Apa sih Fungsi Sensor Kecil di Atas Layar Smartphone?

Reporter : Yoyok
Jumat, 7 Agustus 2020 17:50
Apa sih Fungsi Sensor Kecil di Atas Layar Smartphone?
Kira-kira, kalian tahu gak gaes fungsinya?

Smartphone sudah menjadi benda pokok yang dimiliki hampir semua orang. Fungsinya yang beragam dapat membantu aktifitas kita sehari-hari.

Mulai dari transportasi, pesan makanan, hingga belanja online, semua bisa kamu lakukan hanya dengan satu gadget tersebut. Smartphone memang hadir di tengah kehidupan kita untuk membantu dalam beraktivitas.

Namun, setiap hari selalu kamu bawa dan genggam, apakah kamu sudah tahu semua fungsi fitur yang ada di smartphone?

1 dari 4 halaman

Syukur Gawe

Mungkin banyak dari kalian yang masih bingung dengan berbagai fitur yang ada di smartphone. Mungkin banyak dari kalian yang dalam isttilah Jawanya yaitu 'syukur gawe', atau artinya yang penting bisa digunakan.

Mungkin sebagian dari kalian tidak tahu dengan fungsi sensor yang ada di atas layar smartphone. Biasanya posisi sensor ini berada di sebelah kamera depan smartphone.

Ilustrasi Smartphone © Diadona

2 dari 4 halaman

Sensor Proximity

Bagi kalian yang belum tau, sensor di atas layar tersebut bernama sensor Proximity. Sensor Proximity atau bisa disebut juga dengan sensor jarak adalah fitur yang berfungsi untuk mematikan layar smartphone kalian saat sedang menelpon.

Biasanya sensor ini akan berfungsi ketika telinga kamu menempel dengan smartphone atau memiliki jarak kurang dari 5 cm.

Tujuan dari sensor Proximity ini yang pertama adalah untuk mengurangi konsumsi daya baterai dan mencegah pipi kita untuk menekan menu-menu lainnya pada smartphone saat menempel.

3 dari 4 halaman

Sensor Ambient Light

Namun, kini sudah banyak di smartphone-smartphone yang beredar terdapat sensor Ambient Light yang jadi satu dengan sensor Proximity. Sensor Ambient light adalah sensor yang berfungsi untuk mengetahui kadar cahaya yang ada di lingkungan sekitar kamu.

Ketika kadar cahaya di ruangan kamu kurang, maka secara otomatis layar smartphone kamu akan semakin diredupkan, begitu juga sebaliknya.

Fungsi dari sensor Ambient Light ini adalah untuk mengatur kadar cahaya yang masuk ke mata. Karena jika ruangan kamu semakin gelap dan layar smartphone kamu malah sangat terang, bisa menyebabkan kerusakan pada mata.

Beri Komentar