Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Pada Android dan iPhone

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 11 Oktober 2023 14:27
Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Pada Android dan iPhone
Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh ternyata sangat mudah loh, Diazens!

HP telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tentu akan sangat merepotkan jika HP yang kamu gunakan tidak bisa berfungsi dengan baik seperti layarnya tidak bisa disentuh, kondisi tersebut akan menghambat produktivitas sehari-hari. Ternyata masih banyak yang belum tahu jika cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh cukup mudah.

Layar HP yang bermasalah dan tidak bisa disentuh biasanya dapat disebabkan oleh beberapa alasan. Penyebab tersebut antara lain bisa jadi karena layar smartphone yang kotor, terkena air, jatuh terbentur, penyimpanan RAM yang sudah penuh, hingga pemakaian yang memang sudah cukup lama. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh? Berikut sudah Diadona rangkum langkah-langkah paling lengkap dan mudah untuk mengatasi layar HP yang tidak bisa berfungsi dengan baik.

1 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh pada Android

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh © Diadona

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh pada Android dapat dilakukan dengan empat cara. Cara-cara tersebut antara lain dengan memulai ulang ponsel, mencari tahu aplikasi yang menyebabkan masalah, menguji bagian yang bermasalah di layar, dan menonaktifkan opsi developer.

Sebelum melakukan perbaikan pada layar HP yang tidak bisa disentuh, kamu sebaiknya memeriksa layar HP kamu terlebih dahulu. Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan pada saat memeriksa layar HP:

  • Pastikan layar HP kamu tidak retak, rusak, atau terkelupas.

  • Apabila HP kamu sedang menggunakan aksesoris seperti casing atau pelindung layar, lepas terlebih dahulu aksesoris tersebut.

  • Apabila kamu menempelkan stiker pada layar atau sensor HP, lepas terlebih dahulu stiker-stiker tersebut.

  • Lepas sarung tangan jika kamu sedang mengenakan sarung tangan.

  • Pastikan layar HP kamu bersih.

 

2 dari 5 halaman

Berikut cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh pada Android dengan mulai ulang ponsel:

  • Kamu bisa langsung menekan tombol power selama kurang lebih 30 detik hingga smartphone Android kamu memulai ulang.

  • Pada beberapa smartphone, kamu perlu mengetuk tombol ‘Mulai ulang’ yang akan muncul setelah kamu menekan tombol power selama 5-10 detik.

Berikut cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh pada Android dengan mencari tahu aplikasi yang mungkin menyebabkan masalah:

  • Aktifkan mode aman di smartphone kamu, langkah untuk mengaktifkan mode aman mungkin akan berbeda tergantung kepada perangkat kamu.

  • Periksa layar dengan cara menyentuh layar, jika layar berfungsi pada saat kamu berada di mode aman maka kemungkinan besar terdapat aplikasi yang menyebabkan masalah.

  • Nonaktifkan mode aman dan kembali ke mode normal.

  • Uninstall satu persatu aplikasi yang baru-baru ini kamu download hingga layar kamu dapat berfungsi kembali dengan normal. Kamu bisa mengunduh kembali aplikasi di Play Store setelah aplikasi yang menyebabkan masalah sudah dihapus.

Berikut cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh pada Android dengan menguji bagian yang bermasalah di layar:

  • Sentuh sudut kiri atas layar HP kamu.

  • Secara perlahan, seret jari kamu ke pojok kanan bawah tanpa mengangkat jari. Pastikan kamu memindahkan jari secara perlahan sehingga kamu bisa menghitung sampai 10 sebelum mencapai sudut layar yang berseberangan.

 

3 dari 5 halaman

Apabila kamu bisa menarik panel dan notifikasi ‘Setelan Cepat’ hingga ke bagian terbawah layar berarti masalah tidak disebabkan oleh bagian tertentu pada layar HP kamu,  kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan factory reset. Apabila panel dan notifikasi ‘Setelan Cepat’ terlepas pada saat kamu masih menarik jari di permukaan layar, ulangi kembali dan pastikan apakah hal itu terjadi di bagian layar yang sama, jika iya kamu bisa melakukan service perangkat.

Cara menonaktifkan opsi developer akan berbeda tergantung dengan perangkat kamu. Berikut cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh pada Android dengan menonaktifkan opsi developer:

  • Buka menu ‘Setelan’ di HP kamu.

  • Pilih menu ‘Sistem’, kemudian klik ‘Opsi developer’. Kamu akan melihatnya apabila opsi developer diaktifkan.

  • Nonaktifkan ‘Opsi developer’.

Apabila masalah masih terjadi setelah kamu mencoba cara-cara di atas, pertimbangkan untuk melakukan factory reset dan menghubungi produsen perangkat. Perlu kamu ketahui jika kamu melakukan factory reset maka data yang kamu simpan akan terhapus, namun kamu bisa memulihkannya kembali apabila kamu sudah melakukan back up sebelumnya dengan menggunakan akun Google. Oleh karena itu, sebelum melakukan factory reset sebaiknya kamu mencadangkan data terlebih dahulu.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh pada iPhone

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh © Diadona

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh pada iPhone juga sama mudahnya dengan Android. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan empat cara yaitu memulai ulang iPhone, membersihkan layar, melepas aksesoris kabel Lightning, dan melepas pelindung layar.

Berikut cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh pada iPhone:

  • Mulai ulang iPhone kamu.

Cara memulai ulang iPhone adalah dengan menekan tombol power iPhone dengan menekan tombol power dan volume up selama kurang lebih 5-10 detik hingga muncul tombol untuk mematikan, kamu bisa geser ke kiri tombol tersebut. Untuk menyalakannya kembali kamu bisa menekan tombol power selama 5-10 detik hingga iPhone kamu menyala. Selain itu kamu juga bisa memulai ulang dengan menggunakan tombol assistive touch, setelah itu klik ‘Device’, lalu klik ‘More’ dengan ikon titik tiga dan ketuk tombol ‘Restart’.

  • Pastikan bahwa layar iPhone kamu bersih dan bebas dari kotoran atau air.

Kamu bisa membersihkan layar dengan menggunakan gadget spray kemudian mengusapnya dengan menggunakan kain microfiber.

  • Lepas aksesoris Lightning yang sedang digunakan oleh iPhone kamu.

Jika layar kembali berfungsi dengan normal setelah kamu mencabut kabel Lightning maka setelah itu kamu bisa menggunakan stopkontak, kabel, atau pengisi daya yang berbeda.

  • Lepas casing atau pelindung layar.

Lepas casing yang digunakan pada iPhone kamu apabila sedang menggunakan case HP.

5 dari 5 halaman

Apabila setelah melakukan cara-cara di atas layar iPhone kamu masih tidak berfungsi dengan baik, pertimbangakan untuk mengatur layanan memperbaiki iPhone kamu. Kamu bisa melakukannya dengan hubungi dukungan Apple.

Jadi, itu tadi ya cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh pada Android dan juga iPhone. So, selamat mencoba!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar