4 Cara Mengecek Plagiarisme dengan Cepat, Dijamin Paling Akurat

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 21 Oktober 2023 15:30
4 Cara Mengecek Plagiarisme dengan Cepat, Dijamin Paling Akurat
Cara mengecek plagiarisme yang wajib kamu ketahui, yuk simak langkah-langkahnya!

Sebagai bagian dari kalangan akademisi, cara mengecek plagiarisme adalah hal yang wajib kamu ketahui. Plagiarisme sendiri adalah proses pelanggaran hak cipta dengan menjiplak hasil karya tulis atau karya seni orang lain. Plagiarisme masih sering kita jumpai terutama di lingkungan pendidikan perguruan tinggi.

Pada saat menulis karya ilmiah kamu wajib menambahkan kutipan jurnal atau skripsi yang kamu gunakan dalam karya ilmiah kamu. Menambahkan kutipan merupakan salah satu etika utama di kurikulum perguruan tinggi.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, mengecek plagiarisme sudah bisa kamu lakukan secara online dengan menggunakan website cek plagiarisme. Banyak sekali website cek plagiarisme yang bisa kamu temukan di internet namun tidak semua website memiliki keakuratan tinggi untuk mengecek plagiarisme.

Jadi, bagaimana sih cara mengecek plagiarisme? Berikut Diadona rangkum website yang  memiliki keakuratan cukup tinggi yang bisa kamu gunakan untuk mengecek plagiarisme. Yuk, simak di bawah ini!  

1 dari 5 halaman

Cara Mengecek Plagiarisme dengan Menggunakan Turnitin

Ilustrasi Turnitin © Diadona

Turnitin bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu solusi untuk mendeteksi kesamaan tulisan pada karya tulis. Turnitin umumnya adalah alat cek plagiasi yang paling sering digunakan di perguruan tinggi. Cara kerja Turnitin yaitu Turnitin akan membandingkan hasil karya tulis kamu dengan karya tulis lain yang ada di internet.

Berikut adalah cara mengecek plagiarisme dengan menggunakan Turnitin:

  • Buka browser pada perangkat kamu.

  • Ketik www.turnitin.com pada kolom pencarian.

  • Login dengan akun Turnitin yang sudah kamu miliki sebelumnya.

  • Apabila kamu menggunakan Turnitin sebagai siswa, kamu harus masuk ke kelas terlebih dahulu.

  • Akan ada assignment yang bernama ‘Similarity Checker’, kamu bisa mengupload karya tulis yang ingin kamu cek plagiasinya disana.

  • Klik ‘Submit’ untuk mengirimkan karya tulis kamu ke sistem Turnitin.

  • Kemudian akan muncul jendela submit karya tulis, pastikan karya tulis kamu ada di metode pengiriman ‘Single File Upload’.

  • Tuliskan judul karya tulis di bagian ‘Submission Title’.

  • Akan muncul jendela konfirmasi, apabila data karya tulis yang akan kamu cek sudah sesuai semua kamu bisa langsung klik ‘Confirm’.

  • Apabila sudah kamu submit, sistem Turnitin akan membutuhkan waktu 1-2 menit untuk menghitung Similarity Index karya tulis. Jika sudah selesai kamu bisa langsung klik ‘View’.

  • Hasil cek kesamaan plagiarisme karya tulis kamu sudah bisa dilihat.

  • Untuk download hasil cek plagiasi, klik simbol unduh dan pilih opsi ‘Current View’.

  • Kamu akan mendapatkan pdf Similarity Report pada halaman terakhir karya tulis.

Tingkat kesamaan tulisan pada Turnitin akan ditunjukkan dengan persentase skor. Nilai similarity index harus kurang dari 20%.

Walaupun Turnitin adalah alat cek plagiarisme yang paling banyak digunakan, namun mengecek plagiarisme dengan turnitin tidak gratis. Kamu harus berlangganan untuk dapat menggunakan seluruh fitur di Turnitin.

2 dari 5 halaman

Cara Mengecek Plagiarisme dengan Menggunakan Grammarly

Ilustrasi Grammarly © Diadona

Grammarly adalah aplikasi yang terkenal untuk membantu mengecek tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan atau lebih sering disebut dengan grammar dalam Bahasa Inggris. Namun ternyata selain membantu mengecek grammar, Grammarly juga menawarkan banyak fitur lain. Salah satunya adalah cara mengecek plagiarisme.

Cara mengecek plagiarisme dengan menggunakan grammarly cukup mudah. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan smartphone dan juga PC. Berikut adalah langkah-langkah cara mengecek plagiarisme dengan menggunakan Grammarly:

  • Buka browser pada perangkat kamu.

  • Ketik https://www.grammarly.com/plagiarism-checker pada kolom pencarian.

  • Kamu bisa langsung copy paste teks atau mengupload file karya tulis yang ingin kamu cek plagiarismenya.

  • Tunggu beberapa saat hingga hasil cek plagiarismenya keluar.

Setelah hasil cek plagiarismenya sudah keluar, kamu bisa langsung memperbaiki hasil karya tulis kamu. Mengecek plagiarisme dengan menggunakan Grammarly bisa kamu lakukan secara gratis atau mengupgrade akun menjadi premium. Tentu saja terdapat batasan apabila kamu memilih mengecek plagiarisme secara gratis.

3 dari 5 halaman

Cara Mengecek Plagiarisme dengan Menggunakan Website duplichecker.com

Ilustrasu Copy-paste © Diadona

Cara mengecek plagiarisme dengan menggunakan website duplichecker.com cukup mudah. Website duplichecker.com juga memiliki fasilitas paling lengkap berdasarkan cara pengecekan. Kamu bisa melakukannya dengan menyalin teks, mengunggah file, dan menyalin url karya tulis.

Berikut adalah cara mengecek plagiarisme dengan menggunakan website duplichecker.com:

  • Buka browser pada perangkat kamu.

  • Ketik duplichecker.com pada kolom pencarian.

  • Kamu bisa langsung menyalin teks atau mengunggah file karya tulis yang ingin kamu cek plagiarismenya. Kamu juga bisa mengecek plagiarisme hanya dengan menyalin url karya tulis kamu.

  • Tunggu beberapa saat hingga hasil cek plagiarisme keluar.

Mengecek plagiarisme dengan menggunakan website duplichecker.com gratis dengan maksimal 1000 kata untuk sekali cek. Namun, kamu bisa upgrade menjadi pro apabila ingin mengecek lebih dari 25000 kata dengan berbagai penawaran menarik lainnya.

4 dari 5 halaman

Cara Mengecek Plagiarisme dengan Menggunakan Website smallseotools.com

Cara Cek Plagiarisme © Diadona

Cara mengecek plagiarisme dengan menggunakan website smallseotools.com kurang lebih sama seperti pada website-website sebelumnya. Selain menawarkan cek plagiarisme online, smallseotools.com juga menawarkan berbagai fitur lainnya yang bisa kamu cek langsung di laman mereka.

Berikut adalah cara mengecek plagiarisme dengan menggunakan website smallseotools.com:

  • Buka browser pada perangkat kamu.

  • Ketik smallseotools.com pada kolom pencarian.

  • Kamu bisa langsung menyalin teks karya tulis yang ingin kamu cek plagiarismenya. 

  • Tunggu beberapa saat hingga hasil cek plagiarisme keluar.

Dibandingkan dengan website sebelumnya, smallseotools.com memiliki ketelitian yang lebih tinggi untuk hasil cek plagiarisme. Mengecek plagiarisme dengan menggunakan smallseotools.com gratis dengan batas maksimal 1000 kata untuk sekali cek. Namun, kamu bisa upgrade menjadi pro untuk melakukan cek plagiarisme tanpa batasan kata.

Jadi, itu tadi ya cara mengecek plagiarisme menggunakan alat dengan keakuratan yang cukup tinggi. Selamat mencoba, Diazens!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar