Ada Banyak Fitur Tersembunyi Dalam Android 11, Mau Tahu?

Reporter : Yoyok
Rabu, 7 Oktober 2020 15:50
Ada Banyak Fitur Tersembunyi Dalam Android 11, Mau Tahu?
Sistem Android terbaru ini memiliki 11 fitur tersembunyi

Android merupakan salah satu sistem operasi atau OS yang paling banyak digunakan orang-orang. Setiap pengguna smartphone selain Apple pasti menggunakan OS Android.

Kini, Google baru saja mengumumkan peluncuran Android 11. Namun, tidak semua smartphone Android dapat men-download OS terbaru milik Google ini.

Dikutip dari the Verge, Android 11 dapat di-download untuk smartphone OnePlus, Oppo X2, serta Reno 3 melalui program beta masing-masing.

1 dari 6 halaman

Android 11

Google menjanjikan akan meluncurkan Android 11 ke smartphone-smartphone lainnya. Namun, tanggal pasti peluncuran ini masih belum diumumkan oleh pihak Google.

Di Android 11 ini, fokus OS terbaru Google ini untuk mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai hal penting di smartphone. Contohnya seperti mengelola percakapan, perangkat yang terhubung, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah 11 fitur tersembunyi yang terdapat pada Android 11 yang wajib kamu ketahui.

Ilustrasi Android 11 © Diadona

2 dari 6 halaman

Deretan Fitur Android 11

1. Banyak dari kita yang harus sering bergonta-ganti aplikasi saat berkomunikasi menggunakan pesan teks. Di Android 11, percakapan dari berbagai aplikasi pesan yang kamu miliki akan disediakan dalam satu ruang khusus di bagian notifikasi, sehingga kamu dapat mengatur percakapan dengan lebih mudah. Kamu juga dapat memprioritaskan percakapan dari orang-orang terpenting agar tidak ada pesan mereka yang terlewat.

2. Fitur balon membuat kamu dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligus tanpa hambatan di perangkat. Kini kamu dapat menanggapi percakapan penting tanpa harus bolak-balik berpindah antara aplikasi yang sedang kamu buka, termasuk aplikasi pesan.

3 dari 6 halaman

3. Pengaturan bawaan untuk merekam layar akhirnya tersedia. Sekarang kamu dapat merekam dan membagikan apa yang terjadi pada smartphone. Rekam dengan menyertakan suara dari mikrofon, perangkat, atau keduanya (tidak perlu aplikasi tambahan).

4. Sekarang kamu bisa mengakses semua perangkat pintar di satu tempat, cukup dengan menekan dan menahan tombol daya (power). Kontrol perangkat yang terhubung seperti smart TV dan smart speakers dengan sekali klik tanpa harus membuka beberapa aplikasi lainnya.

5. Desain kontrol media telah diperbarui dan kini jauh lebih memudahkan. Kamu juga dapat mengganti perangkat yang memutar media, sehingga bisa memindah musik dari headphone ke speaker tanpa melewatkan satu nada pun.

4 dari 6 halaman

6. Android Auto kini dapat berfungsi secara nirkabel untuk semua smartphone yang menjalankan Android 11, asalkan kamu memiliki kendaraan yang kompatibel. Dengan demikian, kamu dapat terus menggunakan fitur-fitur terbaik smartphone tanpa ada kabel yang mengganggu saat mengemudi, seperti mengaktifkan petunjuk arah dengan sekali ketuk, meminta smartphone mengirimkan pesan teks melalui perintah suara, memutar media favorit, dan mendapatkan bantuan dari Google Assistant.

7. Fitur izin sekali pakai membuat kamu dapat memberikan akses satu kali ke fitur sensor perangkat yang paling sensitif seperti: mikrofon, kamera, dan lokasi. Jika di kemudian hari membutuhkan lagi akses ke sensor perangkat, suatu aplikasi harus meminta izin ulang kepada kamu.

8. Saat sudah lama tidak digunakan, sebaiknya sebuah aplikasi tidak diperbolehkan untuk terus mengakses data. Kini, Android akan " reset otomatis" izin untuk aplikasi yang lama tidak digunakan dan memberi tahu kamu tentang ini. Kamu selalu bisa memberikan kembali izin kepada aplikasi tersebut saat ingin menggunakannya.

5 dari 6 halaman

9. Dengan modul update sistem tambahan Google Play, akan ada lebih banyak perbaikan keamanan dan privasi yang dapat segera dikirimkan ke smartphone kamu dari Google Play, dengan cara yang sama seperti proses update aplikasi. Begitu perbaikan tersedia, kamu akan mendapatkannya tanpa harus menunggu update OS yang menyeluruh.

10. Untuk kamu pengguna Android Enterprise, Android 11 membekali perangkat milik perusahaan yang kamu gunakan dengan perlindungan privasi seperti yang biasa tersedia di perangkat pribadi. Departemen TI dapat menggunakan seperangkat alat untuk mengelola perangkat kamu melalui profil kerja, tanpa memantau data atau aktivitas yang kamu lakukan di profil pribadi.

11. Jika menggunakan Pixel 2 atau yang lebih baru, kamu akan mendapatkan sejumlah alat tambahan untuk mengatur dan mengelola smartphone, seperti saran aplikasi berdasarkan rutinitas sehari-hari. Juga tindakan baru yang memungkinkan kamu memilih teks atau gambar, atau mengambil screenshot atas sebuah aplikasi, dan lain sebagainya.

Ilustrasi Android 11 © Diadona

Beri Komentar