14 AI Mirip ChatGPT, Bisa Jadi Alternatif Biar Nggak Pakai yang Itu-itu Aja

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 8 November 2023 16:28
14 AI Mirip ChatGPT, Bisa Jadi Alternatif Biar Nggak Pakai yang Itu-itu Aja
Bosan pakai ChatGPT? Ini list AI mirip ChatGPT lainnya!

Kamu pasti udah nggak asing lagi sama ChatGPT. ChatGPT merupakan AI yang sangat terkenal karena kecanggihannya yang bisa menjawab segala pertanyaan yang kamu punya. Namun, ada nggak sih AI mirip ChatGPT lainnya?

Dilansir dari TechTarget, AI sendiri merupakan simulasi kecerdasan manusia dalam sistem mesin komputer. AI sangat membantu berbagai pekerjaan manusia seiring dengan semakin berkembangnya teknologi. Sebenarnya, ada banyak sekali AI mirip ChatGPT lain yang bisa kamu gunakan.

Memiliki fungsi yang serupa, AI ini bisa melakukan interaksi dan menjawab pertanyaan apapun yang kamu lontarkan kepada botnya. Lalu, apa saja AI mirip ChatGPT? Berikut adalah ulasannya!

1 dari 8 halaman

Bing AI

Aplikasi Bing © Diadona

Bing adalah AI mirip ChatGPT buatan Microsoft. Berdasarkan lama Bing, disini kamu bisa mengajukan pertanyaan dan Bing akan menjawab berdasarkan hasil pencarian web. Bing AI juga punya tiga mode bot, yaitu creative mode, balanced mode, dan precise mode yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

Google Bard

Google Bard © Diadona

AI mirip ChatGPT selanjutnya adalah Google Bard. Dilansir dari zdnet, Google Bard dapat membuat kode, menjawab soal matematik, dan membantu kebutuhan menulis kamu. Kamu bisa mengakses AI ini secara gratis melalui website Google Bard langsung. Selain itu, Google Bard juga menyediakan fitur multibahasa, sehingga bisa digunakan dalam Bahasa Inggris maupun Indonesia.

2 dari 8 halaman

Chatsonic (Writesonic)

Aplikasi Writesonic © Diadona

Dilansir dari website Chatsonic, AI ini bisa kamu gunakan untuk pembuatan teks dan gambar, konten, postingan blog, deskripsi produk, iklan, dan lain-lain sebagainya. Ini adalah salah satu AI mirip ChatGPT yang cukup canggih dan punya tampilan yang cukup mirip. Cara pakainya juga mudah, kamu tinggal memasukkan prompt atau perintah layaknya ChatGPT.

Aizzy AI

Aplikasi Aizzy AI © Diadona

Selanjutnya, AI mirip ChatGPT lainnya yaitu Aizzy AI. Yang spesial dari AI ini adalah terdapat fitur profesi yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan perintah kamu. Misalnya, kalau kamu pengen menulis konten di sosial media, kamu bisa pilih bot dengan profesi copywriter. Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat bot profesi kamu sendiri di websitenya.

3 dari 8 halaman

Perplexity AI

Perplexity AI © Diadona

Perplexity AI merupakan AI bertenaga chatbot yang bisa memproses bahasa dan memberikan jawaban yang komprehensif. AI mirip ChatGPT ini tak hanya menjawab pertanyaan, tapi juga menyertakan referensi-referensi yang digunakan sebagai sumbernya. Kemudian, kalau kamu masih belum puas dengan jawabannya, kamu bisa meminta bot untuk menjelaskan lebih lengkap atau menambah referensi.

You.com

Aplikasi You.com © Diadona

You.com adalah AI mirip ChatGPT yang ditenagai oleh GPT-4. Dilansir dari website You, kamu bisa menulis, membuat gambar, dan lainnya. Kamu juga bisa berlangganan paket Pro kalau ingin mengakses fitur-fitur lengkap dari You AI ini. Harga berlangganannya hanya sekitar 10 USD perbulannya.

4 dari 8 halaman

Caktus AI

Caktus AI © Diadona

AI mirip ChatGPT berikutnya yaitu Caktus AI. AI ini dirancang secara profesional untuk memfasilitasi penulisan tulisan akademik, seperti jurnal dan makalah. Namun, Caktus AI juga bisa kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum lainnya. Sayangnya, AI ini tidak bisa kamu akses secara gratis dan perlu berlangganan.

Notion AI

Notion AI © Diadona

Notion AI merupakan salah satu AI mirip ChatGPT yang sangat canggih dari segi fiturnya. Disini kamu bisa menulis artikel, merangkum, mengecek spelling dan grammar, menerjemahkan tulisan, serta lain sebagainya. Selain itu, Notion AI juga terintegrasi dengan cloud storage dan platform lain, misalnya Google Drive, Dropbox, Gifthub, dan lain-lain.

5 dari 8 halaman

Jasper AI

Jasper AI © Diadona

Jasper AI adalah AI mirip ChatGPT yang bisa dibilang lebih canggih daripada ChatGPT. Yes, AI ini jadi paket lengkap kalau kamu benar-benar seorang yang butuh tools profesional. Berdasarkan websitenya, Jasper AI bisa kamu gunakan untuk membuat campaign, menyusun konten, menganalisis performa pemasaran, atau sekedar menanyakan hal-hal yang umum.

Jasper juga menawarkan berbagai paket berbayat yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Paket tersebut antara lain adalah Paket Bisnis, Paket Tim, dan Paket Kreator.

CleverBot

Cleverbot © Diadona

Cleverbot merupakan salah satu chatbot tertua yang masih befungsi dan sering digunakan sampai sekarang. Chatbot adalah AI mirip ChatGPT yang mampu menjawab pertanyaan dan melakukan percakapan dengan sangat baik. Caranya juga mudah digunakan karena kamu cukup memasukkan prompt perintah yang kamu inginkan atau menggunakan fitur suara, kemudian bot akan menjawab.

6 dari 8 halaman

Replika

Replika AI © Diadona

AI mirip chatGPT selanjutnya adalah Replika. Alat AI ini didukung oleh teknologi model bahasa GPT-3 yang sangat canggih dan bisa melakukan percakapan. Kalau ChatGPT kamu hanya bisa menulis prompt perintah, Replikasi menawarkan fitur video call dengan kamu apabila kamu ingin mengajukan perintah lewat bicara.

Selain itu, Replika juga memungkinkan kamu untuk memposisikan bot lebih personal, misalnya sebagai pacar, teman, orang tua, guru, dan sebagainya. 

Pandorabots

Pandorabot © Diadona

Berdasarkan website Pandorabots, AI ini adalah komunitas chatbot terbesar di Internet. AI mirip ChatGPT ini menyediakan chatbot yang dapat digunakan di berbagai aplikasi, misalnya sosial media dan situs web. AI ini salah satu tools yang canggih kalau kamu ingin mencari alternatif dari ChatGPT.

7 dari 8 halaman

Rytr

Rytr AI © Diadona

AI mirip ChatGPT selanjutnya adalah Rytr. Berbeda dengan ChatGPT, Rytr lebih ke menampilakn ide-ide yang mengarahkan pada penulisan tulisan atau konten kretif. Itulah mengapa AI ini mungkin cocok bagi para content writer, copywriter, content creator, sutradara, penulis blog, agensi periklanan, dan lain sebagainya. Rytr mampu menulis dengan lebih dari 30 bahasa dan bisa kamu akses secara gratis maupun berbayar.

Grammarly

Aplikasi Grammarly © Diadona

Grammarly adalah AI mirip ChatGPT yang punya fungsi sendiri berbeda. Grammarly fokus pada penulisan akademik dan pengecekan spelling dan grammar dalam tulisan kamu. AI ini sudah terbukti bisa memfilter apa saja yang salah dari tulisan kamu dan menawarkan rekomendasi penulisan yang lebih baik. Cocok nih untuk siswa, mahasiswa, ataupun akademisi lain.

Itu dia tadi 14 AI mirip ChatGPT yang bisa kamu coba. Sebenarnya, fungsinya hampir mirip namun fitur yang ditawarkan bisa berbeda-beda. Jadi, kamu tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing ya!

Penulis: Starky

Beri Komentar