7 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan, Langsung Kelar Nggak Pakai Lama!

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 12 Maret 2024 14:54
7 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan, Langsung Kelar Nggak Pakai Lama!
Gampang banget kalau ngatasi masalah seperti ini~

Momen menyebalkan saat sedang genting adalah tiba-tiba sinyal di ponsel tidak ada layanan. Kondisi ini akan membuat HP seperti tidak berfungsi karena tidak bisa dibuat untuk menelepon, berkirim pesan, menggunakan layanan internet dan lain sebagainya.

Tapi tenang, cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan ini gampang kok Diazens. Bahkan jika tahapnya masih gangguan ringan, kamu tidak perlu membawa HP kamu ke tukang servis. Cukup otak-atik sendiri saja sudah bisa.

Nah, Diadona telah merangkum cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan yang nantinya bisa kamu coba. Nggak perlu berlama-lama, mari kita simak artikelnya sampai habis ya!

1 dari 5 halaman

Ilustrasi SIM Card © Diadona© Freepik.com

Kenapa Kartu SIM Card Terbaca tapi Tidak Ada Layanan?

Melansir dari berbagai sumber, ada banyak faktor yang membuat kartu SIM terbaca tapi tidak memiliki layanan yang bisa digunakan. Di antaranya karena posisi kartu SIM tak sesuai, kerusakan slot kartu pada ponsel hingga munculnya bug atau masalah pada perangkat lunak ponsel.

Kemudian juga bisa disebabkan oleh faktor dari layanan provider itu sendiri. Misal, karena ada gangguan pada sinyal radio, pengaturan pada mode pesawat hingga penerimaan sinyal yang buruk atau terjadi masalah dengan operator yang digunakan.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi SIM Card © Diadona© Freepik.com

Restart HP

Cara yang pertama adalah restart HP kamu terlebih dahulu. Metode restart sering kali efektif untuk mengatasi masalah ini layanan SIM yang hilang ini.

Kamu bisa me-restart HP seperti biasa atau mematikan HP, melepas baterainya, dan kemudian menyalakannya kembali. Dengan ini, bug atau masalah pada ponsel bisa teratasi.

Lepas Pasang Kartu SIM

Cara yang kedua, kamu bisa mencoba lepas pasang katu SIM yang kamu gunakan di ponsel kamu. Cara ini, bisa membantu mengatasi masalah kartu SIM yang disebabkan oleh pemasangan yang kurang pas.

Untuk alasan keamanan agar tidak terjadi error, kamu bisa mematikan HP kamu terlebih dahulu sebelum melepas dan memasang kartu SIM.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Airplane Mode © Diadonatheguardian.com

Nyalakan Mode Airplane

Selain merestart HP, cara alternatigf yang bisa kamu coba adalah dengan menghiduupkan atau mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode. Dengan cara ini, diharapkan jaringan seluler dapat berfungsi normal kembali tanpa kendala.

Jadi, kamu bisa langsung menyalakan mode pesawat seperti biasanya selama kurang lebih 10-15 detik. Kemudian matikan lagi, biasanya jaringan akan muncul kembali kok kalau memang cuma error biasa.

Atur Jaringan

Jika layanan kartu SIM masih saja belum muncul, kamu bisa coba mengatur jaringan di dalam HP secara manual. Caranya mudah banget kok, begini:

Buka menu pengaturan di ponsel.
Kemudian, pilih opsi ‘Wireless & Networks’ atau ‘Connections’.
Lalu, pilih ‘Mobile Networks’ dan ketuk ‘Network Mode’,
Kamu akan mendapatkan menu pop-up di layar.
Pastikan kamu memilih opsi ‘5G/4G/3G/2G (auto connect)’.

4 dari 5 halaman

Buka Pengaturan APN

Lanjut ya, hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah pengaturan APN (access point name) di HP. Jadi pastikan pengaturan di HP yang kamu gunakan sudah sesuai. Cek kembali apakah pengaturan APN sudah sesuai dengan provider kartu SIM apa belum.

Ilustrasi SIM Card © Diadona© Freepik.com

Cek Kondisi Kartu dan Slot

Kemudian, cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengecek kondisi kartu dan slotnya di dalam HP. Kamu bisa melepas kartu SIM dan memeriksa apakah terjadi kecacatan pada chip.

Juga periksa kondisi slot kartu SIM apakah posisi kartu SIM sudah sesuai atau belum. Pastikan slot kartu SIM dalam keadaan bersih. Dengan begitu, kamu bisa memasang kembali kartu SIM dan menggunakannya dengan normal.

5 dari 5 halaman

Pasang SIM Card di HP lain

Jika layanan masih belum muncul, kamu bisa mencoba kartu SIM yang bermasalah tersebut ke ponsel lain. Bila layanan masih tak tersedia, artinya ada kesalahan pada kartu SIM. Sebaliknya, bila layanan kartu SIM tersedia saat dipasang di HP lain, artinya ada masalah pada ponsel.

Nah itu dia beberapa cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan yang bisa kamu coba lakukan. Misal, kalau masih saja belum berhasil mau nggak mau kamu harus membawa ponsel kamu ke gerai servis yang terpercaya ya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, Diazens~

Beri Komentar