Deep Web : Pengertian, Isi dan Cara Mengaksesnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 3 Agustus 2021 16:47
Deep Web : Pengertian, Isi dan Cara Mengaksesnya
Deep web dalahs ebuah situs yang nggak bisa ditelusiri dengan cara biasa, berii konten-konten rahasia yang katanya sih merupakan 96 % dari keseluruhan konten yang ada di internet.

Kalau kamu berpikir bahwa semua informasi yang ada di internet bisa secara bebas ditelusuri oleh mesin pencarian, sepertinya kamu akan kecewa. Ada situs yang berada di selubung internet paling dalam, nggak bisa dengan mudah dibuka atau bahkan diakses oleh orang biasa dan disebut dengan Deep web. Seperti namanya, Deep web adalah situs yang berada di 'kedalaman' internet, dikenal juga dengan nama Deepnet, Darknet, Invisible Web, Undernet atau Hidden Web.

Deep web membuat orang penasaran, terlebih katanya sih konten-konten internet yang bisa kita jelajahi ini hanya sekitar 4% dari keseluruhan konten di internet. Sisanya? Nah, katanya sih cuman bisa dilihat di deep web.

1 dari 3 halaman

Deep web adalah © Diadona

Deep web adalah bagian dari www atau World Wide Web tapi nggak masuk bisa masuk dalam pencarian mesin dengan mudah seperti saat kita sedang mencari informasi lainnya.Kamu bisa berselancar di Deep wes tanpa takut identitasmu terbongkar. Lalu apa sih isinya?

Menurut beberapa orang, Deep web adalah situs web yang sebagian besar sah dan nggak bersifat kriminal. Bisa juga merupakan pesan email, pesan obrolan, konten pribadi di situs media sosial dan konten lainnya yang yang sebenarnya bisa kok diakses melaui mesin pencarian seperti Google. Di dalam Deep web, dikutip dari What is Tech Gadget, penuh dengan konten legal dan sah seperti publikasi berbayar, basis data, jurnal akademik, dan penelitian.

Deep web sering disamakan dengan Dark Web, padahal keduanya berbeda. Dark web adalah secuil bagian dari Deep web dan merupakan tempat banyak bangat aktivitas ilegal. Apa saja? Bisa berupa pasar gelap untuk pencurian kartu kredit dan informasi pribadi, jual beli senjata api ilegal, malware, bisnis prostitusi, narkoba dan lainnya.

2 dari 3 halaman

Cara Mengakses Deep Web

Deep web adalah © Diadona

Cara mengakses deep web adalah dengan menggunakan browser atau peramban yang bisa membuka format onion. Apa itu? Yakni format yang digunakan oleh situs deep web ini.

Beberapa peramban yang bisa digunakan untuk mengakses deep web adalah:

  • TOR Browser. Ini adalh peamban yang paling terkemuka dalam kemampuannya mengakses deep web.
  • Subgraph OS
  • Mozilla Firefox, namun dengan memasang plugin dan menyalakan VPN ya!
  • Waterfox, yakni saudara kembar dari Mozilla Firefox. Peramban ini punya fitur yang berguna banget ketika kamu menjelajah deep web karena bisa membersihkan semua jejak dunia maya kamu selama kamu berselancar mulai dari riwayat kunjungan, kata sandi, dan lainnya.

Selain itu deep web juga nggak bisa diakses dari PC yang menggunakan sistem operasi Windows.

3 dari 3 halaman

Deep web adalah © Diadona

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan saat berselancar di deep web adalah mendownload salah satu browser di atas.
  • Gunakan VPN untuk mengamankan data pribadmu ya!
  • Trus rancang apa yang akan kamu lakukan di deep web ini. Nggak kayak saat kamu berselancar di website biasa, kamu harus tau apa yang harus kamu lakukan di deep web ini lho agar kamu nggak jadi sasaran hacker.
  • Selanjutnya buka peramban yang sudah diinstal sebelumnya trus mulai deh berselancar di deep web.

Melansir Jalan Tikus, berikut ini adalag beberapa mesin pencari Deep Web yang bisa membantu kamu memulai langkah penelusuran:

  • Nama situs : DuckDuckGo
  • Alamat :3g2upl4pq6kufc4m.onion
  • Adalah sebuah mesin pencari layaknya Google, Bing!
  • Nama situs : 0day Forum
  • Alamat situs : qzbkwswfv5k2oj5d.onion
  • Forum dalam deep web dan dark net

Deep web adalah situs berisi banyak konten rahasia yang menariknya disebut memiliki banyak informasi sampai 24x lipat lebih banyak dari keseluruhan sii internet yang selama ini kita ketahui. Eits, mengaksesnya tak boleh dilakukan dengan sembarangan ya!

Beri Komentar