Bahaya Gak Sih Jarang Matiin Laptop atau Komputer?

Reporter : Yoyok
Senin, 8 Februari 2021 06:50
Bahaya Gak Sih Jarang Matiin Laptop atau Komputer?
Ada beberapa faktor yang membuat jarang mematikan laptop atau komputer bisa menjadi bahaya

Komputer atau laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering kita gunakan. Tidak hanya untuk kerja, komputer atau laptop sering banget digunakan untuk sekolah.

Maka dari itu, tidak jarang jika komputer atau laptop selalu menyala setiap waktu karena penggunaannya yang intens. Bahkan, ada orang yang tidak mematikan perangkat elektronik ini selama berhari-hari lho.

Pertanyaannya, aman gak sih membiarkan laptop atau komputer menyala terus menerus atau jarang dimatikan? Apa hal ini gak bikin rusak ya?

1 dari 4 halaman

Dikutip dari Jalan Tikus, ternyata tidak ada jawaban yang pasti atas pertanyaan berikut. Semuanya tergantung akan kebutuhan pengguna dan perangkat itu sendiri.

Ada berbagai faktor yang menentukan apakah sebuat laptop atau komputer itu lebih baik dimatikan, atau hanya sekedar di-sleep. Semuanya tergantung pada situasi dan kondisi.

Ilustrasi Laptop © Diadona

2 dari 4 halaman

Kebutuhan Pengguna

Faktor pertama ditentukan oleh kebutuhan para pengguna. Jika kerjaan atau tugas kamu sudah selesai, maka direkomendasikan untuk mematikan perangkat dengan shut down. Hal ini juga dilakukan jika kamu akan lama tidak menggunakan perangkat laptop atau komputer.

Jika kerjaanmu belum selesai dan akan melanjutkannya dalam waktu dekat, maka mode sleep cocok untuk kamu gunakan. Mode satu ini akan membuat perangkat berada di daya rendah dan kamu akan bisa melanjutkan kerjaan dengan cepat.

Atau jika kerjaanmu belum selesai, namun akan kamu lanjutkan dalam waktu lama, maka mode hibernate yang kami rekomendasikan. Mirip mode sleep, mode hibernate memungkinkan perangkat untuk mempertahankan aplikasi yang sedang digunakan walaupun mati dalam waktu yang cukup lama.

3 dari 4 halaman

Faktor Perangkat

Faktor berikutnya yaitu dari segi perangkat. Kini beberapa komputer atau laptop sudah dirancang untuk penggunaan jangka panjang. Jadi, sebenarnya tidak masalah jika kamu menggunakan laptop atau komputer dalam jangka waktu yang lama.

Walaupun begitu, perangkat yang jarang dimatikan juga dapat menimbulkan masalah. Dari segi software, makin lama akan makin lemot karena banyaknya junk yang menumpuk pada perangkat karena jarang dimatikan.

Dari segi hardware, dengan kondisi yang selalu menyala, tentunya akan membutuhkan kapasitas penyimpanan. Karena jarang dimatikan, hardware kamu akan penuh dan dipaksa bekerja lebih keras.

Beri Komentar