8 Cara Ampuh Agar Baterai HP Tetap Awet saat Mudik Lebaran

Reporter : Yoyok
Sabtu, 6 April 2024 14:39
8 Cara Ampuh Agar Baterai HP Tetap Awet saat Mudik Lebaran
Kalau HP awet selama perjalanan mudik, ayto gak mati gaya deh.

Ada banyak cara efetif agar baterai HP awet saat mudik lebaran. Di musim lebaran seperti ini, pasti banyak dari kalian yang pulang kampung atau di bulan puasa seperti ini istilahnya menjadi mudik. Mungkin ada dari kalian yang mudiknya tidak membutuhkan waktu lama, seperti 1-2 jam perjalanan.

Namun, tentu banyak di luar sana yang mudik yang menghabiskan waktu sampai berjam-jam bahkan berhari-hari selama perjalanan. Maka dari itu, peranan HP sangat penting di momen seperti itu.

HP bisa menjadi pembunuh kebosanan selama perjalanan mudik. Kamu bisa bermain game, chattingan, scroll-scroll medsos, dan masih banyak lagi untuk membunuh kebosanan selama perjalanan. Namun ada satu masalah dalam hal ini yaitu baterai HP.

Baterai HP tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Namun ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar baterai HP tetap awet selama perjalanan. Berikut ini adalah beberapa cara ampuh agar baterai HP awet saat mudik lebaran yang bisa kamu coba lakukan.

1 dari 4 halaman

Mode Hemat Daya

Cara pertama agar baterai HP awet saat mudik lebaran yaitu dengan mengaktifkan mode hemat daya atau Power Saving Mode. Mode satu ini diciptakan untuk menghemat daya baterai HP. Ketika diaktifkan, HP akan secara otomatis menurunkan performanya agar penggunaan daya baterai tidak berlebihan.

Cara Agar Baterai HP Awet saat Mudik Lebaran © Diadona© shutterstock.com/HakanGider

Airplane Mode

Airplane Mode atau mode pesawat bisa menjadi cara selanjutnya agar baterai HP tetap awet saat mudik lebaran. Airplane Mode akan secara otomatis mematikan sinyal, wifi, berbagai konektivitas, agar tidak terkoneksi terhadap perangkat apapun. Mode ini sebenarnya diperuntukkan saat berada di dalam pesawat yang memang dilarang untuk mengaktifkan HP.

2 dari 4 halaman

Atur Brightness

Menurunkan tingkat kecerahan atau brightness bisa menjadi cara agar baterai HP awet saat mudik lebaran. Dengan menurunkan tingkat kecerahan, penggunaan daya pada baterai jadi berkurang. Namun, efeknya layar HP jadi sedikit lebih gelap.

Cara Agar Baterai HP Awet saat Mudik Lebaran © Diadona© shutterstock.com/tomeqs

Matikan Bluetooth

Bluetooth bisa banget bikin baterai HP jadi boros lho. Fitur satu ini memang sangat berguna untuk terhubungan dengan perangkat speaker atau TWS yang bersifat wireless. Namun, kalau sedang tidak digunakan, sebaiknya dimatikan. Mematikan bluetooth pun bisa menjadi cara ampuh agar baterai HP tetap awet saat mudik lebaran.

3 dari 4 halaman

Matikan GPS

Sama halnya dengan bluetooth, GPS juga bisa banget jadi fitur yang bikin baterai HP boros. GPS memang berfungsi untuk menentukan lokasi kita di peta. Fitur ini terkadang sangat berguna ketika kita melakukan perjalanan darat dengan kendaraan sendiri. Namun, jika kamu mudik dengan transportasi umum, fitur GPS jhadi tidak terlalu bermanfaat jadi sebaiknya dimatikan saja.

Cara Agar Baterai HP Awet saat Mudik Lebaran © Diadona© shutterstock.com/Sichon

Dark Mode

Mengaktifkan Dark Mode akan sangat efektif dalam menghemat daya HP yang menggunakan layar AMOLED. Dark Mode akan membuat tampilan background jadi hitam atau gelap yang berpengaruh pada kesehatan mata. Semakin banyak piksel hitam yang digunakan, maka penggunaan daya baterai HP semakin sedikit. Jadinya, Dark Mode pun sangat efektif menjadi cara agar baterai HP awet saat mudik lebaran.

4 dari 4 halaman

Minimalisir Penggunaan Kamera

Selama mudik, tentunya banyak yang akan menggunakan fitur kamera untuk mengabadikan momen perjalanan. Namun, fitur kamera juga menguras baterai HP lho. Meminimalisir penggunaan kamera bisa menjadi cara agar baterai HP awet saat mudik lebaran.

Cara Agar Baterai HP Awet saat Mudik Lebaran © Diadona© shutterstock.com/Kingmaya Studio

Close Aplikasi yang Tidak Penting

Beberapa aplikasi di HP bisa berjalan berbarengan tanpa kamu sadari. Hal ini yang bisa bikin baterai HP cepat boros. Maka dari itu, kamu perlu tutup atau close aplikasi yang sedang tidak ingin digunakan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar baterai HP awet saat mudik lebaran. Selamat mudik ya Diazens.

Beri Komentar