Pengertian Aplikasi, Manfaat dan Contoh Aplikasi yang Sering Kamu Gunakan Sehari-Hari

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 13 Agustus 2021 23:23
Pengertian Aplikasi, Manfaat dan Contoh Aplikasi yang Sering Kamu Gunakan Sehari-Hari
Aplikasi adalah program yang dirancang untuk melakukan suatu perintah, contohnya Whatsapp sebagai aplikasi bertukar pesan dan twitter sebagai aplikasi sosial media mini blogging.

Aplikasi adalah istilah yang udah sering kita dengar, terutama bila kita sering menggunakan ponsel pintar atau bergelut dengan komputer. Contohnya nih aplikasi whatsapp, aplikasi Google Chrome, aplikasi Microsoft Word, Excel dan masih banyak lagi. Kamu pasti pernah menggunakan salah satu diantaranya kan?

Aplikasi adalah suatu program perangkat lunak atau software yang berjalan di komputer atau ponsel untuk melakukan fungsi tertentu. Aplikasi dibuat oleh developer yang kemudian menjualnya kepada para pengguna. Tapi kayaknya sih sebagian besar aplikasi yang umum digunakan merupakan aplikasi yang bisa didapat secara gratis. Coba deh intip ponsel kamu, seberapa banyak aplikasi berbayar?

1 dari 3 halaman

Apa itu Aplikasi?

Aplikasi adalah © Diadona

Dilansir dari Twilio, istilah software, aplikasi dan program sering salah digunakan atau sering tertukar satu sama lain. Meskipun ketiganya berkaitan, namun mereka bukanlah hal yang sama.

Program adalah sekumpulan instruksi yang bertugas buat ngasih tau komputer tentang apa yang harus komputer lakukan. Sedangkan software adalah program yang digunakan oleh komputer. Nah, aplikasi bergantung pada perangkat lunak sistem, program yang berinteraksi dengan komputer. Ini karena aplikasi nggak bisa berjalan sendiri.

Aplikasi adalah salh satu jenis software, dan seperti halnya software, aplikasi ni dubuat dari program atau merupakan sekumpulan program. Tapi, nggak semua software adalah aplikasi.

Aplikasi unik karena dirancang untuk berkomunikasi dengan user komputer atau ponsel. Makanya, aplikasi memiliki interface graphical user di mana pengguna bisa berinteraksi dengan aplikasi.

Aplikasi menggunakan perangkat lunak sistem untuk mengakses sumber daya perangkat keras dasar, seperti memori, penyimpanan, dan utilitas lainnya. Misalnya, aplikasi bergantung pada perangkat lunak sistem untuk akses ke sistem file untuk mengelola dan menyimpan file.

2 dari 3 halaman

Jenis Aplikasi

Aplikasi adalah © Diadona

Setidaknya ada tiga tipe dasar aplikasi seluler yang dibagi berdasarkan teknologi yang digunakan untuk mengkodekannya, diantaranya:

Aplikasi Asli

Yakni aplikasi yang dibuat untuk satu platform atau sistem operasi tertentu. Misalnya nih aplikasi khusus iOS, Android atau Windows Phone.

Keunggulan dari jenis aplikasi ini adalah performa dan kinerjanya yang lebuh cepat serta lebih landai karena menggunakan energi sumber daya perangkat secara lebih efisien.

Aplikasi Web

Adalah aplikasi yang mirip dengan aplikasi asli tapi bisa diakses melalui browser di perangkat seluler. Sebenarnya nih mereka adalah situs web responsif yang menyesuaikan antarmuka penggunananya dengan perangkat yang digunakan.

Aplikasi Hybrid

Aplikasi Hybrid adalah aplikasi web yang terasa seperti aplikasi asli, ditunjukkan dengan adanya ikon di ponsel, kinerja yang cepat, desain responsif bahkan bisa berfungi dalam kondisi tanpa jaringan internet.

3 dari 3 halaman

Contoh Aplikasi Sehari-Hari

whatsapp dark mode © Diadona

Aplikasi dibuat dengan tujuan tertentu, namun secara umum ditujukan untuk mempermudah hidup seseorang dalam melakukan tugas dan aktivitasnya sehari-hari. Berikut ini adalah contoh aplikasi yang pasti terinstall dan sangat berguna di ponsel kamu.

Whatsapp

Whatsapp aplikasi adalah aplikasi sosial media chatting yang saat ini telah menggantikan peran sms dan bisa dibilang menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang dimiliki semua orang. Whatsapp mempermudah komunikasi dengan beragam fiturnya, mulai dari mengirim pesan, gambar, dokumen, lokasi dan masih banyak lagi.

Instagram

Siapa sih yang nggak kenal instagram? Media sosial ini melejit banget, memunculkan fitur barunya yang bikin orang makin betah berselancar di sana. Instagram adalah aplikasi sharing video dan foto secara online. Kamu bisa mengambil foto dan video, mengedit dan mempublikasikan ke pengikut kamu di instagram serta berinteraksi melalui komentar, likes, share dan lainnya.

Twitter

Kalau instagram adalah wadah berbagi konten visual, twitter merupakan platform berbagi tulisan atau yang dikenal dengan sebutan 'tweet'. Makanya, twitter disebut juga dengan situs micro-blogging.

Aplikasi adalah program atau seperangkat program yang ditujukan untuk melaksanakan fungsi tertentu. Coba sebutkan aplikasi apa di ponsel yang sangat berguna untuk kamu?

Beri Komentar