Adobe Flash Player Undur Diri di Awal Tahun 2021

Reporter : Yoyok
Senin, 4 Januari 2021 18:50
Adobe Flash Player Undur Diri di Awal Tahun 2021
Adobe Flash Player juga disarankan untuk dihapus sebelum pertengahan bulan Januari

Bagi kalian yang suka dengan animasi atau game, pasti sudah mengenal dengan aplikasi Adobe Flash Player. Adobe Flash Player memang sangat akrab bagi kamu para generasi 90-an.

Adobe Flash Player membantu kamu dalam mengakses berbagai multimedia di internet. Seperti halnya game ataupun video.

Namun, ada kabar menyedihkan bagi kamu yang hingga hari ini masih menggunakan Adobe Flash Player.

1 dari 5 halaman

Pamit di Januari 2021

Dikutip dari Selular, Adobe mengumumkan tidak akan memberikan dukungan lagi kepada Flash Player setelah tanggal 31 Desember 2020. Para pengguna disarankan untuk menghapusnya Adobe Flash Player dari perangkat komputernya sebelum tanggal 12 Januari 2021 untuk mengamankan sistem sebelum pemblokiran.

" Adobe akan memblokir konten Flash yang berjalan di Flash Player mulai 12 Januari 2021. Adobe sangat merekomendasikan semua pengguna segera menghapus Flash Player untuk membantu melindungi sistem mereka," ucap Adobe dalam laman resminya.

Adobe Flash Player © Diadona

2 dari 5 halaman

Gak Bakal Ada Update Lagi

Walaupun pengoperasiannya sudah dihilangkan, Adobe Flash Player akan benar-benar hilang jika kamu menghapusnya dari perangkat komputermu.

" Uninstall Flash Player akan membantu mengamankan sistem Anda karena Adobe tidak bermaksud mengeluarkan pembaruan atau patch keamanan setelah tanggal habis beroperasi. Adobe juga tidak lagi menyediakan laman untuk mengunduh Flash Player setelah 31 Desember, saat ini tautan untuk mengunduh program tersebut sudah tidak ada," kata Adobe.

Jadi bisa dibilang jika ada website lain yang menyediakan unduhan Adobe Flash Player di kemudian hari, pihak Adobe menyatakan kalau versi tersebut bukan dari perusahaan. Adobe pun menyarankan untuk tidak men-download aplikasi tersebut, karena bisa saja itu merupakan ilegal dan membawa virus atau malware.

3 dari 5 halaman

Sudah Lawas

Sebenarnya Adobe Flash Player sudah direncanakan untuk berhenti sejak tahun 2015. Hal ini dikarenakan Flash Player diakui sudah lawas, dan Adobe pun merekomendasikan para developer atau konsumen untuk pindah ke HTML5. Dan akhirnya secara tidak resmi penghentian Adobe Flash sebenarnya dilontarkan pada 2017.

Adobe Flash Player sudah dua dekade menjadi pilihan banyak orang di luar sana. Jika aplikasi ini dihentikan, besar kemungkinan beberapa media lawas seperti animasi ataupun game yang masih menggunakan Flash Playertidak bisa digunakan di tahun 2021.

4 dari 5 halaman

Pengganti Flash Player

Walaupun akan dinonaktifkan, sebagai alternatif Adobe telah membuat Adobe Animate sebagai pembelajaran pembuatan animasi berbasis vektor untuk iklan, game, atau aplikasi llain seperti Flash Player.

Untuk dapat bertahan di sistem operasi dan internet, konten Adobe Animate yang dibuat bisa diekspor secara native menjadi format HTML5 sebagai publikasi secara personal dan komersil.

Beri Komentar