Cara Membuat Drone Sederhana dengan Mudah dan Biaya Paling Murah, Ini Komponennya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 25 September 2020 07:16
Cara Membuat Drone Sederhana dengan Mudah dan Biaya Paling Murah, Ini Komponennya
Inilah cara membuat drone sendiri dengan mudah dan sederhana.

Berkembangnya tekonologi jaman sekarang, tentu membuat semua benda difungsikan serba digital. Bahkan, anak-anak sekolah pun sudah mampu merancang sebuah benda yang bisa terbang dan dapat di kendalikan dari jarak jauh. Apa itu? Yaps, drone namanya.

Pada umunya, cara membuat drone bisa dilakukan siapa saja dengan mudah dan biaya paling murah. Hanya saja dalam pembuatan pesawat kamera yang dikendalikan oleh remote control ini sangat berhati-hati dan ketelitian yang ekstra.

Nah, kalau kamu tertarik untuk mengetahui langkah cara membuat drone, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Drone Sederhana

Cara Membuat Drone © Diadona

Seperti yang diketahui, drone merupakan sebuah pesawat tanpa awak yang bisa terbang dengan di kendalikan melalui remote control. Fungsi dari drone sendiri salah satunya ialah untuk membuat sebuah video ataupun foto.

Sehingga wajar saja jika alat canggih yang satu ini kalau dijual harganya bisa mencapai puluhan juta. Nah, daripada kamu membelinya, alangkah baiknya kalau belajar cara membuat drone sederhana di rumah. Penasaran? Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Alat dan Bahan-Bahan yang Diperlukan dalam Cara Membuat Drone:

- Frame: Komponen ini merupakan bagian kerangka drone yang bisa kamu buat sendiri dengan memanfaatkan barang-barang bekas seperti ember, carbn fiber bekas. ayaupun aluminium ringan bekas plat nomor kendaraan.

- Motor: Dinamo atau motor pada drone ialah salah satu bagian alat dan bahan yang sangat penting dalam cara membuat drone dan mengetahui fungsinya. Pada alat ini rerdapat 2 jenis motor dalam drone yaitu tipe brushless dan tipe brushed, untuk tipe brushless memiliki medan magnet atau koil yang berada di tengah dengan kumparan kawat yang lebih banyak.

- ESC / Electronic Speed Control: Kegunaan dari ESC ialah untuk menghantarkan arus listrik dari PDB ke 3 magnet yang ada di motor brushless. Sehinggam kecepatan dari dinamo bisa diatur saat menerbangkan drone tersebut.

- Flight Controller Drone: Komponen Flight Controller atau bisa di singkat FC merupakan otak dari sebuah drone. Sehingga, kalau tidak ada FC dalam mempraktikkan cara membuat drone, maka drone buatanmu tidak bisa terbang.

- Power Distribution Board: Power Distribution Board atau PDB, biasanya sangat sering digunakan dalam cara membuat drone rakitan berjenis race. Sebab, PDB sangat membantu untuk menghubungkan Flight Controller pada ESC dan baterai lipo agar bisa menjadi rangkaian listrik yang sempurna dan membuat drone bisa terbang.

- Konektor: Konektor atau kabel memang hal yang kelihatannya sepele, namun paling tidak kamu bisa membeli beberapa kabel konektor berwarna hitam ataupun putih, dan membeli beberapa plug-in power yang diperlukan.

- Propeller Drone: Propeller adalah baling-baling pada drone yang membuat drone memiliki daya angkat. Namun yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli propeller ialah ukurannya. Sebab, bentuk propeller sendiri terdapat dua jenis, yakni propeller 3 daun dan 2 daun.

- Remote Control / Transmitter Drone: Komponen yang paling penting dalam cara membuat drone sendri yaitu remot control atau Transmitter. Sebab tanpa remot control, kamu tidak bisa mengendalikan drone.

- Baterai Lipo / Charger: Baterai Lipo adalah sumber tenaga utama dari cara membuat drone. Fungsinya ialah untuk memberikan aliran listrik pada drone agar drone mampu terbang.

- Kamera FPV Set: Kebutuhan kamera pada drone tentunya sangat diperlukan sekali, terutama kalau sudah mendukung FPV atau First Person View. Komponen FPV set terdiri dari kamera yang sudah mendukung FPV 5.8 Ghz.

Selain itu, tahap yang tak boleh terlewat dalam cara membuat drone yaitu kamu juga wajib membeli komponen VTX atau Video Transmitter dan monitor atau googles supaya kamu bisa melihat secara live video yang ditangkap dari drone tersebut.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat:

Cara Membuat Drone © Diadona

1. Langkah pertama cara membuat drone sederhana yaitu siapkan frame drone yang sidah dibuat dan dirakit dari barang-barang bekas.

2. Setelah itu, letakakan PDB pada bagian tengah frame drone dengan pelan-pelan karena biasanya baut untuk mengunci PDB pada frame drone mudah doll. Selanjutnya membeirkan timah pada setiap plat putih di PDB pertanda positif atapun negatif.

3. Cara membuat drone dari barang bekas ialah memasang motor dengan ESC di Arm Frame, jangan sampai salah saat memasang motor drone yang CW dan juga CCW ya. Perhatikan juga, apakah CW atau CCW saat dipasang searah jarum jam, sedangkan CCW ialah Counter Clock Wise yang melawan jarum jam.

4.  Ada sebagian ESC yang harus kamu hubungkan dengan solder, supaya motor drone bisa tersambung. Ada juga ESC yang tidak perlu di solder, dimana sudah ada slot colokan yang tinggal pasanga saja.

Pastinya yang wajib kamu lakukan dalam cara membuat drone sederhana ialah menghubungkan kabel ESC positif maupun negatif, pada PDB yang sudah kamu pasang sebelumnya.

5. Proses selanjutnya dari cara membuat drone yaitu memasang kabel power untuk menghubungkan baterainya. Namun pastikan kabel positif dengan negatif, serta konektor T ataupun banan plug jangan sampai terbalik.

6. Setelah itu, kamu bisa memulai memasang FC atau Flight Controller yang biasanya dipasang pada bagian tengah drone. Hal ini bertujuan supaya sensor berada tepat di titik center dan jika FC ditempatkan di bagian tengah, maka drone akan terbang dengan stabil.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Drone © Diadona

7. Tahap berikutnya dalam cara membuat drone sederhana adalah menghubungkan kabel ESC motor di Flight Controller. Biasanya sesuai urutan seperti ini:

- Kabel no 1 ialah Motor yang CW
- Kabel no 2 ialah Motor yang CCW
- Kabel no 3 ialah Motor yang CCW
- Kabel no 4 ialah Motor yang CW

8. Kalau sudah, hubungkan juga TX Reciver remot control yang kamu miliki pada flight controller drone punyamu. Biasanya slot kabel untuk TX Reciver bertuliskan Channel ataupun CH, kamu bisa memasang sesuai urutan channel 1 sampai 6.

9. Cara membuat drone sederhana berikutnya adalah memasang kamera FPV pada drone. Dalam hal ini bisa berupa kamera mini atau action cam, yang terpenting yaitu kabel power dari kamera FPV bisa kamu buatkan dan menempel pada kabel power baterai lipo yang telah dibuat sebelumnya.

10. Agar kamera FPV bisa terhubung dengan googles ataupun monitor, maka yang kamu perlukan ialah memasang VTX atau video transmitter yang menggunakan jariangn 5,8 Ghz. Kemudian, atur channel yang sama pada VTK kamera dan output video FPV.

11. Saat drone sudah terhubung dengan baik, maka tahapan selanjutnya cara membuat drone dari barang bekas yaitu melakukan tunning pada drone. Pada tahapan ini kamu bisa menggunakan softwere Beta Flight atau Clean Flight tergantung jenis Flight Controller yang kamu pasang pada drone.

Itulah cara membuat drone sendiri dirumah dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Dengan begitu kamu bisa lebih hemat untuk anggaran perbulan. Semoga berhasil!

Beri Komentar