CPU Adalah Otak Komputer, ini Fungsi dan Pengertian Jumlah Core pada Processornya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 27 Mei 2021 23:26
CPU Adalah Otak Komputer, ini Fungsi dan Pengertian Jumlah Core pada Processornya
CPU adalah otak komputer yang punya andil menentukan tingkat performa suatu perangkat.

CPU adalah sebutan yang sering digunakan untuk merujuk otak komputer. CPU berfungsi menangani semua instruksi baik dari perangkat lunak dan perangkat keras yang berjalan di komputer.

CPU adalah komponen inti komputasi. Perangkat persegi panjang besar yang banyak disebut sebagai CPU itu sebenernya bukan CPU lho. CPU merupakan chip yang berada di dudukan (soket) khusus yang terletak di papan sirkuit utama (motherboard atau mainboard) di dalam perangkat.

Meskipun disebut dengan otak komputer, CPU bekerja nggak kayak otak manusia. CPU beda dengan memory komputer yang bertugas menyimpan informasi sementara, atau beda dengan chip grafis yang punya fungsi menampilkan grafis di layar monitor.

CPU terbuat dari apa sih? Melansir Digital Trends, satu chip CPU itu merupakan miliaran transistor mikroskopis yang ditempatkan dalam satu chip. Nah, transistor itu memungkinkan untuk membuat perhitungan yang diperlukan buat menjalankan program yang disimpan di memori sistem.

1 dari 3 halaman

Fungsi CPU

CPU adalahCPU adalah © 2021 gadgetdiva.com

Fungsi CPU adalah untuk mengolah input dari perangkat keras seperti keyboard, mouse, printer, mic dan perangkat lunak berupa program komputer. Secara konstan, CPU akan mengikuti instruksi program komputer yang ngasih tau mana nih data yang kudu diproses dan gimana memprosesnya. Setelah diolah, output akan muncul dalam bentuk informasi ke monitor atau melakukan tugas pheriperal yang diminta.

Dan ya, komputer nggak akan bisa berjalan tanpa keberadaan CPU.

2 dari 3 halaman

CPU dan Performa Komputer

CPU adalahCPU adalah © 2021 monovm.com/

Nah, apakah CPU adalah kunci dari performa komputer? Nggak selalu demikian sih. Dikutip dari berbagai sumber, CPU yang canggih nggak selalu punya performa terbaik dan grafik mumpuni. Kenapa demikian? Karena CPU nggak bisa bekerja sendiri. Mereka perlu mengandalkan grafis card,hard drive, RAM untuk mnangani tugas lain.

Tapi, CPU adalah hal yang penting terkait dengan performa karena bisa membuat perbedaan besar dengan komponen kelas atas lainnya. Misalnya nih prosessor yang cepet berarti bisa mengproses informasi lebih cepat, begitu pula sebaliknya.

Nah dengan mengetahui gimana hubungan antara CPU dengan kerja komputer, kamu jadi bisa memilih spesifikasi apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya apakah kamu membutuhkan komputer yang bekerja dengan cepat, media penyimpanan besar atau grafis yang oke.
 

3 dari 3 halaman

Pengaruh Beda Core pada Kerja Processor

CPU adalahCPU adalah © 2021 networkworld.com

Saat memilih CPU, mungkin kamu akan menemukan istilah dual core, quad core atau octo core. Apa artinya dan seberapa pengaruhnya terhadap performa komputer?

Melansir Make Use Of, 'dual', 'quad' atau 'octo' menyatakan jumlah inti dalam satu chip prosessor. Setiap inti adalah bagian chip yang melakukan pekerjaan pemrosesan. Nah setiap inti adalah unit pemrosesan pusat (CPU).

Kamu mungkin berpikir kalau semakin banyak inti berarti semakin cepat kerja suatu komputer. Nggak, ternyat anggak sesederhana itu lho.

Lebih banyak 'core' memang lebih cepat hanya jika suatu program bisa membagi tugas-tugasnya di antara setiap core tersebut. Tapi nyatanya nggak semua program dikembangkan untuk membagi tugas anta inti.

Selain itu, clock speed setiap inti juga merupakan faktor penting yang berpengaruh pada kecepatan kerja CPU. Clock speed ini semacam indikator kerja suatu CPU. Contohnya nih suatu processor Intel Core i5-3330 punya spesifikasi clock speed 3GHz dan quad-core. Artinya, processor punya empat core di mana masing-masing core ini punya kecepatan 3GHz.

Jumlah core juga memberikan pengaruh juga pada konsumsi daya trus juga pada panas yang dirasakan perangkat.

Namun lebih dari itu, rumit untuk menentukan kinerja suatu perangkat hanya dari jumlah core CPUnya.

CPU adalah otak dari komputer yang memeiliki beberapa fungsi yang sama dengan otak manusia. Baik CPU maupun otak manusia bisa mengolah informasi dan menggunakan seluruh 'tubuh'nya untuk mengumpulkan informasi dan menindaklanjutinya.

Beri Komentar