3 Cara Screenshot pada Smartphone Android yang Gampang Banget

Reporter : Yoyok
Rabu, 3 Februari 2021 19:50
3 Cara Screenshot pada Smartphone Android yang Gampang Banget
Kamu bisa mencobanya tanpa perlu aplikasi

Smartphone merupakan salah satu gadget mobile yang digunakan banyak orang. Memiliki berbagai fungsi multimedia yang ciamik, membuat smartphone menjadi gadget dengan pengguna terbanyak saat ini.

Sering kali kita menggunakan fitur screenshot pada smartphone. Fitur ini dapat menangkap apa yang muncul di layar secara cepat. Sering kali fitur screenshot digunakan untuk menangkap gambar video.

Karena sering digunakan secara cepat, fitur screenshot dapat kamu aftifkan tanpa perlu menggunakan aplikasi. Berikut ini tiga cara menggunakan fitur screenshot pada smartphone Android yang mudah dan cepat banget.

1 dari 4 halaman

Tombol Power + Volume Down

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Cara pertama yaitu dengan menekan tombol power dan dan volume bawah secara bersamaan untuk mengaktifkan screenshot. Metode ini merupakan cara paling standar untuk mengaktifkan screenshot pada smartphone Android.

Walaupun dibilang standar, banyak pengguna smartphone Android yang kesulitan saat menggunakan cara ini. Banyak dari mereka yang tidak bisa berbarengan saat menekan tombol power dan volume bawah. Karena jika tidak bersamaan, kamu malah mematikan smartphone kamu atau akan muncul volume slider di layar.

2 dari 4 halaman

Tombol Home

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Cara berikutnya yaitu dengan menekan tombol Home. Caranya yaitu dengan menekan tombol Home dan power secara bersamaan dalam beberapa detik.

Biasanya metode ini ada pada smartphone yang memiliki tombol Home fisik. Cara ini digunakan pada smartphone Samsung Galaxy Series yang memiliki tombol Home fisik.

3 dari 4 halaman

Swiping Gesture

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Cara terakhir yang bagi kami tidak membutuhkan tenaga sama sekali adalah dengan menyentuh layar atu swiping gesture. Beberapa smartphone memiliki cara tersendiri dalam swiping gesture ini.

Ada smartphone yang menggunakan cara karate chopping yaitu dengan meletakkan tangan di salah satu sisi layar, lalu menggerakkannya ke sisi lain smartphone secara perlahan. Ada juga yang menggunakan tiga jari, yaitu dengan menyentuh layar smartphone dengan tiga jari di bagian atas, lalu swipe ke bawah.

Beri Komentar