Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak dan Tidak Terbaca dengan Mudah

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 2 September 2020 10:11
Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak dan Tidak Terbaca dengan Mudah
Punya flashdisk tapi rusak? Begini cara memperbaiki flashdisk agar bisa difungsikan kembali.

Seperti yang diketahui, flashdisk merupakan benda berukuran kecil yang sangat berguna di era teknologi seperti sekarang ini. Pasalnya, dengan benda ini kamu bisa menyimpan segala dokumen dari berbagai format dan ukuran.

Namun, meskipun teknologinya semakin canggih, seringkali flashdisk yang kamu punya mengalami berbagai masalah. Mulai dari masalah corrupt, tidak bisa terbaca di komputer, lalu terjatuh ke air yang mengakibatkan rusak.

Untuk itu, Diadona.id akan memberikan ulasan bagaimana cara memperbaiki flashdisk dengan mudah, yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Flashdisk © Diadona

Saat ini, flashdisk menjadi kebutuhan yang sangat populer, terelbih bagi para pelajar, mahasiswa, hingga pegawai kantoran. Pasalnya, meski memiliki ukuran yang kecil, namun flashdisk mampu menyimpan dokumen dengan kapasitas hingga 512 gigabyte, lho!

Namun, bagaimana kalau tiba-tiba flashdisk yang kamu miliki rusak atau tidak terbaca? Tidak usah khawatir, berikut cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Install Ulang Driver USB

Cara memperbaiki flashdisk pertama ialah dengan menginstal ulang driver USB. Dalam menginstal ulang driver USB ini, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

- Pertama-tama, hubungkan flashdisk yang tidak terbaca dengan PC atau laptop lalu buka menu Control Panel, kemudian lanjutkan ke pilihan Hardware and Sound.

- Cara memperbaiki flashdisk yang rusak selanjutnya ialah kamu bisa membuka Device Manager dan cari Universal Serial Bus Controller. Buka menu dropdown dan cari perangkat USB Mass Storage Device yang diberi tanda peringatan berwarna kuning.

- Kemudian, kamu bisa klik kanan dan pilih opsi Uninstall. Setelah semua cara memperbaiki flashdisk ini dilakukan, kamu bisa mencabut dan mencolokkan kembali Flashdisk atau me-restart PC yang kamu pakai.

2 dari 3 halaman

2. Perbaiki Flashdisk dengan Write Protected

Cara Memperbaiki Flashdisk © Diadona

Selain menginstal ulang driver UBS, cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca selanjutnya adalah dengan write protected yang memerlukan command prompt atau CMD.

- Langkah pertama cara memperbaiki flashdisk ialah buka Command Prompt atau dengan klik kanan pada logo Windows dan pilih aplikasi ini. lalu ketik perintah diskpart dan tekan tombol Enter. Maka jendela baru akan muncul

- Selanjutnya ketik list disk untuk melihat daftar media penyimpanan yang tersedia. Kemudian kamu bisa memilih dengan perintah select disk 2, namun hal ini tergantung posisi flashdisk pada nomor berapa di komputer yang kamu gunakan.

- Cara memperbaiki flashdisk berikutnya ialah kamu bisa mengetikkan perintah attributes disk clear readonly > clean > create partition primary, dan terkahir ketik perintah format fs=fat32 (fat32 bisa juga kamu ubah ntfs), lalu ketik exit.

3 dari 3 halaman

3. Memperbaiki Menggunakan HDD Low Level Format

Cara Memperbaiki Flashdisk © Diadona

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak, kamu bisa menggunakan tools HDD Low Level Format. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

- Pertama, tancapan flashdisk pada PC atau laptop, kemudian download software bernama HDDGURU Low Level Format.

- Install program tersebut lalu Klik kanan dan pilih “ Run As Administrator”, lalu pilih USB kemudian klik opsi Continue.

- Setelah proses cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini selesai kamu lakukan, selanjutnya kamu bisa format ulang flashdisk dengan cara format seperti biasanya.

4. Gunakan Computer Management

Apabila ketiga langkah sebelumnya belum memberikan hasil sebagai cara memperbaiki flashdisk, kamu bisa menggunakan aplikasi computer management sebagai langkah berikutnya.

Caranya, buka kolom pencarian dan ketik " computer management" , lalu tekan enter. Kemudian pilih Disk Management, dan klik kanan pada nama flashdiskmu lalu pilih Change Drive Letter and Paths.

Setelah klik Change, akan muncul pilihan baru Assign the following drive letter dan pilih huruf yang tertera pada menu dropdown sebelah kanan, lalu klik ok.

Selanjutnya klik kanan lagi pada nama flashdisk dan klik format. Namun risikonya isi flashdisk menjadi bersih dan kosong dari data sebelumnya.

Itulah beberapa cara memperbaiki flashdisk yang rusak dan tidak terbaca. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar