Ini Alasan Zenly Ditutup Per Februari 2023 Mendatang, Bye Bye Bucin!

Reporter : Kurnia
Senin, 5 Desember 2022 11:18
Ini Alasan Zenly Ditutup Per Februari 2023 Mendatang, Bye Bye Bucin!
Para pengguna yang didominasi oleh kaum muda seperti mahasiswa dihebohkan dengan pengumuman Zenly

Kawula muda khususnya para pengguna aplikasi pelacak lokasi Zenly pasti dikejutkan dengan pengumuman dari perusahan asal Prancis baru-baru ini.

Melalui keterangannya, Zenly, aplikasi yang digunakan untuk melacak lokasi menyatakan akan segera ditutup pada Februari 2023 mendatang.

"60 hari menjelang kita berpisah, terima kasih sudah setia bersama kami sampai detik ini, zenly loves you," tulis zenly.id yang dikutip pada Senin, (5/12/2022).

1 dari 5 halaman

Segera menutup aplikasi pelacaknya, Zenly justru merekomendasikan penggunanya untuk menggunakan Snap Map, fitur dari Snapchat yang juga menyediakan layanan melacak lokasi orang lain.

Lantas, apakah alasan Zenly bakal menutup pengoprasiannya?

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah alasan yang membuat Zenly tak beroprasi lagi per Februari 2023 mendatang.

2 dari 5 halaman

Zenly memilih berhenti mengoprasikan aplikasi pelacak lokasi ini karena iklim ekonomi yang tidak mendukung.

Meskipun aplikasi ini tidak bisa digunakan lagi, para pengguna tetap dapat mengunduh data pada akunnya yang disertai dengan tutorial pengunduhan ini dapat dilihat langsung di website.

Padahal, jika dilirik dari hasil penelusurannya, Zenly sudah didownload sebanyak 100 juta kali di Google Play Store. Dengan jumlah tersebut, tentu angka pengguna Zenly tidak sedikit.

3 dari 5 halaman

Zenly adalah aplikasi peta sosial yang memungkinkan pengguna berbagi lokasi dengan teman maupun kerabat. Melalui aplikasi tersebut, setiap pengguna bisa dengan mudah bertemu di kehidupan nyata.

Dilansair dari Google Cloud, aplikasi buatan Prancis ini, memungkinkan para penggunanya untuk melihat di mana teman terdekat, dengan siapa mereka, dan apa yang mereka lakukan secara tepat secara realtime.

Sebagai informasi, Zenly sendiri telah diluncurkan sejak tahun 2015 silam. Bakal menutup pengoprasiannya, Zenly kini menjadi bagian dari keluarga Snapchat setelah sahamnya diakusisi oleh Snap Inc.

4 dari 5 halaman

" Zenly adalah tentang menghubungkan orang. Anda tidak perlu lagi mengirim ratusan pesan untuk menemukan teman Anda atau mengatur tempat untuk bertemu, Anda dapat melihat dengan tepat di mana mereka berada di peta," jelas Jean-Baptiste Dalido, Kepala Infrastruktur di Zenly.

" Tidak seperti situs check-in, Anda tidak perlu memperbarui lokasi secara terus-menerus, dan tidak seperti kebanyakan aplikasi GPS, Zenly tidak menghabiskan terlalu banyak masa pakai baterai. Keunggulan lainnya adalah sangat akurat, dan memperbarui lokasi secara nyata Artinya, kami memerlukan infrastruktur yang tangguh, dengan latensi yang sangat rendah karena setiap pembaruan lokasi diproses dalam waktu kurang dari 300 milidetik," tambahnya lagi.

Beri Komentar