Kenali Jenis Jenis Sistem Operasi Jaringan Komputer, Yuk Ketahui Berbagai Macamnya!

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 8 September 2021 12:00
Kenali Jenis Jenis Sistem Operasi  Jaringan Komputer, Yuk Ketahui Berbagai Macamnya!
Tanpa adanya Sistem Operasi, komputer atau pun laptop hanyalah seonggok barang elektronik yang nggak berguna.

Berbagai jenis sistem operasi komputer adalah bagian penting dari sebuah perangkat. Sederhananya, sistem operasi ini adalah nyawa dari sebuah perangkat komputer ataupun laptop. Tanpa sistem operasi, baik komputer atau pun laptop adalah seonggok perangkat yang nggak bisa digunakan untuk apa pun.

Melansir dari Appkey.id, keberadaan sistem operasi adalah syarat mutlak sebab ialah yang memegang peranan untuk menjalankan kerja komputer. Peran utama dari sistem operasi atau OS ini adalah menjadi penghubung antara tiga komponen utama yang terdiri dari software (aplikasi dan program), hardware (CPU, kartu grafis, monitor, keyboard, dlll), serta brainware (pengguna/manusia).

Jadi, tanpa kamu sadari meskipun kamu nggak ngerti apa itu sistem operasi, kamu telah menggunakannya setiap hari pada laptop, komputer, hingga ponsel pintar yang kamu pegang.

1 dari 6 halaman

Melansir dari laman Qwords.com, Tanpa sistem operasi, sebuah komputer, konsol game, maupun smartphone tidak akan bisa berjalan optimal karena OS inilah yang berperan menjadi jembatan pengatur fungsi secara keseluruhan.

Berbagai jenis sistem operasi ini jelas mempunyai banyak fungsi, yang antara lain adalah:

1. Sebagai Pengatur Hardware
2. Menjalankan perintah dasar pada komputer
3. Mengorganisir dan mengatur berbagai macam Aplikasi
4. Menterjemahkan bahasa pemrograman dalam bentuk grafis
5. Untuk peran komputer yang lebih optimal

Untuk jenis-jenis sistem operasi, Diadona.id telah merangkum ulasannya dari berbagai sumber. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

2 dari 6 halaman

1. Sistem Operasi Windows

Jenis-jenis sistem operasi komputer yang pertama adalah Windows OS. Ini adalah OS yang sangat populer dan banyak sekali digunakan. Sejak awal kemunculannya di tahun 1980 hingga saat ini, Windows OS sudah digunakan oleh hampir seluruh pengguna komputer dari seluruh dunia.

Microsoft Windows digemari oleh jutaan orang sebab memiliki beragam kelebihan seperti mampu mendukung sangat banyak ragam aplikasi, memiliki tampilan antar muka yang sangat user friendly, serta sangat mudah untuk proses instalasinya pada komputer baru.

3 dari 6 halaman

2. Sistem Operasi Linux

Jenis sistem operasi yang selanjutnya adalah Linux. Melansir dari Appkey.id, Linux yang diperkenalkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991. Linux adalah sistem operasi atau OS yang basisnya adalah open source. Jadi, Linux bisa dimodifikasi oleh tiap penggunanya serta tanpa harus terhalang lisensi.

Namun, sistem operasi Linux ini tidak disarankan untuk pengguna yang awam ya. Pasalnya, proses instalasi OS ini cukup susah dan rumit. Selain itu, nggak banyak aplikasi yang bisa dioperasikan oleh OS ini.

4 dari 6 halaman

3. Sistem Operasi MacOS

Jenis sistem operasi MacOS adalah sistem operasi yang dimiliki oleh Apple. MacOS yang diluncurkan pada tahun 1984. Dari sekian banyak OS, MacOS ini adalah sistem operasi yang cukup banyak digunakan oleh pengguna komputer, tentunya selain windows.

Selain mempunyai tampilan antarmuka yang yahud, MacOS ini juga relatif aman dari virus dan risiko peretasan karena memiliki sistem keamanan yang tinggi. Namun, jika ingin menggunakan OS ini kamu harus membeli perangkat dari Apple terlebih dahulu.

4. Sistem Operasi DOS

Jenis sistem operasi DOS mungkin tidak sepopuler windows atau pun MacOS, namun ini adalah asal muasal dari kelahiran Microsoft Windows. Bisa dibilang ini adalah Sistem operasi perangkat pada jaman dahulu.

Selayaknya sistem pengoperasian komputer yang di buat pada jaman dahulu, sistem DOS memiliki tampilan hitam putih dan tidak mampu menampilkan gambar. Jadi, kamu hanya dapat menginput dan melihat data berupa tulisan saja.

 

5 dari 6 halaman

Ada hal yang perlu diperhatikan lagi ketika berbicara tentang jenis sistem operasi pada komputer. Hal tersebut adalah sistem operasi secara garis besar. Sistem ini adalah jenis sistem sebelum diwujudkan menjadi OS seperti windows, linux, ataupun MacOS.

Jadi, secara garis besar, sistem operasi jaringan terbagi menjadi dua jenis. Pertama adalah jenis sistem operasi berbasis CLI (Command Line Interface) atau text. Selanjutnya adalah sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) atau grafis.

Jenis sistem operasi CLI adalah dalah sistem operasi yang menampilkan antarmuka berupa huruf, angka, dan karakter khusus. Sedangkan, sistem operasi GUI adalah sistem operasi yang menggunakan grafis sebagai dasar pengoperasian. Sistem GUI sendiri adalah perkembangan dari CLI. Karena itulah GUI terasa lebih mudah, apalagi disertai dengan grafis yang pastinya lebih ramah pengguna.

Jadi itulah beberapa jenis-jenis sistem operasi pada komputer yang sepertinya wajib untuk kita ketahui agar nggak terlalu gaptek. Kalau perangkat kalian yang sekarang pakai sistem operasi apa nih, Diazens?

Beri Komentar