Juni 2020 09:55
Pengertian Wifi, Jenis, dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Pengertian Wifi ialah teknologi yang menggunakan gelombang radio, untuk mengakses internet di Laptop, PC, ataupun Tablet.

Pengertian Wifi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk bertukar data, yang menggunakan gelombang radio (secara nirkabel), dengan memanfaatkan berbagai peralatan elektronik.

Sedangkan dari sumber lainnya, menjelaskan pengertian Wifi ialah teknologi jaringan tanpa kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer.

Merujuk dari penjelasan tersebut, sehingga bisa disimpulkan bahwa fungsi dari Wifi adalah untuk koneksi ke jaringan internet, sharing file, serta menjadikan handphone sebagai modem.

Nah, supaya kamu lebih paham dengan pengertian Wifi, langsung saja simak ulasan di bawah ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Router Wifi

Pengertian Wifi © Diadona

Saat ini, Wifi seolah-olah menjadi sesuatu yang wajib di suatu café atau restoran, bahkan di mana-mana seringkali kamu menemukan papan bertuliskan free wifi yang disertai dengan password di meja resepsionis.

Tak heran kalau setiap hunian pun kini memiliki router wifi sendiri. Router Wifi adalah alat bantu untuk menghubungkan jaringan atau data internet pada penerimanya, sehingga bisa ditangkap dan dipancarkan pada area tertentu.

Namun, apa bedanya dengan modem? Kedua perangkat ini sebenarnya berbeda, namun banyak yang menganggapnya sama. Yaps, modem hanya bisa digunakan untuk berkoneksi pada beberapa komputer dengan menggunakan sofware atau OS saja. Sedangkan router bisa terhubung pada beberapa PC melalui Wifi.

2 dari 4 halaman

Wifi Extender

Pengertian Wifi © Diadona

Secara harfiah, pengertian Wifi extender adalah hardware khusus yang secara fisik terlihat seperti wifi access point biasa, yang digunakan untuk menangkap sinyal Wifi dari Wifi access point.

Contohnya seperti, jangkauan sinyal wifi dari access point cuma sampai jarak 15 meter saja, sedangkan kalau lebih dari jarak tersebut sinyal wifi sudah tidak bisa untuk digunakan.

Sehingga, supaya wifi kamu yang berada dalam jarak 20meter dapat menerima sinyal dari AP router, maka dipasanglah sebuah wifi extender pada jarak 15 meter tersebut.

Lalu, apakah Wifi extender dipakai hanya sebagai penambah jangkauan saja? Tidak, Wifi extender juga bisa dipakai untuk memperkuat sinyal wifi di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh sinyal Access point.

3 dari 4 halaman

Wifi Direct

Pengertian Wifi © Diadona

Seperti yang kita ketahui, pengertian Wifi adalah singkatan dari wireless fidelity yang artinya sebuah teknologi memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data.

Selain pengertian wifi secara umum, berikut ada beberapa definisi menurut para ahli terkait wifi, diantaranya:

1. Doni Kurniawan

Pengertian Wifi adalah teknologi lama yang sudah disertakan dalam beberapa laptop ataupun notebook. Sehingga, dengan seiringnya waktu teknologi ini menjadi keharusan dalam sebuah komputer serta elektronik lainnya.

2. Onno W. Purbo

Sedangkan menurut Onno W. Purbo, pengertian Wifi ialah nirkabel yang bersifat sharing atau digunakan untuk berbagi.

Selain penjelasan Wifi diatas, kamu juga harus mengetahui jenis-jenisnya. Salah satunya ialah Wifi direct. Wifi direct adalah Wifi yang berfungsi dalam mode peer-to-peer. Artinya, perangkat Wifi direct langsung terhubung satu sama lain daripada melalui router nirkabel.

4 dari 4 halaman

Wifi ID

Pengertian Wifi © Diadona

Pengertian Wifi ID adalah jaringan akses broadband yang menjadi media untuk bisa menikmati layanan internet berkecepatan tinggi serta dilengkapi dengan berbagai layanan multimedia lainnya.

Sehingga, untuk menikmati layanan wifi.id pengguna harus mengunjungi tempat yang menyediakan fasilitas wifi.id (wifi.id corner) atau membeli voucher Wifi.id melalui pulsa dengan format tertentu.

Intinya, pengertian Wifi adalah suatu teknologi komunikasi yang bekerja pada perangkat WLAN, yang digunakan sebagai sharing data.

Beri Komentar