Gak Sembarangan Diciptakan, Ini lho Sejarah Terciptanya Logo Tombol Power

Reporter : Yoyok
Jumat, 14 Agustus 2020 18:50
Gak Sembarangan Diciptakan, Ini lho Sejarah Terciptanya Logo Tombol Power
Logo tombol power tersebut diciptakan di masa Perang Dunia II

Disetiap barang elektronik, pasti kita menemukan sebuah tombol power. Mulai dari smartphone, radio, hinnga powerbank sekaligus, semua memiliki tombol power yang menempel.

Kamu juga pasti familiar dengan logo tombol power di setiap barang eletronik tersebut kan? Logo lingkarang dengan garis lurus di dalamnya ternyata memiliki sejarah lho.

Logo tersebut tercipta bukan karena asal-asalan saja lho.

1 dari 4 halaman

Bilangan Biner

Untuk mengetahui sejarah awal mula logo tombol power, lebih baik kita kenalan dulu deh sama bilangan biner. Kalian pernah dengan sistem bilangan biner?

Bilangan biner adalah sistem penulisan angka dengan hanya menggunakan dua angka saja, yaitu 0 dan 1. Bilangan biner ini biasanya digunakan untuk membuat kode pada peralatan digital dan membuat berbagai barang-barang elektronik dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

2 dari 4 halaman

1 dan 0

Di zaman Perang Dunia II dulu, Para insinyur yang membuat mesin menggunakan bilangan biner untuk melabeli tombol power. Angka 1 berarti hidup, sedangkan angka 0 berarti mati.

Namun, seiring berjalannya waktu, tombol hidup dan mati pada barang elektronik pun dijadikan satu. Orang-orang pun jadi lebih mudah karena hanya dengan menekan satu tombol saja, mereka sudah bisa menghidupkan dan mematikan sebuah barang elektronik.

3 dari 4 halaman

International Electrotechnical Commission

Karena penggabungan tersebutlah, angka biner 1 dan 0 digabungkan. Jadi, logo tomobol power merupakan gabungan dari angka 1 dan 0.

Logo tersebut pun jga telah diresmikan sebagai logo tombol power oleh International Electrotechnical Commission pada tahun 1973.

Ilustrasi Tombol Power © Diadona

Beri Komentar