Pengertian GPS, Jenis, dan Cara Kerjanya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 23 Juni 2020 10:45
Pengertian GPS, Jenis, dan Cara Kerjanya
GPS adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi suatu tempat.

GPS adalah sebuah alat naviasi yang digunakan untuk mengetahui suatu tempat atau informasi dengan cepat, tepat, dan akurat.

Sehingga kegunaan GPS bisa dikatakan sebagai alat untuk mengetahui arah mata angin, jika kamu berada di suatu tempat yang tidak kamu ketahui atau tersesat, bahkan untuk melacak posisi kendaraan ataupun mobil dalam keadaan Real-Time.

Selain itu, kegunaan GPS adalah untuk menentukan lokasi yang diaplikasikan dalam berbagai hal, mulai dari software navigasi, ride sharing, olahraga, hingga bermain game dengan augmented reality.

Nah, supaya kamu lebih paham pengertian dari GPS, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

GPS adalah..

GPS adalah © Diadona

GPS adalah sistem navigasi yang menggunakan satelit, untuk penentuan posisi secara instan dan cepat di setiap saat dan dalam kondisi cuaca apapun.

Tak hanya itu saja, ada juga yang mendefinisikan Global Positioning System atau GPS adalah sistem navigasi berbasis satelit yang terdiri dari 24 satelit.

Fungsi dari GPS adalah untuk menentukan kecepatan, arah, letak, dan waktu, dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke bumi.

Lalu, bagaimana cara kerja GPS? Cara kerja GPS adalah penerima GPS mengukur jarak ke masing-masing satelit dengan jumlah waktu yang diperlukan untuk menerima sinyal yang dikirimkan.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Fake GPS?

GPS adalah © Diadona

Saat ini tentu semakin banyak teknologi canggih yang di kelola oleh seluruh orang di bumi ini. Salah satunya adalah tentang fake GPS.

Bagi Gojek, Grab, atau layanan ojek online lainnya  mungin sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Namun, bagi orang awam tentu sering bertanya-tanya apa itu fake GPS?

Fake GPS adalah plikasi tambahan yang biasanya digunakan oleh pelaku online untuk menyamarkan posisi aslinya. Jadi, para pengemudi ojek online menginstall aplikasi untuk mengelabui GPS dengan menentukan lokasi palsunya tersebut.

Bahkan, beberapa driver ojek online menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan penumpang dengan mudah dan cepat tanpa harus menunggu lama.

Namun, tak jarang juga beberapa orang menggunakan aplikasi fake GPS untuk kebutuhan travelling. So, kamu bisa memakai aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan masing-masing ya.

3 dari 4 halaman

Pengertian GPS Menurut Para Ahli

GPS adalah © Diadona

Selain dari penjelasan di atas, adapun pengertian GPS menurut para ahli yang telah kami rangkum dari beberapa sumber.

1. Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon

GPS adalah suatu sistem navigasi yang dioperasikan dengan menggunakan satelit secara terus-menerus untuk emberikan posisi, waktu serta tanggal.

2. Bramantiyo Marjuki

Menurut Bramantiyo Marjuki, GPS adalah sistem navigasi satelit yang menyediakan informasi dan lokasi di kondisi cuaca apapun, selama masih menerima sinyal GPS yang di pancarkan dari satelit.

3. Winardi

Pengerian GPS adalah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan sinyal satelit.

4. Greg Pendleton

GregPendleton berpendapat bahwa GPS merupakan sistem navigasi satelit yang menyediakan pelacakan posisi serta pengaturan waktu kepada pengguna.

4 dari 4 halaman

Pengertian GPS Geodetik

GPS adalah © Diadona

Pada dasarnya, GPS ialah alat yang digunakan untuk menentukan letak posisi, yang menggunakan bantuan satelite.

Sedangkan, pengertian GPS geodetic adalah ukur GPS yang mengunakan satelite dengan ketelitian yang dihasilkan sangat akurat.

Selain itu, alat ini juga bisa digunakan dalam pengukuran lahan, seperti perkebunan dan hutan dengan akurasi sampai 5-10mm.

Intinya, GPS adalah sistem yang digunakan untuk mengetahui letak suatu permukaan bumi dengan menggunakan bantuan satelit GPS.

Beri Komentar