7 Cara Ampuh Hemat Baterai HP saat Main Game

Reporter : Yoyok
Sabtu, 13 April 2024 14:28
7 Cara Ampuh Hemat Baterai HP saat Main Game
Salah satunya yaitu jangan main game di lokasi yang susah sinyal.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam menghemat baterai HP saat main game. Seperti yang kalian semua tahu, game HP sering kali menjadi penyelamat kita dalam membunuh kebosanan. Game HP saat membantu ketika kita sedang menunggu, mengusir rasa bosan, atau seru-seruan bersama teman.

Namun, bermain game di HP juga membutuhkan daya baterai yang cukup ekstra lho. Tidak jarang ketika sedang bermain game, ada notifikasi yang menunjukkan bahwa bateraimu mau habis. Ujung-ujungnya kamu bakal memakai powerbank atau mencari colokan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menghemat baterai HP saat bermain game. Yuk disimak guys.

1 dari 4 halaman

Clear Cache

Cara hemat baterai HP saat main game yang pertama yaitu denfgan rajhin membersihkan cache. Cache merupakan proses penyimpanan sementara data untuk mengurangi proses loading atau muat suatu website atau aplikasi. Tidak jarang cache bisa sangat menumpuk di memori dan efeknya bisa bikin HP lemot dan baterainya cepat habis.

Maka dari itu, rajin-rajinlah untuk clear atau membersihkan cache yang ada di HP. Cara ini tidak hanya efektif untuk bermain game, namun juga aktivitas lainnya.

Cara Hemat Baterai saat Main Game © Diadona© shutterstock.com/scorpeow

Turn Off Aplikasi Bawaan

Setiap HP pastinya memiliki aplikasi bawaan dari merek atau produsen. Nyatanya, banyak aplikasi dari produsen tersebut yang tidak berguna alias ujung-ujungnya tidak terpakai. Kalau sudah begini, nantinya aplikasi tersebut cuma bikin baterai HP terkuras.

Menghapus atau mematikan aplikasi bawaan bisa menjadi cara ampuh dalam menghemat baterai HP saat main game. Jadinya HP kamu hanya fokus untuk bekerja pada aplikasi yang berguna dan sering kamu pakai.

2 dari 4 halaman

Mengatur Brightness

Pengaturan cahaya atau brightness memiliki kontribusi dalam menghabiskan daya baterai lho. Pengaturan brightness yang terlalu tinggi bisa bikin baterai boros.

Maka dari itu, saat main game, turunkan tingkat brightness pada layar HP. Selain tidak bikin boros, cara satu ini juga efektif bikin HP tidak cepat panas.

Cara Hemat Baterai saat Main Game © Diadona© shutterstock.com

Matikan Bluetooth dan GPS

Cara selanjutnya dalam menhghemat baterai HP saat main game yaitu mematikan GPS dan bluetooth. Bluetooth berfungsi untuk terkoneksi dengan perangkat lain secara wireless, dan GPS berguna ketika kamu menggunakan penunjuk arah atau peta.

Dua fitur tersebut cukup menguras baterai ketika diaktifkan. Selain itu, dua fitur itu juga tidak berguna ketika kamu bermain game. Maka dari itu, lebih baik matikan saja dua fitur tersebut saat kamu bermain game.

3 dari 4 halaman

Game Grafis Bagus Butuh Daya Baterai Lebih Banyak

Ada banyak game yang bisa kamu mainkan di HP. Mulai dari game simple seperti Onet, hingga game online dengan grafis yang ciamik. Game dengan grafis yang ciamik membutuhkan daya baterai yang lebih banyak.

Ketika sedang bosan atau lagi menunggu, tidak ada salahnya bermain game dengan grafis yang lebih rendah. Selain akan menghemat baterai, game grafis erendah juga seru dimainkan saat membunuh kebosanan.

Cara Hemat Baterai saat Main Game © Diadona© shutterstock.com/Rezmita Anggriani

Update Aplikasi Game

Cara berikutnya yang bisa menghemat baterai HP saat main game yaitu dengan update aplikasi game. Baterai HP bisa boros ketika kamu menggunakan aplikasi yang sudah usang atau lama tidak update. Update aplikasi biasanya akan memperbaiki dan menghilangkan bug-bug, sehingga lebih efektif saat digunakan.

Maka dari itu, melakukan update pada game juga bisa menjadi cara untuk menhghemat baterai HP lho. Tidak hanya bikin hemat, biasanya ketika game di-update akan ada fitur-fitur baru yang bisa bikin kamu puas saat bermain.

4 dari 4 halaman

Jangan Main Game Online di Lokasi Susah Sinyal

Game online di HP tentunya membutuhkan sinyal untuk bermain. Game seperti ini tidak akan bisa dimainkan ketika di lokasimu tidak ada sinyal. Jika kamu memaksa bermain di lokasi yang susah dsinyal, maka baterai HP akan lebih cepat terkuras.

Maka dari itu, lebih baik bermain game online di lokasi yang memang ada sinyal. Jika kamu ingin bermain di lokasi yang susah sinyal, hindari untuk bermain game online agar baterai tetap awet.

Cara Hemat Baterai saat Main Game © Diadona© shutterstock.com

Itulah beberapa cara menghemat baterai HP saat bermain game yang bisa kamu lakukan. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar