32 Wisata Kuliner Kota Malang Legendaris dan Kekinian yang Enak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 25 Juli 2023 09:08
32 Wisata Kuliner Kota Malang Legendaris dan Kekinian yang Enak
Saat berwisata kuliner kota Malang, kamu bisa menikmati berbagai bakso lezat dengan cita rasa khas berbeda, tempat makan legendaris hingga menu kekinian.

Kota Malang dikenal dengan destinasi wisata alam, tempat belanja dan edukasi yang selalu menarik untuk dikunjungi. Namun yang tak kalah penting, di kota Malang yang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur ini, kamu bisa menikmati wisata kuliner dengan cita rasa yang akan selalu bikin kangen.

Memang Kota Malang dikenal dengan kuliner baksonya. Soalnya nih di Malang ada banyak banget penjual bakso kaki lima atau gerobak yang hampir semuanya enak! Malang juga punya banyak banget daftar warung bakso terkenal dengan cita rasa berbeda, yang bisa kamu sesuaikan dengan seleramu.

Selain bakso, wisata kuliner Malang juga dipadati oleh daftar makanan kuliner legendaris, kuliner khas hingga kuliner kekinian.

Misalnya nih rawon Rampal yang sudah beroperasi sejak 66 tahun yang lalu, atau Rawon Nguling yang tak kalah enak. Kemudian ada depot legenda yang menyajikan masakan sesuai dengan seleramu, atau wisata kuliner kekinian yang anak muda banget seperti Malibu Steak ‘n' Pizza Malang, Mie Bakar Celaket atau Baegopa Malang.

Simpan artikel wisata kuliner Malang berikut ini dan masukin semuanya ke wishlistmu ya!

1 dari 7 halaman

Wisata Kuliner Legendaris di Malang

Setiap penjuru daerah di Indonesia pasti memiliki tempat makan yang sudah melegenda, tak terkecuali Kota Malang. Di bawah ini, Diadona sudah merangkum beberapa rekomendasi kuliner legendaris yang ada di Kota Bunga ini. Simak selengkapnya berikut, ya!

1. Rawon Rampal

Wisata Kuliner Malang - Rawon Rampal © Diadona

Menyandang titel kuliner legendaris, Rawon Rampal ini sudah beroperasi sejak tahun 1957 lalu, lho! Nah, apa, sih, yang bikin Rawon Rampal masih digemari masyarakat, termasuk para pejabat daerah, provinsi, dan negara? 

Ciri khas utama ternyata ada pada tampilan kuahnya yang tampak lebih hitam dan pekat dari rawon biasanya. Selain itu, cara memasak yang tradisional juga dipertahankan hingga generasi sekarang untuk mempertahankan cita rasa.

Kalau kamu berniat untuk mencicipinya, langsung datang saja ke kawasan Rampal, tepatnya di Jalan Panglima Sudirman Nomor 71A, Kelurahan Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Jam buka: 07.00–14.00 WIB

Harga makanan: Rp20.000 untuk setengah porsi dan Rp41.000 untuk satu porsi dengan nasi

2. Rawon Nguling

Wisata Kuliner Malang - Rawon Nguling © Diadona

Selain Rawon Rampal, ternyata ada juga rawon legendaris lainnya di Malang, yaitu Rawon Nguling. Buka sejak setengah abad yang lalu, Rawon Nguling yang berpusat di Probolinggo ini sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Malang.

Karakteristik utama rawonnya adalah kuah yang cukup segar dan tidak terlalu pekat dengan daging sapi yang jauh dari aroma amis.

Di tempat makan ini, kamu nggak hanya bisa memesan nasi rawon saja, tetapi juga berbagai menu lauk, makanan, dan minuman lain yang sangat beragam, mulai dari nasi pecel, nasi campur, sup atau sayur asem, gulai kambing, dan sebagainya. Menu yang menjadi favorit pengunjung adalah nasi rawon biasa dan rawon dengkul.

Penasaran senikmat apa olahan rawon ini? Yuk, segera merapat ke Jalan Zainul Arifin Nomor 62, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, ataupun memesan secara online melalui GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

Jam buka: 07.00–16.00 WIB

Harga makanan: Mulai dari Rp10.000 hingga Rp100.000-an

3. Rawon Brintik

Wisata Kuliner Malang - Rawon Brintik © Diadona

Selain yang disebutkan di atas, ada lagi kuliner rawon legendaris di Kota Malang, yaitu Rawon Brintik, yang berdiri sejak tahun 1942, bahkan disebut sebagai warung rawon tertua di Kota Malang.

Hebatnya lagi, kualitas, aroma, dan cita rasanya hampir nggak pernah berubah, lho! Sebab mereka mempertahankan cara pengolahannya yang masih tradisional menggunakan kayu bakar.

Di Rawon Brintik yang berlokasi di Jalan K.H. Ahmad Dalan Nomor 39, Sukoharjo, Kecamatan Klojen ini kamu nggak cuma bisa menikmati hidangan rawon saja, melainkan juga menu-menu lain seperti nasi campur, semur daging, ayam bumbu rujak, dan kari ayam kampung yang rasanya nggak kalah enak.

Jam buka: 05.00—16.00

Harga makanan: Kisaran Rp20.000-an

2 dari 7 halaman

4. Soto Ayam Lombok

Wisata Kuliner Malang - Soto Ayam Lombok © Diadona

Berkunjung ke Malang rasanya belum lengkap kalau belum mampir ke Soto Ayam Lombok. Nama " lombok" di sini bukan berarti cabai sebagaimana dalam bahasa Jawa, ya, Diazens, melainkan terinspirasi dari lokasinya yang ada di Jalan Lombok Nomor 1, Kasin, Kecamatan Klojen.

Soto Ayam Lombok ini sudah ada sejak tahun 1955 dan nggak pernah pindah lokasi. Ciri khas dari seporsi soto ayam di sini ada pada koyah kelapa berwarna cokelat lebih gelap, suwiran ayam yang berasal dari daging ayam kampung, bumbu soto khas racikan sendiri.

Di tempat ini, kamu bisa menemukan pikulan kayu sebagai tempat untuk melayani pesanan pembeli sehingga kesan tradisionalnya sangat terasa.

Jam buka: 07.00—22.00

Harga makanan: Rp25.000–Rp35.000

5. Warung Lama H. Ridwan

Wisata Kuliner Kota Malang - Warung Lama H. Ridwan © Diadona

Kalau kamu sedang mencari warung untuk makan siang saat kulineran di kota Malang, maka Warung Lama H. Ridwan ini merupakan pilihan yang tepat.

Berlokasi di Pasar Besar Malang Lantai Dasar Unit B15-16, Jalan Pasar Besar, Sukoharjo, Klojen, Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, warung ini sudah mulai berjualan sejak tahun 1925, lho!

Di warung ini, kamu bisa memilih menu makanan beserta lauk dan minuman yang sesuai dengan seleramu, mulai dari nasi campur, gulai kambing, kare ayam kampung, soto, hingga krengsengan sapi.

Jam buka: 08.00—16.00

Harga makanan: Rp10.000–Rp25.000

6. Warung Sate H. Paino

Wisata Kuliner Kota Malang - Sate H. Paino © Diadona

Ada juga warung sate legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1976, yaitu Warung Sate H. Paino. Menu utama dari warung ini sudah pasti sate ayam dan sate kambing dengan bumbu kacang dan kecapnya, tetapi kamu bisa memesan menu-menu lain seperti gulai kambing, tongseng, nasi goreng kambing, atau nasi lalapan kambing.

Lokasinya ada di Jalan Hamid Rusdi Timur Nomor IV, Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Tersedia pilihan untuk makan di tempat ataupun dibungkus untuk dibawa pulang.

Kamu nggak perlu khawatir karena di Warung Sate H. Paino ini sudah menyediakan AC, jadi kamu nggak harus merasa kegerahan saat makan di sana.

Jam buka: 10.00–22.00

Harga makanan: Rp26.000—Rp49.000

3 dari 7 halaman

7. Depot Ikana 

Wisata Kuliner Kota Malang - Depot Ikana © Diadona

Ada lagi, nih, Diazens, depot yang menjual Chinese food dengan pilihan lengkap, mulai dari capcay, hotpot tahu, koloke, kelit ke, dan lain-lain. Ada juga beberapa menu khas Nusantara seperti nasi goreng, gurami asam manis, dan sebagainya. 

Meski makanannya dibanderol dengan harga yang tergolong pricey, depot ini nggak pernah sepi pengunjung, terutama di saat jam makan siang dan makan malam, karena porsinya yang menggunung sehingga bisa dibagi-bagi dan tentunya sangat mengenyangkan.

Tempatnya bisa kamu kunjungi di Jalan Galunggung Nomor 25, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Jam buka: 10.00–13.00 dan 17.00–22.00

Harga makanan: Mulai dari Rp16.000 hingga Rp90.000

8. Depot Pangsit Mie Bromo Pojok

Wisata Kuliner Kota Malang - Depot Pangsit Mie Bromo Pojok © Diadona

Kedai mie pangsit yang satu ini paling banyak digemari karena kualitas dan cita rasa mie-nya yang pas. Untuk menjaga itu, pengelola Depot Pangsit Mie Bromo Pojok mempertahankan pemilihan bahan bakunya. Makanya, tekstur yang diperoleh bisa sesuai dengan keinginan penjual dan kemudian bisa disukai para pembeli.

Menu yang disediakan juga beraneka ragam, mulai dari pangsit mie ayam, pangsit mie ayam jamur, hingga pangsit mie udang pedas. Tak hanya itu, depot ini juga terkenal akan menunya yang diberi nama Es Campur Artistik, yaitu serutan es yang disiram dengan sirup. Lokasinya ada di Jalan Patimura Nomor 53, Klojen, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Jam buka: 09.00–18.00

Harga makanan: Rp12.000–Rp32.000

9. Pecel Pincuk Winongo

Wisata Kuliner Malang - Pecel Pincuk Winongo © Diadona

Pecel Pincuk Winongo adalah pilihan yang sesuai bagi pencinta nasi pecel sebagai menu sarapan. Beralaskan daun pisang yang dipincuk, kamu akan mendapatkan satu porsi nasi pecel lengkap dengan siraman bumbu kacang yang nikmat di atasnya.

Selain itu, di warung pecel yang umurnya sudah 40 tahun lebih ini, kamu juga bisa memilih aneka lauk yang tersedia mulai dari bakwan, telur ceplok, hingga empal ayam. Lokasinya ada di Jalan Panderman, Gading Kasri, Kecamatan Klojen.

Jam buka: 06.30—11.00

Harga makanan: Rp12.000-an/porsi

10. Rumah Makan Cairo

Wisata Kuliner Malang - Rumah Makan Cairo © Diadona

Selanjutnya, ada wisata kuliner legendaris untuk makanan-makanan khas Timur Tengah, nih, Diazens. Namanya adalah Rumah Makan Cairo, yang tempatnya bisa kamu temukan di Jalan Kpt. Pieretendean Nomor 1.

Di rumah makan ini, kamu bisa menyantap beragam sajian yang variatif, seperti nasi kebuli, sate ayam dan kambing, gulai kambing, nasi goreng, roti maryam, martabak, dan sebagainya dengan harga yang masih ramah di kantong. 

Jam buka: 09.00—21.00

Harga makanan: Mulai dari Rp8.000-an sampai Rp70.000

4 dari 7 halaman

11. Depot Gang Djangkrik

Wisata Kuliner Malang - Depot Gang Djangkrik © Diadona

Kali ini Diadona kasih rekomendasi khusus buat kamu yang lagi kepingin menyantap olahan mie dan makanan-makanan khas oriental. Depot Gang Djangkrik punya dengan rasa yang nggak perlu diragukan lagi karena sudah beroperasi sejak tahun 1960 lalu, yaitu .

Di depot yang pusatnya ada di Jalan Kawi Atas Nomor 26 Gading Kasri, Bareng, Kecamatan Klojen ini kamu bisa memesan banyak menu dengan pilihan yang variatif, mulai dari nasi goreng, cwie mie, bakmie dan bihun, bubur, dan lain-lain.

Nah, mengingat Depot Gang Djangkrik juga punya daging babi di jajaran menunya, berarti ini merupakan wisata kuliner non halal, ya, Diazens! 

Jam buka: 08.00—21.00 

Harga makanan: Untuk makanan berat mulai dari Rp22.000

12. Surabi Gendut

Wisata Kuliner Malang - Surabi Gendut © Diadona

Nggak cuma makanan berat saja, di Malang pun ada juga yang menjajakan hidangan manis seperti surabi atau serabi yang menjadi favorit banyak orang, yaitu Surabi Gendut!

Dinamakan Surabi Gendut karena ukuran satu porsinya sangatlah " gendut" atau besar (banyak) dari porsi pada umumnya. 

Bertempat di Jalan Mayjend Pandjaitan 205, Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Surabi Gendut ini unik daripada yang lain karena adonannya yang justru lebih terlihat seperti pancake dengan tambahan topping yang beragam di atasnya.

Jadi, yang kamu rasakan bukan cuma gurih dari siraman kuah santannya saja, Diazens, tetapi juga sensasi rasa lain dari topping yang kamu pilih.

Jam buka: 19.00—23.00

Harga makanan: Rp1.000—Rp3.500 

5 dari 7 halaman

Wisata Kuliner Bakso Malang

Kalau kamu sedang mencari bakso Malang yang original dan rasa yang terbukti menggugah selera, maka daftar wisata kuliner di bawah ini wajib kamu perhatikan!

13. Bakso Kota Cak Man

Wisata Kuliner Malang - Bakso Kota Cak Man © Diadona

Para penggemar bakso pasti udah cukup familiar dengan Bakso Kota Cak Man ini! Kelezatan rasanya tak lekang oleh zaman meskipun sudah 43 tahun beroperasi.

Bakso ini memiliki enam cabang di Kota Malang, salah satunya di Ruko Griyashanta NR28 yang berseberangan dengan RSUB, Soekarno Hatta. Nah, kalau kamu pengen yang lebih eksklusif, di sini menyediakan home service juga, jadi kamu dan keluarga bisa lebih leluasa untuk menikmati masing-masing sajian pelengkapnya.

Jam buka: Mulai jam 10.00 pagi

Harga makanan: Variasi topping mulai dari Rp2.000–Rp12.000

14. Bakso President

Wisata Kuliner Malang - Bakso President © Diadona

Selanjutnya, ada Bakso President yang sudah berdiri sejak tahun 1977. Dalam semangkuk bakso yang disajikan, kamu nggak bakal menemui mie sebagai pendampingnya, melainkan beragam varian gorengan dan pelengkap lain yang super meaty dan pastinya nggak kalah nikmat.

Nah, kalau kamu tertarik untuk nyobain bakso bakarnya, mereka juga menyediakan kok! Apalagi bumbu olesannya memiliki ciri khas ala Bakso President, yakni menggunakan kecap dan kacang mete.

Selain bisa berkunjung di tempat, kamu tetap bisa menikmati bakso ini dengan order secara online maupun pesan paket frozen food-nya, kok!

Lokasi: Jalan Batanghari Nomor 5, Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang

Jam buka: 08.00—21.30 WIB

Harga makanan: Rp3.000—Rp25.000 sesuai varian topping yang dipilih

15. Bakso Bakar Pak Man

Wisata Kuliner Malang - Bakso Bakar Pak Man © Diadona

Berdiri sejak puluhan tahun silam, Bakso Bakar Pak Man tetap mampu mempertahankan kualitas dan cita rasanya sebagai salah satu pelopor bakso bakar di Kota Malang. Kamu bisa request tingkat kepedasannya, kok! Jadi, nggak perlu takut kepedesan, ya, Diazens!

Pusatnya ada di Jalan Diponegoro Nomor 19, Kecamatan Klojen, Kota Malang, sedangkan untuk cabangnya bisa kamu temui di sekitaran Jalan Borobudur atau di Ruko Suhat Kavling 8. Selamat mencoba!

Jam buka: Jumat pukul 13.00–20.00, hari lain mulai pukul 09.00–20.00 

Harga makanan: Rp3.000–Rp45.000

16. Bakso Solo Kidul Pasar

Wisata Kuliner Malang - Bakso Solo Kidul Pasar © Diadona

Bakso Solo Kidul Pasar ini sudah memasuki generasi ketiga sejak tahun 1965, guys. Awalnya, sang pemilik memang berasal dari Kota Solo sebelum memutuskan untuk berjualan bakso di Kota Malang.

Memiliki tiga cabang yang tersebar di Kota dan Kabupaten Malang, tepatnya di sekitar Jalan Halmahera, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Raya Kepuharjo (Karangploso), bakso ini mampu menjual kurang lebih 2000 porsi untuk semua cabangnya setiap hari.

Jam buka: 11.00–21.00 WIB

Harga makanan: Rp22.000/porsi bakso campur

17. Bakso Prima

Wisata Kuliner Malang - Bakso Prima © Diadona

Bakso Prima ini jadi favorit para mahasiswa, terutama anak kos, karena harganya yang ramah di kantong.

Bahkan, para pedagang bakso lain juga banyak yang mengambil grosiran dari sini. Bakso ini sudah memiliki tiga gerai yang bisa kamu temui di Kota Malang, yaitu di Jalan Soekarno Hatta, Jalan Kalpataru, dan Jalan Pisang Kipas. 

Jam buka: 17.300–22.00 WIB

Harga makanan: Rp1.500–Rp12.500

18. Bakso Damas

Wisata Kuliner Kota Malang - Bakso Damas © Diadona

Bakso Damas merupakan salah satu kuliner yang ada di Jalan Soekarno Hatta Nomor 70, Malang. Warung bakso ini sudah ada sejak tahun 1993 dan terverifikasi halal oleh MUI.

Selain rasanya yang enak serta tempat makan yang nyaman dan kekinian, bakso ini pernah memenangkan penghargaan di Mandiri Culinary Awards 2022 lalu. Jadi, kualitasnya nggak perlu diraguin lagi, deh!

Jam buka: 10.00–22.00 WIB

Harga makanan: Rp15.000–Rp25.000 (menu Pasti Ada Promo) atau Rp25.000–Rp170.000 (menu paket besar)

19. Bakso Mercon Cak Kar

Wisata Kuliner Malang - Bakso Cak Kar © Diadona

Kalau kamu pencinta bakso dengan sensasi pedas yang menggigit lidah, Bakso Mercon Cak Kar bisa menjadi salah satu tempat dengan suasana sejuk nan nyaman yang wajib kamu kunjungi! Tempatnya memang nggak di kota Malang, namun kalau kamu pecinta bakso, melipir sebentar ke kecamatan Singosari di Kabupaten Malang akan sangat worthy.

Pilihan isiannya ada banyak banget mulai dari bakso iga, bakso urat, bakso jamur, bakso otak sapi, bakso tepur puyuh dan masih banyak lagi. Namun yang paling populer adalah bakso mercon yaknibakso dengan isian cincangan daging dan cabai yang pedes banget!

Namun, kamu harus banyak bersabar, ya, karena tiap harinya selalu ramai dengan pembeli yang siap mengantre panjang. Lokasinya ada di Jalan Kertanegara Bar. III Nomor 16, Pagetan, Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Jam buka: Setiap hari kecuali hari Kamis dan tanggal merah pukul 10.00–21.00

Harga makanan: Rp1.400–Rp32.000

20. Bakso Sumsum Cak Hadi

Wisata Kuliner Malang - Bakso Sumsum Cak Hadi © Diadona

Bakso Sumsum Cak Hadi ini sudah sekitar 40 tahunan beroperasi dan masih tetap laris-manis hingga sekarang. Bahkan, saking ramainya pengunjung, bakso di sini bisa ludes hanya dalam kurun waktu 2 jam saja!

Perpaduan sumsum daging sapi yang dibalut adonan bakso yang gurih dengan kuah nikmat terasa memanjakan lidah dan tenggorokan. Yuk, merapat ke Jalan Kertanegara Nomor 117 Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang!

Jam buka: Setiap hari kecuali hari Kamis, pukul 17.00–22.00 

Harga makanan: Mulai dari 19 ribuan

21. Rumah Bakso, Lawang

Wisata Kuliner Malang - Rumah Bakso © Diadona

Yang terakhir ini sudah masuk area Malang bagian kabupaten, Diazens, tepatnya di Green Paradise Regency, Ruko Kavling B, Jalan Anjasmoro Nomor 10, Krajan, Turirejo, Kecamatan Lawang. 

Di Rumah Bakso yang sudah banyak dikenali masyarakat ini, kamu bisa menikmati beragam menu dengan harga yang sangat bersahabat, mulai dari bakso keju, bakso bakar, hingga iga bakar. Pokoknya komplit banget, deh!

Jam buka: 10.00—20.00 WIB

Harga makanan: Untuk satu porsi lengkap Rp19.000 atau Rp24.000, sedangkan menu lain bervariasi mulai dari Rp1.000—Rp55.000

6 dari 7 halaman

Kuliner Malam Kota Malang

Kuliner malam di Malang juga nggak kalah menarik untuk dijelajahi, lho! Check this out!

22. Ceker Setan 

Kuliner Malam Kota Malang - Ceker Mercon © Diadona

Ada banyak penjual ceker ayam enak di Malang, tapi yang populer akan kepedasannya hanya bisa kamu temui di Jalan Jakarta Nomor 4, tepatnya di depan Alfamart. Di sini, dijamin kamu bisa menikmati ceker yang empuk dengan kuah pedas bertekstur pekat yang nikmat!

Jam buka: 19.00—habis

Harga makanan: Rp17.000-an

23. Warung Subuh

Kuliner Malam Kota Malang - Warung Subuh © Diadona

Meskipun namanya Warung Subuh, warung makan yang berlokasi di Jalan Raya Langsep Nomor 11A, Bareng, Kecamatan Klojen ini justru buka di sore hari hingga tengah malam saja, lho!

Di warung ini, kamu bisa menemukan berbagai menu makanan dan minuman ala rumahan yang sangat variatif, mulai dari sop kikil, krengsengan daging, rawon, bakso, kolak, dan sebagainya dengan harga yang sangat terjangkau.

Jam buka: 15.30—23.00 WIB

Harga makanan: Mulai dari 4 ribuan hingga 68 ribu

24. Nasi Goreng Jumbo Pak Dji

Kuliner Malam Malang - Nasi Goreng Jumbo Pak Dji © Diadona

Porsinya yang melimpah ruah menjadi daya tarik tersendiri bagi Nasi Goreng Jumbo Pak Dji. Tempat makan yang sudah berdiri sejak lebih dari 35 tahun yang lalu itu sangat viral di kalangan warga lokal dan beberapa kali diliput oleh para food vlogger. 

Namun, menu yang tersedia nggak hanya nasi goreng saja. Mereka juga menjual varian menu lain, seperti koloke, fuyung hai, nasi goreng mawut, dan lain-lain. Lokasinya dapat kamu kunjungi di Gang Manunggal Nomor 18, RT1/RW7 Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Jam buka: 14.00—21.00 WIB

Harga makanan: Rp25.000—Rp45.000

25. Warung Lalapan Lamongan Jainul

Lalapan Jainul © Diadona

Ini dia nih warung dengan spesialisasi makanan khas Indonesia. Siapa, sih, yang nggak suka lalapan? Dengan rasa sambal yang enak dan harga yang ramah di kantong, nggak heran kalau pembeli di Warung Lalapan Lamongan Jainul ini selalu mempunyai antrean panjang yang mengular. 

Kalau kamu tertarik untuk mencoba, silakan datang langsung ke Jalan Pandeglang Nomor 20, Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang!

Jam buka: 17.00—00.00 WIB

Harga makanan: Mulai dari Rp14.000-an/porsi

26. Jagung Bakar dan STMJ Tawangmangu

Kuliner Kota Malang - Jagung Bakar dan STMJ © Diadona

Pemburu kuliner malam rasanya kurang afdol kalau belum pernah mampir ke Jagung Bakar dan STMJ yang bertempat di Komplek Pasar Tawangmangu Timur, Jalan Tawangmangu Nomor 11A, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Di sini, kamu bisa nongkrong dengan teman, kerabat, atau pacar sembari memesan menu makanan ringan atau minuman yang tersedia, mulai dari jagung bakar, roti bakar, pisang bakar, kopi, hingga STMJ. 

Jam buka: 18.00–00.00 WIB

Harga makanan: Rp7.000—Rp25.000

7 dari 7 halaman

Wisata Kuliner Kekinian Malang

Sudah jadi rahasia umum kalau saat ini Kota Malang bak surganya kuliner! Kalau tadi sudah membahas kuliner legendaris, kali ini Diadona akan memaparkan kuliner kekinian yang cocok dikunjungi bagi kalangan anak muda. 

27. Mie Bakar Celaket

Kuliner Kekinian Kota Malang - Mie Bakar Celaket © Diadona

Kamu pasti udah nggak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Yup! Mie Bakar Celaket! Olahan mie bakar yang sudah berdiri sejak 2016 ini bisa kamu kunjungi di Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang 1 Nomor 22, Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Apa, sih, yang menjadi daya tarik Mie Bakar Celaket sehingga bisa viral dan digandrungi kaum millennial dan gen Z ini? Tak lain dan tak bukan adalah perpaduan cita rasa ala makanan Jawa dengan 20 pilihan topping khas Western yang variatif, sensasi smokey yang mempernikmat rasa, dan cara penyajian atau pengemasan yang unik yaitu dengan menggunakan aluminium foil.

Jam buka: 10.00–20.00 WIB

Harga makanan: Rp19.000–Rp30.000

28. Burger Buto

Kuliner Kekinian Kota Malang - Burger Buto © Diadona

Nggak hanya merek terkenal dari luar saja, burger lokal pun juga patut mendapat apresiasi, lho! Namanya adalah Burger Buto. Unsur nama “ Buto” mewakili tampilan produk yang berukuran besar, tetapi dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Menu-menu di Burger Buto yang berlokasi di Kedai 27 - Jalan Sarangan 27, Lowokwaru, Kota Malang, terdiri dari berbagai varian rasa dengan diameter bun yang berbeda-beda. 

FYI, nilai plus dari merek lokal asal Malang tersebut adalah pemiliknya yang mempekerjakan orang-orang disabilitas. Sangat mengharukan dan inspiratif sekali, bukan? Nah, di bulan November 2022 lalu pun, Mike Ragnar selaku pendiri Burger Buto mendapat penghargaan dari Kementerian Ketenagakerjaan untuk Sektor Usaha Perdagangan/Restoran Kategori Perusahaan Sedang/Menengah.

Jam buka: Selasa–Minggu mulai jam 11.30–20.30 WIB

Harga makanan: Rp20.000-an hingga Rp40.000-an

29. Malibu Steak ‘n' Pizza Malang

Wisata Kuliner Kota Malang - Malibu Steak ‘n' Pizza Malang © Diadona

Buat kamu yang lagi kepingin makan makanan yang mewah, Malibu Steak ‘n’ Pizza adalah salah satu pilihan restoran yang Diadona rekomendasikan. Lokasinya ada di Jalan Terusan Kawi Nomor 6C, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang. 

Di sini, kamu bisa memesan hidangan mulai dari appetizer, main course berupa steak, pasta, dan Chinese food, pizza, salad, hingga minuman atau hidangan penutup. Interior yang artistik dan kekinian membuatnya disukai banyak pengunjung sehingga menjadi nilai tambah dari restoran ini.

Jam buka: 12.00–21.00 WIB

Harga makanan: Mulai dari Rp20.000—Rp250.000

30. Baegopa Malang

Kuliner Kekinian Kota Malang - Baegopa © Diadona

Selanjutnya, ada juga Baegopa, yang dalam bahasa Korea berarti lapar. Tempat makan dengan tagline khas " House of Hungry" yang kerap menjadi tempat nongkrong berbagai kalangan ini berlokasi di Jalan Terusan Candi Mendut Nomor 39, Kota Malang. 

Di restoran semi fast food ini, menu andalannya adalah olahan ayam filetnya dengan berbagai saus yang enak banget. Selain itu, Baegopa juga berupaya untuk mengedukasi pengunjung perihal kebersihan, di mana alat makan dan piring kotor bakalan kita sendiri yang bereskan. 

Jam buka: 11.00—22.00 WIB

Harga makanan: Mulai dari 30 ribuan

31. Noodle Inc Malang

Kuliner Kekinian Kota Malang - Noodle Inc © Diadona

Di Jalan Soekarno Hatta (Suhat), kamu bisa nemuin kuliner mie, Chinese food, dan dimsum yang halal dengan rasa nikmat! Tempatnya yang cozy abis pasti bakalan bikin kamu betah untuk berlama-lama di sana. 

Lokasinya ada di Jalan Soekarno Hatta DR 1-2, Kota Malang. Kamu bisa mengintip akun Instagram resminya di @noodleinc.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputar diskon atau promo-promo tertentu!

Jam buka: 07.00—23.00 WIB

Harga makanan: Mulai dari 17 ribuan hingga 40 ribuan

32. Illy Cafe Lai Lai

Kuliner Kekinian Kota Malang - Illy Cafe © Diadona

Kuliner yang bisa dikategorikan sebagai hidden gem Kota Malang ini menjual berbagai menu, mulai dari pancake, kopi, pasta, burger, dan sajian lain. Berkonsep kuliner Western, Illy Cafe menyajikan masakan dengan cita rasa yang begitu digemari. Kualitasnya terjaga dengan tempat yang mungil sehingga antrian kerap mengular.

Di sini kamu bisa menikmati menu favorit di antaranya Cheese Bayam Pasta, Lasagna Original, Nasi Bakar dan menu makanan lainnya. Untuk ukuran rasa yang begitu lezat, Illy Cafe mematok harga yang terjangkau.

Temukan cafe minimalis ini di Jalan Arjuna Nomor 36, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang!

Jam buka: 10.00—21.00 WIB

Harga makanan: Mulai dari Rp14.000—Rp37.000-an

 Dari 32 daftar kuliner kota Malang ini, kamu setidaknya harus cobain 5 di antaranya nih!

Editor : Dias Nailah. A

Beri Komentar