Google AdSense adalah Cara Jitu Dapatkan Uang dari Internet, Begini Caranya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 23 Agustus 2021 06:14
Google AdSense adalah Cara Jitu Dapatkan Uang dari Internet, Begini Caranya
Punya website dan pengen dapat penghasilan tambahan? Google AdSense adalah jawabannya!

Google Adsense adalah cara populer dan mudah menghasilkan duit dari iklan di internet, mulai dari blog kecil sampai website besar. Google Adsense bekerja dengan cara pemilik situs menampilkan iklan teks, video atau gambar yang mengarah ke pengiklan yang ingin mengiklankan produk mereka. Dengan memasang Google AdSense, pemilik situs bakalan mendapatkan uang dari Google.

Jadi gini nih, kalau misalnya kita mendaftarkan situs kita dengan Google AdSense, maka iklan akan terpasang di website kita. Iklan tersebut udah disediakan oleh Google. Kalau iklan tersebut diklik oleh pengunjung website kita atau tayang, maka kita akan mendapatkan uang. Melansir Qwords, kerja dari google AdSense adalah memanfaatkan cache dari browser pengguna untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan. Nah, selanjutnya iklan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat user tersebut akan muncul. Makanya kadang kita merasa sangat relate dengan iklan yang muncul di Google kan?

Dari mana sih uang ini? Uang yang didapat tersebut berasal dari sang pengiklan. Nah pemilik situss mendapatkan uang tersebut karena udah melakukan perjanjian dengan Google di mana keuntungan yang dihasilkan dari biaya peklik pengunjung situs web yang memasang Google AdSense, bakalan dibagi dua antara Google dengan pemilik situs.

1 dari 5 halaman

Dikutip dari Webopedia, iklan akan dikelola dan diurutkan oleh Google, tapi dibuat dan dibayar oleh sang pengiklan. Pendapatan yang dihasilkan oleh yang punya situs berdasarkan jumlah klik atau jumlah website iklan tayang.

Google AdSense adalah penyempurnaan dan perluasan konsep iklan spanduk di website, jenis iklan yang udah digunakan selama bertahun-tahun. Nah, Google AdSense bekerja dengan mencocokkan iklan ke situs kamu berdasarkan konten dan juga pengunjung situsmu.

Masih bingung seperti apa sih Google AdSense itu? Nah coba deh perhatikan contoh AdSense di bawah ini.

Google AdSense adalah © Diadona

2 dari 5 halaman

Cara Memasang Google AdSense

Begini nih cara kerja Google AdSense.

Menyediakan Ruang Iklan

Pertama, pemilik situs tinggal nempelin kode iklan berupa script di bagian header, artkel, footer atau sidebar. Selanjutnya iklan bakalan muncul di lokasi yang sudah dipasang dan sesuai dengan minat pengunjung situs.

Muncul Iklan yang Paling Mahal

Agar bisa tampil di website kamu, pengiklan akan melakukan penawaran yang paling mahal.

Mendapatkan Uang

Setiap ikan diklik atau dibuka maka pemilik website bakal mendapatkan uang. Berapa nilainya? Tergantung pada persaingan bid antar pengiklan dan jenis produk.

3 dari 5 halaman

Syarat Memasang Googel AdSense

Google AdSense adalah © Diadona

Wah berarti gampang banget dong dapat uang dari internet? Oh tak semudah itu Ferguso. Nggak semua website bisa diterima pendaftaran Google AdSensenya. Syarat sebuah website bisa bisa diterima pendaftaran Goggle AdSense adalah :

  • Berumur lebih dari 18 tahun
  • Cuman punya satu akun AdSense aja
  • Punya pengunjung
  • Website terindeks Google
  • Website memiliki banyak konten serta berkuaitas unik dan menarik
  • Umur ideal website adalah lebih dari 6 bulan

4 dari 5 halaman

Jenis Iklan pada Google AdSense

Saat ini, Google menawarkan beberapa jenis Google Adsense. Dan jenis Google Adsense adalah :

Teks : Iklan dalam bentuk kata-kata dan muncul dalam berbagai ukuran.

Gambar : iklan berupa gambar yang muncul dalam berbagai ukuran. Pemilik website punya beragam pilihan untuk menggabukan iklan teks dan gambar

Multimedia : Iklan yang menyertakan HTML, vidoe atua flash.

Video : Iklan berupa video mencakup iklan video linear atau iklan bergambar di atas konten video.

Adsense untuk searching : Di mana pemilik situs bisa menampikan kotak pencarian Google di situs mereka. Saat user memasukkan kata kunci, hasil pencarian akan memunculkan halaman iklan Adsense.

5 dari 5 halaman

Kenapa Google AdSense ini Menarik?

Google AdSense adalah © Diadona

Banyak pemilik situs web yang menggunakan Goggle AdSense untuk memonetisasi website mereka. Google AdSense penting banget buat pemilik situs kecil atau blogger yang nggak memiliki sumber daya cukup untuk mendatangkan pendapatan dari konten mereka. Buat blogger kecil, Google AdSense adalah jawaban mendapatkan penghasilan tambahan. Keberadaannya nggak terlalu mengganggu tampilan website karena nggak mengganggu dan relevan dengan konten situs website. Iklan ersebut juga berkualitas tinggi. Semua iklan yang ditampilkan juga responsif, hanya iklan berbayaran tinggi yang ditayangkan sehingga potensi penghasilan juga maksimal.

Melansir Marketing 91, Google AdSense adalah platform yang populer. Hampir 2 juta ornag meggunakan Google AdSense saat ini lho. Tertarik memasang Google AdSense di situsmu?

Beri Komentar