Mengenal Lebih Dekat Gemini AI, Chatbot yang Siap Saingi ChatGPT

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 23 April 2024 20:41
Mengenal Lebih Dekat Gemini AI, Chatbot yang Siap Saingi ChatGPT
Siap-siap nih ada AI baru yang diprediksi bakal populer~

Artificial Intellegence (AI) kini seperti sudah menjadi rekan manusia di dunia digital. Dengan AI, banyak pekerjaan yang menjadi makin mudah untuk dilakukan. Kini, terbaru ada Gemini AI yang pada awal tahun 2024 mulai dikenalkan oleh Google.

Lalu seperti apa Gemini AI ini secara keseluruhan mulai dari fitur, kegunaan, dan juga cara menggunakannya. Langsung saja kita simak ulasan mengenai Gemini AI ini. Jangan lupa simak artikelnya sampai habis ya!

1 dari 4 halaman

Gemini AI © Diadona© Android Central

Apa Itu Gemini AI?

Jadi, Gemini AI adalah chatbot kecerdasan buatan (AI) generasi terbaru yang dikembangkan oleh Google AI. Dirilis pertama kali pada 21 Maret 2023, Gemini merupakan penerus Bard, chatbot AI Google sebelumnya.

Gemini AI sendiri dirancang untuk menjadi lebih cerdas, lebih mampu, dan lebih aman daripada pendahulunya. Bahkan, AI yang dikembangkan Google ini digadang-gadang akan menyaingi kepopuleran ChatGPT

Menukil dari laman Tirto, Google mendeskripsikan Gemini sebagai model yang fleksibel yang mampu digunakan pada semua hal, mulai dari pusat data Google hingga perangkat seluler. Untuk mencapai skalabilitas ini, Gemini dirilis dalam tiga ukuran: Gemini Nano, Gemini Pro, dan Gemini Ultra.

2 dari 4 halaman

Fitur-fitur Gemini AI

Layaknya AI pada umumnya, Gemini AI ini punya banyak fitur yang bisa memudahkan penggunanya. Mulai dari dari penalaran, kemampuan generatif, penerjemahan bahasa dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa fitur Gemini AI yang bisa kamu rasakan.

  • Menjawab Pertanyaan dengan Tepat dan Informatif: Gemini mampu menjawab pertanyaan Anda dengan cara yang komprehensif dan informatif, bahkan untuk pertanyaan yang sulit atau kompleks.
  • Memberikan Ringkasan Topik Tertentu: Gemini dapat meringkas informasi dari berbagai sumber, memberikan Anda poin-poin penting dengan cara yang mudah dipahami.
  • Menerjemahkan Bahasa: Gemini dapat menerjemahkan teks atau percakapan antar bahasa secara real-time.
  • Menulis Berbagai Macam Konten Kreatif: Gemini dapat membantu Anda menulis berbagai jenis konten kreatif, seperti puisi, kode, skrip, karya musik, email, surat, dll.
  • Fitur Generatif: Gemini menawarkan beberapa fitur generatif, seperti pembuatan gambar dan teks, peringkasan teks, dan banyak lagi.
  • Akses Offline: Gemini Nano, versi ringan Gemini, tersedia di Google Pixel 8 dan memungkinkan akses ke beberapa fitur AI bahkan saat offline.

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Gemini AI

Semenjak diluncurkan pertama kali, Gemini AI ini sudah bisa digunakan di semua model HP dan juga laptop. Catatanya, cara aksesnya yaitu lewat website. Kalau untuk aplikasinya sendir masih terbatas ya, Diazens.

Penggunaan Gemini AI di HP

  • Google Pixel 8: Gemini terintegrasi dengan Google Pixel 8, menawarkan fitur Smart Reply yang cerdas dan asisten AI yang selalu membantu.
  • Akses Offline: Gemini Nano, versi ringan Gemini, tersedia di Pixel 8 untuk akses offline, memungkinkan penggunaan AI bahkan tanpa koneksi internet.

Penggunaan Gemini AI di Laptop

  • Google AI Test Kitchen: Gemini AI dapat diakses melalui Google AI Test Kitchen, platform online yang memungkinkan pengguna bereksperimen dengan berbagai model AI Google.
  • Integrasi API: Pengembang dapat mengintegrasikan Gemini AI ke dalam aplikasi dan proyek mereka melalui API yang mudah digunakan, membawa kemampuan AI canggih ke berbagai layanan.

Jadi itu ya Diazens seputar Gemini AI yang bisa kamu jadikan patokan. Rasa-rasanya kalau yang mengembangkan AI ini Google, cepat atau lambat bakalan populer deh ini. Kalau menurut kalian gimana, guys?

Beri Komentar