Cara Menggunakan Turnitin, Pelajari Juga Cara Akses dan Fungsinya

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 13 Maret 2024 13:10
Cara Menggunakan Turnitin, Pelajari Juga Cara Akses dan Fungsinya
Mari hancurkan plagiarisme menggunakan Turnitin

Cara menggunakan Turnitin ini relatif mudah karena hanya tinggal unggah tulisan dan kemudian tinggal tunggu hasilnya saja. Mungkin bagi yang belum pernah sama sekali menggunakan aplikasi ini pasti kesulitan.

Tenang saja, Diadona telah merangkum semua hal yang berkaitan dengan Turnitin ini mulai dari cara menggunakannya, hingga cara akses dan fungsi-fungsinya. Kamu tinggal lihat saja di artikel di bawah ini.

Jadi, langsung saja simak artikelnya sampai habis ya, Diazens!

1 dari 6 halaman

Cara Menggunakan Turnitin © Diadona© Turnitin

 

Buat teman-teman mahasiswa ataupun merek aynag sering bergelut dengan teks ilmiah pasti nggak asing dengan Turnitin. Jadi, Turnitin adalah sebuah perangkat lunak berbayar yang digunakan untuk mengecek keberadaan plagiasi pada sebuah karya tulis ilmiah secara otomatis.

Detailnya, uji Turnitin adalah kegiatan memeriksa karya tulis terhadap teks elektronik dari internet. Teks elektronik tersebut dapat berupa artikel, jurnal ilmiah, atau buku yang sebelumnya telah diunggah pengajar atau universitas ke aplikasi Turnitin.

Dengan Turnitin, kamu akan mengetahui kata, frasa, atau kalimat yang mirip dengan sumber lain. Dengan adanya Turnitin, diharapkan mampu meningkatkan integritas antar peneliti atau penulis ilmiah melalui lembaga pendidikan selaku klien mereka.

2 dari 6 halaman

Cara Menggunakan Turnitin © Diadona

Cara Akses Turnitin

Cara mengakses Turnitin ini cukup mudah kok. Kamu hanya perlu menggunakan email dan password yang sudah ada dan kamu gunakan untuk daftar Turnitin.

  • Buka situs resmi Turnitin di turnitin.com.
  • Jika kamu belum memiliki akun, pilih opsi “ Sign Up” dan ikuti proses registrasi.
  • Jika sudah memiliki akun, masukkan username (email) dan password akun Turnitin.
  • Setelah login, masukkan enrollment key yang diberikan oleh pengajar atau lembaga pendidikan.
  • Enrollment key ini memungkinkan kamu mengakses fitur cek plagiarisme secara lengkap.

Sekadar informasi tambahan saja, melansir dari laman Detik, yang berhak mengakses Turnitin adalah Administrator (asisten pengajar), Instructor (staff/dosen), dan Student (mahasiswa). Kewenangan seorang instructor adalah dapat membuat " class" (kelas) baru, menambahkan sejumlah student ke dalam kelas, dan mengunggah naskah ilmiah.

Sementara itu, student hanya berhak mengunggah paper pada kelas yang telah ditetapkan oleh seorang instructor. Lalu, administrator berhak memasuki kelas dan memonitor hasil pengecekan karya tulis yang telah diunggah.

3 dari 6 halaman

Cara Menggunakan Turnitin © Diadona

Cara Cek Plagiarisme di Turnitin

Setelah berhasil mengakses Turnitin, kamu bisa memanfaatkan fungsi utama dari Turnitin yaitu mengecek Plagiarisme. Caranya seperti di bawah ini ya!

  1. Buka browser dan kunjungi situs turnitin.com
  2. Setelah terbuka, login menggunakan akun Turnitin yang kamu miliki
  3. Masuk ke halaman beranda dan unggah dokumen dengan klik menu 'Submit' di bagian kanan
  4. Setelah proses unggahan selesai, kamu akan diarahkan ke kotak dialog berisi identitas dokumen. Isi keseluruhan informasi yang dibutuhkan.
  5. Klik 'Choose from this computer document' untuk mengunggah naskah skripsi yang ingin dicek plagiarismenya. Kamu juga dapat menghubungkan ke Google
  6. Drive atau DropBox Klik menu 'Up' dan tunggu proses unggah berhasil
  7. Setelah selesai, klik menu 'Confirm' berwarna biru dan menu 'Return to Assignment List' Tunggu Turnitin cek plagiarisme dokumenmu.
  8. Jika hasilnya sudah selesai, kamu bisa masuk ke menu 'View'. Hasil pengecekan plagiarisme pun sudah jadi dan disajikan dalam bentuk persentase.

4 dari 6 halaman

Cara Menggunakan Turnitin © Diadona

Deskripsi Hasil Cek Turnitin

Setelah mengunggah karya tulis yang ingin dicek ke Turnitin, tidak berselang lama akan keluar hasilnya dalam bentuk persentase yang diberi warna. Presentase inilah yang nantinya dijadikan acuan itu tulisan orisinal atau plagiat.

Untuk membaca hasil pengecekan Turnitin, simak di bawah ini:

  • Warna biru (similarity index 0%)
  • Warna hijau (similarity index 1% - 24%)
  • Warna kuning (similarity index 25% - 49%)
  • Warna oranye (similarity index 50% - 74%)
  • Warna merah (similarity index 75% - 100%)

Similarity index adalah indeks kesamaan tulisan yang dinyatakan plagiat. Jika semakin tinggi persentasenya, maka semakin jelas bahwa karya ilmiah yang kamu buat merupakan hasil plagiat. Clear ya, Diazens?

5 dari 6 halaman

Fungsi Turnitin

Selain memang untuk mengcek dan mencegah Plagiarisme, ini adalah beberapa fungsi dari Turnitin yang bisa kamu manfaatkan.

  • Deteksi Plagiarisme
    Turnitin membandingkan teks yang diajukan dengan database besar yang mencakup karya ilmiah, jurnal, tugas, dan sumber-sumber lainnya.
  • Meningkatkan kredibilitas
    Membuat karya tulis tanpa unsur plagiat menjadi salah satu cara membangun reputasi atau kredibilitas kamu.
  • Penilaian Karya Tulis
    Turnitin membantu meningkatkan kualitas hasil tulisan pada skripsi, karya ilmiah, dan tulisan akademis lainnya.
  • Melakukan revisi
    Plagiarisme dapat terjadi tanpa sengaja maupun tidak sengaja. Setelah uji Turnitin, kamu akan mendapatkan bagian mana saja yang terdeteksi plagiat sehingga bisa merevisinya segera.
  • Mencegah plagiarisme
    Setelah mengetahui bagian mana saja yang terdeteksi plagiat, kamu dapat menjauhkan diri dari tindakan plagiarisme.

Jadi itu ya Diazenscara menggunakan Turnitin sekaligus cara akses dan lain-lain yang bisa kamu coba. Jadi, selamat mencoba dan sempga berhasil ya!

Beri Komentar