7 Rekomendasi Aplikasi Al-Qur'an Online, Baca Quran Makin Mudah di Bulan Ramadan

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 13 Maret 2024 11:42
7 Rekomendasi Aplikasi Al-Qur'an Online, Baca Quran Makin Mudah di Bulan Ramadan
Aplikasi ini semakin memudahkan membaca Quran dimanapun dan kapanpun~

Sadar nggak sih Diazens, di era serba digital ini, semua lini kehidupan semakin dipermudah loh termasuk ibadah membaca Al-Quran. Kini, sudah banyak sekali aplikasi Al-Qur’an online dan juga offline yang bisa kamu akses langsung dari ponsel kamu.

Tentu saja ada banyak sekali pilihan yang tinggal kamu sesuaikan saja dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing. Nah, biar nggak bingung, ini ada beberapa rekomendasi aplikasi Al-Qur’an yang bisa kamu unduh di HP kamu.

Nah berikut ini adalah beberapa daftar aplikasi Al-Qur’an online yang bisa kamu coba. Jadi langsung saja simak artikelnya sampai habis ya!

1 dari 8 halaman

Al Quran Indonesia © Diadona

Al Quran Indonesia

Pertama, Al-Quran Indonesia.Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk perangkat Android dan iOS. Dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia, kamu dapat lebih mudah memahami arti dari setiap ayat.

Fitur “ Tajwid Warna” juga akan membantu kamu membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Aplikasi ini dapat diakses secara offline tanpa koneksi internet.

Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan bacaan Al-Quran dari Qari (pembaca Al-Quran) terkenal seperti Syaikh Hani Ar Rifai, Syaikh Mishary Rashid, dan lainnya.

2 dari 8 halaman

Qur’an Kemenag © Diadona

Qur’an Kemenag

Selanjutnya ada Qur’an Kemenag. Jadi aplikasi ini merupakan Al-Quran digital yang dibuat oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Tulisan tiap ayatnya menggunakan Mushaf Standar Indonesia Rasm Usmani.

Selain bacaan Al-Quran 30 juz, kamu juga akan menemukan tafsir dalam dua varian, yaitu tafsir ringkas dan tafsir tahlili yang lebih terurai. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan Asbabun Nuzul atau pemahaman terkait latar belakang diturunkannya ayat-ayat tertentu.

3 dari 8 halaman

Muslim Pro © Diadona

Muslim Pro

Ada juga Muslim Pro yang sudah sangat populer sebagai aplikasi pengingat waktu sholat. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dan panduan yang membantu kamu mengamalkan ajaran Islam.

Nah, selain waktu salat dan pengingat adzan yang akurat, aplikasi ini menyediakan fitur Al-Quran lengkap dengan terjemahan dan tafsir. Lalu, kamu juga bisa menemukan arah kiblat dan melihat jadwal salat di aplikasi ini.

Oh iya, Selain bahasa Indonesia, aplikasi ini juga menyediakan berbagai pilihan bahasa. Nggak cuma itu, Muslim Pro bahkan memungkinkan kamu menghitung zakat dengan mudah hingga menemukan restoran halal dan masjid terdekat.

4 dari 8 halaman

QuranBest © Diadona

QuranBest

Untuk rekomendasi aplikasi Al-Quran online yang selanjutnya adalah QuranBest. Sama seperti AlQuran Indonesia dan Qur'an Kemenag, aplikasi ini juga merupakan buatan Indonesia.

Aplikasi ini memiliki fitur Tajwid yang membantu Anda membaca Al-Quran dengan benar. Selain itu, Anda dapat mengakses terjemahan dan tafsir Al-Quran dalam berbagai bahasa. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pencarian ayat dan bookmark untuk memudahkan Anda dalam mempelajari Al-Quran.

Yang membuat aplikasi ini berbeda dari yang lainnya adalah punya fitur interaktif. Jadi, dengan adanya fitur ini kamu bisa bersilaturahmi secara virtual dengan pengguna lainnya. Kamu bisa bergabung dalam grup mengaji, mengirim doa, dan mengaminkan doa.

5 dari 8 halaman

Quran Pro Muslim © Diadona

Quran Pro Muslim

Di rekomendasi aplikasi Al-Quran online yang selanjutnya ada Quran Pro Muslim. Aplikasi ini merupakan Aplikasi Al-Qur’an yang mengeklaim memiliki koleksi audio qari terbesar dibandingkan aplikasi sejenis lainnya.

Kemudian, ada juga fitur keren yang disediakan aplikasi ini yaitu terjemahan dalam 30 bahasa yang berbeda. Jangan khawatir saat data seluler terbatas, karena aplikasi Quran Pro Muslim bisa diakses secara offline. Bagi pengguna iOS, aplikasi ini juga mendukung AirPlay dan CarPlay.

6 dari 8 halaman

Quran - Naskh by Quran.com © Diadona

Quran - Naskh by Quran.com

Rekomendasi yang selanjutnya ada Quran - Naskh by Quran.com yang bisa kamu unduh di Google Playstore ataupun Appstore. Aplikasi ini merupakan mushaf bebas iklan, mendukung gambar Madani, terjemahan, dan memiliki efek transisi halaman yang lembut.

Nggak cuma itu saja, ada juga fitur penanda atau bookmark. Jadi kamu bisa menandai sampai mana kamu telah membca Alquran.

Yang paling nyaman, aplikasi ini memiliki format 15 baris, yang sangat baik untuk membaca dan menghafal karena ukuran hurufnya yang nyaman.

7 dari 8 halaman

Umma ID © Diadona

Umma ID

Terakhir, untuk aplikasi al-Quran online yang bisa kamu coba gunakan adalah Umma ID. Aplikasi ini sendiri merupakan aplikasi untuk kaum Muslim di Indonesia yang bertujuan mendampingi umat Islam dalam menjalankan ibadah sehari-hari.

Beberapa fitur yang disediakan oleh Umma ID antara lain adalah membaca Al-Quran lengkap dengan terjemahan dalam berbagai bahasa. Lalu, ada juga informasi waktu sholat yang akurat berdasarkan lokasi.

Nggak cuma itu saja ya, ada juga fitur zikir harian, panduan haji dan umrah, kalender Hijriyah yang akan sangat bermanfaat. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis dan tersedia untuk perangkat Android dan iOS ya!

Jadi itu dia beberapa rekomendasi aplikasi Al-Qur’an online yang bisa kamu unduh di ponsel kamu. Semoga ini semakin membuat kita semnagat untuk membaca Al-Qur’an ya, Diazens~

Beri Komentar