Cara Mengisi Pulsa Listrik yang Benar dan Praktis Hanya Lewat HP atau Secara Elektrik

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 3 Agustus 2020 11:18
Cara Mengisi Pulsa Listrik yang Benar dan Praktis Hanya Lewat HP atau Secara Elektrik
Selain melalui PLN, ternyata cara mengisi pulsa listrik lewat HP jadi alternatif yang mudah dan efektif lho.

Nggak bisa dipungkiri kalau listrik menjadi salah satu kebutuhan primer manusia, apalagi dengan berkembangnya teknologi modern saat ini membuat semua alat bayar menggunakan digital. Salah satunya ialah penggunan layanan listrik prabayar.

Namun, hal ini masih saja membuat sebagian orang merasa bingung saat melakukan pengisian ulang pulsa listrik, padahal cara mengisi pulsa listrik sama saja dengan mengisi pulsa pada kartu provider.

Nah, supaya kamu lebih paham bagaimana cara mengisi pulsa listrik dengan cepat dan benar, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telag dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Mengisi Pulsa Listrik Lewat Hp

Cara Mengisi Pulsa Listrik © Diadona

Seperti yang diketahui, PLN Indonesia membuat trobosan baru dengan listrik prabayar, yaitu layanan penggunaan listrik yang bisa dinikmati masyarakat dengan cara mengisi pulsa listrik isi ulang.

Pulsa listrik tersebut tersedia mulai dari 20.000 rupiah sampai 1 juta rupiah. Selain itu, pulsa listrik juga bisa dibeli melalui ATM Bank, Internet Banking, ataupun SMS Banking.

Dengan begitu, berikut cara mengisi pulsa listrik lewat hp yang benar, diantaranya:

1. Langkah pertama untuk mengisi pulsa listrik melalui HP ialah kamu bisa mendownload aplikasi BebasBayar di App Store atau Google Play.

2. Setelah itu kamu bisa login terlebih dahulu, dan klik menu PLN. Kalau sudah, pilih PLN Prabayar dan masukkan nomor pelanggan serta pilih nominal token sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Kemudian klik Lanjutkan dan pastikan nama serta nominal pulsa listrik sesuai, lalu pilih Bayar. Setelah pembayaran selesai, kamu akan mendapatkan 20 digit kode angka untuk dimasukkan ke alat Meter Prabayar (MBP), dan klik " Accept" atau " Benar" . Selesai.

2 dari 4 halaman

Cara Mengisi Pulsa Listrik yang Sudah Mati

Cara Mengisi Pulsa Listrik © Diadona

Meski Pemerintah saat ini sudah membuat trobosan baru dengan adanya pulsa listrik, namun masih saja sebagian orang belum paham bagaimana cara mengisi pulsa listrik, apalagi kalau sudah keadaan mati.

Tapi tenang saja, kamu nggak perlu khawatir sebab cara mengisi pulsa listrik yang sudah mati itu sama saja dengan langkah-langkah yang sudah kamu baca diatas, yakni:

1. Masukkan kode angka pengisisan token 20 digit yang sudah beli, lalu masukkan meterannya. Setelah itu, pencet tombol Merah yang berada di bawah sebelah kanan.

2. Namun, sebelum pencet tombol tersebut, pastikan kode angka pengisian tersebut sudah benar ya, guys. Kalau sudah, kamu bisa pencet tombol tersebut dan listrik kembali menyala.

Perlu dicatat, sebisa mungkin jangan sampai pulsa listrik habis pada saat tengah malam ya. Sebab, pengisian token ke meteran ada batasan jamnya, antara pukul 23.00 WIB sampai 01.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Cara Mengisi Pulsa Listrik Gratis

Cara Mengisi Pulsa Listrik © Diadona

Seperti yang diketahui, saat ini hampir diseluruh dunia termasuk Indonesia sedang diserang oleh wabah virus Covid-19. Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia pun memberikan keringan terif listrik kepada 31 juta pelanggan PLN selama tiga bulan, yakni April, Mei, dan Juni 2020.

Dengan begitu, para masyarakat pun berlomba-lomba mencari tahu bagaimana cara mengisi pulsa listrik gratis selama pandemi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga PT PLN pun mengumumkan tata cara untuk mendapatkan keringanan biaya listrik bagi pelanggan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, serta cara mengisi pulsa listrik gratis.

Pertama, cara mengisi pulsa listrik gratis dan diskon 50 persen melalui situs PLN:

1. Buka situs www.pln.co.id
2. Masuk ke menu pelanggan dan klik pilihan stimulus covid-19.
3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter, lalu pulsa gratis akan ditampilkan di Layar. Setelah itu, memasukkan pulsa gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Kedua, cara mengisi pulsa listrik gratis dan diskon 50 persen melalui chat WhatApp (WA):

1. Buka Aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke nomor 08122-123-123, lalu ikuti petunjuknya, salah salah satunya kamu akan memasukkan ID Pelanggan dan token gratis pun akan muncul.
4. Setelah itu, masukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID kamu. Selesai.

4 dari 4 halaman

Cara Mengisi Pulsa Listrik Secara Elektrik

Cara Mengisi Pulsa Listrik © Diadona

Mungkin alasan sebagian orang memilih menggunakan listrik prabayar ialah karena bisa mengatur pengeluaran listrik dengan lebih hemat. Selain itu, cara mengisi token listriknya pun juga mudah, seperti melalui minimarket, counter penjual pulsa HP, kantor pos, hingga secara elektrik.

Tapi, kalau kamu memilih cara mengisi pulsa listrik secara elektrik melalui loket pembayaran listrik, kamu cukup menunjukkan nomor meter saja, bayar dan kamu akan diberi nomor token yang selanjutnya dimasukkan ke dalam meteran.

Sedangkan untuk mengisi pulsa listrik di ATM, berikut langkah-langkahnya yang harus kamu pahami.

1. Masukkan kartu ATM kamu dan input pin, lalu pilih menu Transaksi Lainnya. Kemudian, pilih Voucher Isi Ulang, yang nantinya akan muncul submenu kemudian pilih lainnya.

2. Selanjutnya, pilih PLN Prepaid dan masukkan nomor meter yang dilanjutkan dengan memilih nominal token yang kamu inginkan.

3. Kalau sudah, tekan Benar dan struk akan tercetak yang di dalamnya ditulis kode token untuk dimasukkan ke meteran, Selesai. Gampang kan?

Itulah cara mengisi pulsa listrik yang mudah dan cepat yang langsung bisa kamu praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar