4 Cara Mengatasi Ringtone HP yang Tidak Muncul

Reporter : Yoyok
Sabtu, 9 Maret 2024 14:43
4 Cara Mengatasi Ringtone HP yang Tidak Muncul
Ringtone HP yang tidak bunyi memang bisa bikin bingung kalau ada telpon tapi malah gak bunyi.

Ternyata, banyak orang yang tidak tahu tentang cara mengatasi ringtone HP tidak muncul. Sering kali masalah saat HP tidak mengeluarkan ringtone atau nada dering karena tidak sengaja mengubah settingan. Cara mengatasinya pun gampang banget lho.

HP atau handphone sudah menjadi salah satu gadget penting di era serba teknologi seperti ini. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, HP sudah bisa menjadi gadget untuk bekerja, hiburan, dan banyak hal lainnya.

Fungsi handphone sebagai media komunikasi juga masih berfungsi hingga hari ini. Kamu masih bisa melakukan panggilan telepon atau SMS dengan handphone zaman sekarang. Salah satu penanda adanya telepon atau SMS adalah HP bakalan bunyi atau yang disebut dengan ringtone.

Namun, ternyata banyak orang yang merasa ringtone di HP-nya tidak berbunyi ketika ada panggilan telepon atau SMS. Mereka pun kebingungan mengapa tidak terdengar ringtone dari HP mereka. Padahal, sering kali hal ini terjadi karena kesalahan penggunanya sendiri.

Tim Diadona telah merangkum beberapa cara untuk mengatasi ringtone HP yang tidak muncul. Yuk disimak guys.

1 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Ringtone Tidak Muncul dengan Mematikan Mode Silent

Cara Mengatasi Ringtone Tidak Muncul © Diadona© shutterstock.com

Cara pertama untuk mengatasi ringtone HP yang tidak muncul adalah dengan mematikan mode silent. Banyak orang bertanya-tanya mengapa ringtone HP mereka tidak bunyi saat ada panggilan telepon. Padahal, HP mereka sedang berada dalam mode silent yang tentu saja tidak akan bunyi jika ditelepeon.

Maka dari itu, pastikan HP tidak berada dalam mode silent. Kamu bisa memeriksanya di bagian notifikasi. Jika ada logo lonceng disilang, maka HP-mu sedang berada dalam mode silent.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Ringtone Tidak Muncul dengan Cek Setting

Cara Mengatasi Ringtone Tidak Muncul © Diadona© shutterstock.com

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek atau memeriksa settings. Di bagian setting, pastikan kamu telah mengaktifkan fitur ringtone atau nada dering jika ada panggilan.

Buat kamu yang ingin memiliki ringtone saat ada panggilan, tentu pengecekan ini sangat penting. Jika fitur ringtone di HP-mu tidak aktif, mau mode silent atau tidak, tetap saja tidak akan muncul nada deringnya.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Ringtone Tidak Muncul dengan Mengaktifkan Notifikasi Getar dan Suara

Cara Mengatasi Ringtone Tidak Muncul © Diadona© shutterstock.com

Cara mengatasi ringtone HP yang tidak muncul adalah dengan memberikan izin atau permission kepada opsi " Getar dan Suara." Notifikasi yang masuk dalam HP kita terdiri dari dua hal, yaitu getaran serta suara.

Kamu harus mengaktifkan notifikasi getaran dan suara agar ringtone pada HP-mu bisa muncul. Kamu bisa memeriksa atau mengaktifkannya di bagian settings.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Ringtone Tidak Muncul dengan Clear Cache

Cara Mengatasi Ringtone Tidak Muncul © Diadona© shutterstock.com

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk mengatasi ringtone HP yang tidak muncul adalah dengan clear cache. File cache memang bisa sangat membantu untuk kinerja sebuah aplikasi dan HP. Namun, jika file cache kebanyakan, maka bisa jadi masalah untuk pengoperasian HP tersebut.

Lakukan secara rutin untuk menghapus file cache dari HP. File cache tidak hanya mengatasi masalah ringtone yang tidak muncul, namun juga bug-bug di HP serta masalah lainnya.

Itu tadi beberapa cara mengatasi ringotne HP yang tidak muncul. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar