7 Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu, Cepat dan Akurat

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 30 Agustus 2023 10:30
7 Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu, Cepat dan Akurat
Jangan samapi salah beli yang palsu deh pokoknya, Diazens~

Cara Cek HP Samsung - Smartphone kini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi siapapun. Mulai dari anak mudah hingga orangtua hampir semuanya menggunakan menggunakan HP untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, masih ada saja yang belum tahu cara mengecek asli atau tidaknya. 

Padahal kalian tau nggak sih Diazens, caranya itu mudah banget, apalagi buat kamu yang ingin menggunakan HP Samsung. Jadi, misal kamu ingin membeli HP Samsung yang bekas, kamu harus mengeceknya terlebih dahulu keasliannya. 

Diadona telah merangkum, cara cek HP Samsung dari beberapa sumber. Semuanya bisa kamu coba untuk mengetahui asli atau tidaknya HP Samsung. So, mari kita simak beberapa caranya di bawah ini yuk, Diazens!



1 dari 6 halaman

Cara Cek HP Samsung © Diadona

Kode Rahasia Samsung

Cara cek HP Samsung asli atau tidaknya yang pertama bisa kamu lakukan dengan menggunakan kode rahasia khusus Samsung. Caranya mudah banget, kamu tinggal mengetikkan *#1234#. Setelah itu, lakukan panggilan, cocokkan tipe HP yang ada pada informasi tersebut.

Melalui hasil yang keluar dari kode tersebut, kamu bisa mengecek beberapa informasi dari HP tersebut. Ketika ada nomor atau kode yang berbeda dengan informasi yang ada, maka bisa dipastikan bahwa itu barang palsu dan juga sebaliknya.

Nomor IMEI

Cara cek HP Samsung selanjutnya juga nggak kalah cepat dan efektif.  Jadi, kamu masukkan saja kode *#06# pada smartphone, maka nomor IMEI akan ditampilkan di layar. Kemudian, segera cocokkan nomor IMEI di kotak HP-nya atau situs khusus untuk mengidentifikasi keaslian IMEI pada HP Samsung.

Atau, jika HP tersebut masih memiliki kelengkapan berupa box maka kamu bisa mencocokkan IMEI dengan yang ada di box. Jika IMEI yang ada di layar berbeda dengan informasi aslinya, maka bisa dipastikan kalau itu barang palsu ya, Diazens.

2 dari 6 halaman

Cara Cek HP Samsung © Diadona

Manfaatkan LCD Test

Fitur LCD Test milik Samsung juga bisa kamu gunakan untuk mengecek keaslian HP Samsung loh Diazens. Caranya juga mudah banget kok, langsung saja ketikkan  *#0*# dan melakukan panggilan. Tunggu beberapa detik sampai layar menampilkan tes LCD.

Kemudian, kamu bisa melihat keterangan getaran, suara, layar sentuh, kamera, hingga spesifikasi lainnya. Nah, jika HP tersebut barang palsu maka semua informasi tersebut tidak akan ditampilkan sama sekali. Jika menemui kasus yang seperti ini mending nggak usah kamu beli aja barangnya.

Aplikasi CPU Z

Selain menggunakan beberapa kode rahasia Samsung, kamu juga bisa menggunakan aplikasi khusus untuk mengecek HP Samsung asli atau tidak. Salah satu aplikasi yang paling recommended adalah CPU Z. Jadi, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi dan kemudian menjalankannya.

Nantinya, CPU Z akan menampilkan semua spesifikasi dalam HP, mulai dari model, seri, hingga pengaturan lengkapnya. Jika semua informasi telah dilihat dan dicocokkan serta sesuai dengan apa yang tertera, bisa dipastikan produk tersebut asli.

3 dari 6 halaman

Samsung Kies

Selanjutnya untuk cara cek HP Samsung kamu bisa Samsung Kies. Ini adalah software resmi dari Samsung untuk menghubungkan smartphone/tablet Samsung ke komputer. Caranya gimana? begini nih~

  • Pastikan Samsung Kies sudah terinstal di komputer.

  • Jika belum, silakan unduh Samsung Kies di sini

  • Selanjutnya, hubungkan HP Samsung kamu ke komputer dengan menggunakan kabel data.

  • Nah, apabila Samsung Kies bisa mendeteksi dan terkoneksi dengan smartphone Samsung milikmu, maka bisa dipastikan itu adalah Samsung asli.

  • Sebaliknya, bila Samsung Kies tidak bisa membaca ponsel Samsung kamu, maka besar kemungkinan HP Samsung kamu adalah smartphone palsu.

4 dari 6 halaman

Cek Kualitas Kamera

Lalu untuk cara cek HP Samsung yang selanjutnya adalah dengan mengecek kualitas kamera. Ponsel Samsung asli biasanya memiliki kualitas kamera yang tinggi, apalagi jika smartphone yang kamu beli termasuk jenis terbaru. Hasil jepretan kamera Samsung juga memiliki detail yang tajam dan jernih.

Nah, jika ponsel tersebut palsu, hasil foto yang kamu dapatkan akan lebih buram dan tidak jernih. Selain itu, kamu juga bisa mengecek fitur zoom jauh. Biasanya produk palsu hanya bisa melakukan zoom jauh sebanyak satu atau dua kali saja dan hasilnya juga akan pecah dan beresolusi rendah.

Tampilan Casing

Cara terakhir adalah dengan melihat casing atau tampilan luar dari ponsel tersebut. Namun, ini memang butuh ketelitian. Biasanya produk palsu akan cenderung lebih jelek dalam beberapa bagian dan kualitasnya bahan yang digunakan pun jelek. 

Biasanya yang bisa kamu buat patokan adalah, ketika versi asli maka layar tampak penuh dari atas sampai bawah sehingga menyisakan bezel yang tipis di bagian atas dan bawah. Berbeda dengan versi palsunya yang layarnya tidak benar-benar penuh dan menyisakan garis hitam sehingga membuat bezel atas dan bawah menjadi lebih lebar.

5 dari 6 halaman

Kode Cek HP Samsung

Kode Cek HP Samsung ini adalah cara cepat atau jalan pintas yang bisa kamu manfaatkan untuk banyak hal. Berikut ini untuk beberapa kode cek HP Samsung yang bisa kamu manfaatkan ya, Diazens.

  • Cek Layar HP (#0#): Kode ini dapat digunakan untuk mengecek kondisi layar HP Samsung, seperti touchscreen, sensor proximity, magnetic, fingerprint, accelerometer, dan barometer. Untuk mengecek layar Samsung, Anda bisa menggunakan kode cek layar HP Samsung dengan nomor dial #0#.
  • Cek Tipe HP Samsung (*#1234#): Kode ini dapat digunakan untuk mengecek tipe sistem HP Samsung, dan juga versi firmware yang sedang digunakan. Untuk mengecek tipe HP Samsung, Anda bisa menggunakan kode cek HP Samsung dengan nomor dial *#1234#.
  • Kode Cek IMEI HP Samsung (*#06#): Kode ini dapat digunakan untuk menampilkan IMEI dan Serial Number di Handphone Samsung. Untuk menampilkan IMEI dan Serial Number di Handphone Samsung, Anda bisa memasukkan kode atau nomor dial *#06#.
  • Cek Hardware HP (*#0228#): Kode ini dapat digunakan untuk mengecek status baterai di HP Samsung.
  • Cek Informasi WIFI (*#1111#): Kode ini dapat digunakan untuk mengecek informasi WIFI pada HP Samsung.
  • Reset HP Samsung Jadul (27673855#): Kode ini dapat digunakan untuk mereset HP Samsung jadul.
  • Cek Jaringan (*#0011#): Kode ini dapat digunakan untuk mengecek informasi jaringan pada HP Samsung.
  • Cek Informasi Baterai HP (*#0228#): Kode ini dapat digunakan untuk mengecek status baterai di HP Samsung.
  • Cek Informasi Jaringan (*#0011#): Kode ini dapat digunakan untuk mengecek informasi jaringan pada HP Samsung.
  • Cek Informasi WIFI (*#1111#): Kode ini dapat digunakan untuk mengecek informasi WIFI pada HP Samsung.
  • Cek Versi Firmware (*#1234#): Kode ini dapat digunakan untuk mengecek tipe sistem HP Samsung, dan juga versi firmware yang sedang digunakan.
  • Reset HP Samsung Jadul (27673855#): Kode ini dapat digunakan untuk mereset HP Samsung jadul.

6 dari 6 halaman

Berikut untuk detail lengkap lainnya ya:

Kode Cek HP SamsungFungsi Kode
*#8999*778# Mengecek kartu SIM
*#8999*837# Mengecek spesifikasi hardware Samsung
*#8999*782# Menampilkan jam dan tanggal
*#9998*523# Mengatur kecerahan layar
*#8999*289# Mengecek ringtone atau nada dering
#*2286# Mengecek pemakaian daya baterai
*#8999*638# Melihat informasi jaringan
#*2562# Restart HP Samsung
*#2255# Melihat daftar nomor telepon
*#0000# Reset bahasa
*2767*226372# Mengembalikan pengaturan kamera menjadi default
*2767*2878# Custom reset
#*5376# Menghapus semua pesan
*#232337# Mengetahui MAC address bluetooth
*#92782# Mengecek seri dan jenis smartphone
#*2474# Mengetahui kecepatan pengisian baterai
*#*#197328640#*# Membuka Service Mode
*#0001# Melihat serial number
*#8999*636# Mengetahui kapasitas memori internal
*#8999*377# Melihat log error
*#*#1472365#*#* Mengecek kinerja GPS
*#*0842#*#* Mengecek sensor getar
*#*#0588#*#* Mengecek sensor proximity
*#*#2663#*#* Mengecek versi layar HP Samsung
*#*#3264#*#* Melihat versi dan kapasitas RAM
*#*#273283*255*663282*#*#* Backup file
*#*#34971539#*#* Melihat informasi kamera
*#*#8351#*#* Mengaktifkan mode Voice Dialing Logging
*#*#8350#*#* Menonaktifkan mode Voice Dialing Logging

Jadi itu ya Diaens beberapa cara cek HP Samsung asli atau tidaknya. So, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya Diazens!

Beri Komentar