Cara Membuat Tulisan Miring di WA yang Mudah dan tanpa Aplikasi Tambahan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Sabtu, 26 November 2022 09:04
Cara Membuat Tulisan Miring di WA yang Mudah dan tanpa Aplikasi Tambahan
SImak dengan baik cara membuat tulisan miring di WA atau WhatsApp yang mudah banget ini!

WhatsApp merupakan salah satu dari beberapa aplikasi messaging yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia, baik untuk keperluan pribadi maupun kepentingan bisnis. Karena luasnya media penggunaan aplikasi ini, seringkali WhatsApp digunakan sebagai media untuk menyampaikan kabar berita, undangan maupun informasi lainnya dengan berbagai tingkat kepentingan. Informasi yang diberikan di WhatsApp seringkali tampil menggunakan berbagai macam formatting seperti bold, italics dan strikethrough untuk membantu mengungkapkan isi dari informasi yang diberikan dengan lebih jelas, pada artikel ini kami akan menunjukkan cara untuk melakukan formatting di aplikasi WhatsApp agar pembaca juga dapat membuat pesan/text yang menarik dan efisien dalam ekspresi penyampaian informasi.

Nah kalau begitu, langsung saja ikuti langkah-langkah cara membuat tulisan miring di WA pada artikel di bawah ini!

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Formatting Bold di WhatsApp

Cara Membuat Formatting Bold di WhatsApp © Diadona

Penggunaan dari formatting text bold dalam WhatsApp penting karena formatting jenis ini seringkali digunakan untuk menandakan bagian yang penting dalam suatu pesan, berikut adalah cara untuk membuat formatting bold di pesan WhatsApp:

  • Ketik pesan seperti biasa
  • Pada bagian dimana diperlukan formatting bold, mulai kalimat dengan tanda asterisk (*)
  • Ketik kalimat setelah tanda ini, dan akhiri kalimat dengan asterisk lagi
  • Jika sudah selesai maka kurang lebih kalimat akan terlihat seperti ini: *BERIKUT ADALAH KALIMAT CONTOH*
  • Setelah kalimat tertulis, maka pesan dapat dikirim secara langsung, dan hasil pesan yang akan diterima dan ditunjukkan oleh WhatsApp akan muncul dalam formatting bold seperti berikut: BERIKUT ADALAH KALIMAT CONTOH. 

 

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Formatting Italics di WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp © Diadona

Italics merupakan salah satu formatting penting yang juga seringkali digunakan sebagai alat untuk membedakan text dengan bahasa asing atau bagian text yang penting/unik. Berikut adalah cara membuat formatting italic di pesan WhatsApp:

  • Mulai ketik pesan yang akan dikirim seperti biasa
  • Pada bagian dimana diperlukan formatting text italic, kalimat dapat dimulai dengan underscore (_).
  • Ketik kalimat setelah tanda underscore, tidak perlu ditambahkan spasi setelah tanda underscore.
  • Jika sudah selesai maka akhiri lagi kalimat dengan tanda underscore (_)
  • Hasil kalimat yang akan terlihat sebelum dikirim akan terlihat seperti ini: _BERIKUT ADALAH KALIMAT CONTOH_.
  • Setelah kalimat yang perlu diberikan formatting italics selesai ditulis, pesan dapat langsung dikirim seperti biasa dan pesan akan muncul di penerima dalam formatting italics seperti berikut: BERIKUT ADALAH KALIMAT CONTOH.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Formatting Strikethrough di WhatsApp

 

Ilustrasi WhatsApp © Diadona

  • Strikethrough merupakan salah satu formatting yang seringkali digunakan di whatsapp sebagai bentuk penanda perubahan suatu informasi, dimana informasi lama sudah dihapus, tidak berlaku atau diabaikan. Berikut adalah cara penulisan pesan di whatsapp agar muncul dengan formatting strikethrough:
  • Untuk menggunakan formatting ini, seperti bold dan italics, dapat ditulis pesan seperti biasa sampai ditemukan bagian yang memerlukan formatting strikethrough. 
  • Pada bagian ini, dapat dimulai dengan menggunakan tanda tilde (~).
  • Setelah text/kalimat yang ingin diberikan formatting strikethrough selesai, maka dapat diakhiri dengan tilde lagi. 
  • Hasil kalimat setelah diketik akan terlihat seperti ini: ~BERIKUT ADALAH KALIMAT CONTOH~.
  • Setelah kalimat selesai ditulis, maka kalimat dapat langsung dikirim, dan hasil yang akan muncul di penerima dan di aplikasi WhatsApp akan terlihat seperti berikut: BERIKUT ADALAH KALIMAT CONTOH

Nah, itulah beberapa cara penulisan pesan di aplikasi WhatsApp agar muncul formatting, formatting ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dan bisa dicampur-campur supaya pesan terlihat lebih jelas dan kohesif, masih ada banyak formatting lain yang bisa digunakan di pesan aplikasi WhatsApp seperti penggunaan font monospace ataupun formatting dengan gaya underline. Formatting di WhatsApp merupakan hal yang seringkali disepelekan namun setelah digunakan dapat membuat pesan lebih jelas dan mendapat lebih banyak perhatian, jadi ini sangat cocok untuk kebanyakan orang, terutama pelajar, selamat mencoba!

Penulis: Muhamad Haiqal Ramadhan

Beri Komentar