Cara Mengaktifkan GPS di HP Android dan iOS serta Meningkatkan Akurasi Lokasi

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 12 September 2023 20:42
Cara Mengaktifkan GPS di HP Android dan iOS serta Meningkatkan Akurasi Lokasi
Dengan cara mengaktifkan GPS di HP, kamu bisa melacak HP yang hilang, mengirimkan lokasi secara real time hingga mencari tempat tertentu

Cara mengaktifkan GPS di HP berbeda-beda tergantung perangkat yang digunakan. Namun prinsipnya tetap sama, yakni mengaktifkan perangkat untuk menerima sinyal satelit dan gelombang mikro untuk mengetahui posisi dan kecepatan.

Di era teknologi yang sudah berkembang pesat pada saat ini, teknologi GPS sangat membantu kita dalam kebutuhan sehari-hari. Misalnya, untuk mencari tempat makan yang belum pernah kamu datangi sebelumnya, mengirimkan lokasi terkini kamu kepada teman, atau menempatkan titik kirim pada saat berbelanja online. Bahkan GPS juga membantu untuk melacak HP yang hilang.

Bagaimana jika tiba-tiba GPS kamu mati di jalan padahal kamu sedang berpergian jauh dan membutuhkan bantuan peta untuk mencari rute jalan terbaik, kondisi tersebut tentu akan sangat merepotkan dan bisa menambah resiko kamu tersesat di jalan.

Cara mengaktifkan GPS berbeda-beda di setiap perangkat. Tapi tenang aja, apapun perangkat yang kamu gunakan mengaktifkan GPS sangat mudah dan cepat kok.

Diadona telah merangkum cara mengaktifkan GPS di HP yang bisa kamu coba. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini, Diazens!

 

1 dari 5 halaman

Cara Mengaktifkan GPS di Android © Diadona

Cara Mengaktifkan GPS di HP Android

Setiap ponsel android dilengkapi dengan antena GPS untuk melacak data lokasi real time. Kamu bisa mengaktifkan dan mematikan layanan lokasi dengan mudah di ponsel kamu. Kamu juga bisa meningkatkan akurasi lokasi untuk mendapat layanan lokasi yang lebih akurat.

Layanan lokasi akan lebih optimal apabila kamu gunakan di versi android 12 ke atas. Jadi, sebaiknya kamu memperbarui perangkat lunak ponsel android kamu ke versi terbaru.

Cara melakukan update perangkat lunak di android yaitu buka Pengaturan lalu pilih menu ‘Pembaruan perangkat lunak’, kemudian klik tombol unduh dan instal. Jika sudah, ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses pembaruan perangkat lunak.

Jika versi android kamu sudah versi 12 ke atas, kamu bisa langsung mengikuti langkah ini untuk mengaktifkan GPS di HP kamu.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan GPS di android:

  • Buka Pengaturan dan pilih menu lokasi
  • Jika tombol saklar di atas mati, hidupkan dengan mengetuk tombolnya.

Langkah lebih cepat untuk mengaktifkan GPS di Android adalah dengan menggeser layar ke bawah untuk membuka pop up bar atau panel cepat, lalu kamu bisa langsung mengetuk ikon Lokasi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan layanan lokasi.

Cara Mengaktifkan GPS di Android melalui Pop Up Bar © Diadona

 

2 dari 5 halaman

Cara Mengaktifkan GPS di Android © Diadona

Cara Tingkatkan Akurasi Lokasi di HP Android

Atur ponsel kamu untuk mengaktifkan Wi-Fi atau Bluetooth untuk meningkatkan keakuratan lokasi. Dengan menyalakan fitur Tingkatkan Akurasi, kamu bisa dengan lebih akurat menentukan lokasi terkini kamu.

Walaupun begitu, nggak usah khawatir soal data atau baterai yang terkuras berlebihan karena fitur ini bisa dimatikan kapan aja. 

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan Tingkatan Akurasi Lokasi di Android:

  • Pilih ‘Tingkatkan Akurasi’ pada menu Pengaturan Lokasi.
  • Ketuk tombol saklar untuk mengaktifkan pemindaian Wi-Fi dan pemindaian Bluetooth.

 

3 dari 5 halaman

Car aMengaktifkan GPS di HP © Diadona

Meningkatkan Sinyal GPS pada HP Android

GPS memerlukan sukup sinyal untuk menentukan lokasi. Oleh karena itu, GPS bekerja paling optimal pada lokasi yang memiliki sinyal kuat. GPS membutuhkan lokasi yang terbuka dan berpandangan langsung ke langit untuk berkomunikasi dengan satelit.

Hindari hal-hal di bawah ini yang bisa mengakibatkan hilangnya koneksi sinyal GPS di ponsel kamu:

  • Kekuatan sinyal GPS akan melemah apabila kamu sedang berada di lokasi yang sinyalnya terhalang oleh gedung-gedung, di dalam ruangan, karena cuaca buruk, atau sedang berada di dataran rendah.
  • Pengaturan GPS tidak diaktifkan.
  • Layar perangkat ponsel kamu dimatikan.
  • Salah posisi memegang perangkat sehingga menghalangi antena ponsel.
  • Ponsel kamu diatur dalam mode hemat daya. Untuk sinyal GPS yang kuat, ponsel harus berada di performa tertinggi dan dioptimalkan.

GPS tetap dapat digunakan apabila kamu sedang berada di dalam rumah atau gedung. Namun, sangat disarankan untuk mematikan GPS pada saat kamu berada di dalam ruangan.

 

4 dari 5 halaman

Cara Mengaktifkan GPS di HP © Diadona

Cara Mengaktifkan GPS di HP iOS

Aplikasi tertentu mungkin tidak berfungsi apabila kamu belum mengaktifkan Layanan Lokasi. Pertama kali aplikasi memerlukan Layanan Lokasi, kamu akan dapat pemberitahuan terkait permintaan izin apakah boleh mengakses lokasi terkini kamu atau tidak.

Kamu bisa memilih beberapa opsi berikut:

  • Ketuk tombol ‘Izinkan’ agar aplikasi dapat menggunakan Layanan Lokasi sebagaimana yang diperlukan.
  • Ketuk tombol ‘Jangan Izinkan’ untuk menolak akses Layanan Lokasi.
  • Ketuk tombol ‘Lain Kali Atau Saat Berbagi’ untuk dapat memilih apakah kamu ingin mengaktifkan Layanan Lokasi ‘Izinkan Saat Menggunakan Aplikasi’, ‘Izinkan Sekali’, atau ‘Jangan Izinkan’.

Beberapa perangkat iOS dan iPadOS mungkin akan memerlukan Wi-Fi dan Bluetooth untuk menentukan lokasi kamu. Lokasi GPS dan seluler tersedia di iPhone dan iPad (Wi-Fi + Cellular).

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan GPS di iOS:

  • Buka Pengaturan.
  • Pilih menu Privasi & Keamanan.
  • Jika tombol saklar Layanan Lokasi di atas mati, hidupkan dengan mengetuk tombolnya.
  • untuk mematikan GPS di iPhone, matikan dengan mengetuk tombolnya hingga tak lagi menyala.

 

5 dari 5 halaman

Cara Mengaktifkan GPS di HP © Diadona

Cara Tingkatkan Lokasi Tepat di iOS

Pada iOS 14 dan iPadOS 14, beberapa aplikasi sudah bisa menggunakan Lokasi Tepat untuk mendapatkan lokasi kamu yang spesifik. Kamu bisa menonaktifkan fitur Lokasi Tepat ini dan hanya membagikan lokasi perkiraan kepada aplikasi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan.
  • Pilih menu Privasi & Keamanan.
  • Pilih Layanan Lokasi.
  • Pilih aplikasi, nyalakan atau matikan fitur Lokasi Tepat.

Beberapa catatan yang perlu diperhatikan apabila kamu akan menggunakan fitur Layanan Lokasi di perangkat iOS dan iPadOS antara lain:

  • Layanan Lokasi GPS yang memerlukan Bluetooth dan hotspot Wi-Fi akan menggunakan banyak sumber dan menara seluler untuk menentukan lokasi akurat kamu.
  • Aplikasi nggak akan menggunakan lokasi kamu hingga aplikasi tersebut meminta izin dan kamu memberikannya.

Jadi, itu tadi ya cara mengaktifkan GPS di HP baik di perangkat android maupun iOS. So, selamat mencoba!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar