Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP yang Benar, Mudah, dan Cepat

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 11 Agustus 2020 09:26
Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP yang Benar, Mudah, dan Cepat
Kira-kira kamu sudah mengetahui cara cek tagihan listrik PLN secara online belum, ya?

Saat ini hampir semua urusan bisa dilakukan secara online. Mulai dari pembayaran pajak, hingga cek tagihan listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun juga bisa kamu lakukan secara online.

Bahkan, cara cek tagihan listrik ini secara online ini kamu lakukan mulai dari SMS, telepon dan aplikasi lho. Dengan begitu, buat kamu yang memiliki kesibukan serta rutinitas yang padat hal ini akan mempermudah dan mengurangi adanya denda sebagai keterelambatan pembayaran.

Oleh karena itu, berikut cara cek tagihan listrik lewat HP yang benar dan cepat, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Cek Tagihan Listrik Online

Cara Cek Tagihan Listrik © Diadona

Cara cek tagihan listrik yang bisa dilakukan secara online memang memberikan banyak kemudahan bagi pelanggan. Salah satunya ialah bisa menghemat waktu.

Pasalnya, kamu tidak perlu melakukan berbagai prosedur seperti pada saat cek tagihan listrik secara manual seperti via telepon pada nomor yang bersangkutan untuk mendapatkan tagihan secara lengkap dan jelas.

Adapun beberapa cara cek tagihan listrik online yang perlu kamu pahami, berikut diantaranya:

1. Melalui Website

- Langkah pertama, pilih navigasi Cek Tagihan Listrik PLN pada bagian kiri halaman.
- Cara cek tagihan listrik selanjutnya ialah masukkan ID pelanggan PLN pada kolom yang disediakan, lalu masukkan kode captcha untuk verifikasi.
- Selanjutnya klik Cek Tagihan.
- Taraa! Tagihan listrikmu akan muncul beserta status pembayaran, apakah sudah membayar atau belum.

2. Aplikasi

Tidak hanya melalui website, PLN juga menyediakan aplikasi mobile yang bisa di download secara gratis pada Google Play atau App Store sebagai salah satu cara cek tagihan listrik online.

Selain itu, kelebihan pada pada aplikasi ini kamu juga bisa memanfaatkan fitur komunikasi dengan pusat pelayanan PLN 123.

Berikut ini cara cek tagihan listrik melalui aplikasi ini:

- Langkah pertama cara cek tagihan listrik melalui aplikasi adalah pilih menu Informasi pada tab menu.
- Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
- Masukan ID pelanggan atau nomor meteran kamu, laliu klik Cari.
- Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik serta besaran nominalnya.

2 dari 4 halaman

Cara Cek Tagihan Listrik © Diadona

3. Langganan Email Resmi PLN

Cara cek tagihan listrik juga bisa kamu dapatkan melalui pesan elektronik email, lho! Pesan tersebut akan kamu dapatkan berupa e-billing resmi dari PT PLN. Tapi kamu harus terdaftar terlebih dahulu dalam sistem.

Lalu bagaimana cara daftarnya? Kamu tinggal menghubungi customer service PLN123 atau langsung melalui email ke alamat pln123@pln.co.id. Gampang kan?

3 dari 4 halaman

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP

Cara Cek Tagihan Listrik © Diadona

Saat ini, banyak rumah tangga yang memutuskan untuk menggunakan fasilitas listrik prabayar, dimana pelanggan bisa mengatur pemakaian listriknya sesuai dengan budget.

Tapi, sebagian rumah tangga juga memiliki listrik pascabayar dimana layanan listrik yang tagihannya per bulan, dan pembayaran dilakukan setelah pemakaian. Tentu saja hal ini membuatmu sama sekali tidak tahu berapa jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Nggak usah khawatir, sebab cara cek tagihan listrik sekarang bisa kamu lakukan melalui online atau HP. Dengan begitu, kamu tidak usah menunggu petugas listrik datang untuk melihat meteran listrik di rumah.

Lalu, bagaiaman caranya? Cara cek tagihan lisrik lewat HP bisa kamu lakukan dengan menggunakan layanan telepon. Kamu bisa menghubungi PLN untuk cek tagihan listrik yaitu di nomor 123.

Tapi, kalau kamu menelpon dari ponsel, maka formatnya adalah (kode area)123. Contohnya, kalau kamu di Malang maka formatnya ialah 0341-123.

Kalau sudah tersambung, kamu tinggal ikuti petunjuk dari operator. Sayangnya, untuk melakukan panggilan ke call centre PLN, dikenakan tarif telepon normal. Tapi menariknya kamu bisa lakukan pengecekan ini kapanpun karena call centre PLN siap sedia 24 jam.

4 dari 4 halaman

Cara Cek Tagihan Listrik Via SMS

Cara Cek Tagihan Listrik © Diadona

Selain lewat telepon, kamu juga bisa cek tagihan listrik via SMS. Tapi, ada dua pilihan yang bisa digunakan untuk cara ini.

Pertama cek tagihan listrik pada kurun waktu 1 bulan, sedangkan yang kedua cek tagihan secara continue. Artinya, kamu akan berlangganan setiap bulannya untuk mendapat informasi tagihan listrik. Singkatnya caranya ialah sebagai berikut.

1. Cara Cek Tagihan Listrik per Bulan:

- Kirim sms dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, REK 8990987689 kirim ke 8123.

2. Cara Berlangganan Pemberitahuan Informasi Tagihan Listrik:

- Kirim sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN ON 987323847361 kirim ke 8123.

3. Cara Berhenti Berlangganan Pemberitahuan Informasi Tagihan Listrik:

- Selain mendaftar, kamu juga bisa berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan listrik, kok. Caranya pun gampang, yakni kirim sms dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123.

Perlu diingat, untuk menikmati fasilitas cek tagihan listrik lewat sms maka kamu dikenakan biaya sebesar Rp500 (belum termasuk ppn 10%) per sms.

Itulah cara cek tagihan listrik online lewat HP yang mudah dan benar. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar