15 Kuliner Malam Solo Legendaris dan Murah Meriah, Terkenal Enak dan Wajib Kamu Coba!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 16 Maret 2023 15:47
15 Kuliner Malam Solo Legendaris dan Murah Meriah, Terkenal Enak dan Wajib Kamu Coba!
Kuliner daerah Solo tak hanya terkenal dengan bakso atau juga ayam bakarnya. Ada begiru banyak kuliner khas Solo yang wajib kamu coba.

Kulineran malam di Solo yuk! Kamu harus cobain beragam menu legendaris yang masih laris manis hingga sekarang. 

Kota Solo atau dikenal juga dengan nama Surakarta, merupakan salah satu destinasi wisata favorit para pengunjung di Jawa Tengah. Solo memiliki keindahan bangunan sejarah mulai dari keraton dan kerajinan seninya. Tak hanya itu, Solo juga memiliki beragam kuliner lokal mulai dari cita rasa yang manis hingga gurih yang nikmat. 

Makanan apa nih yang terkenal di Solo?

Jika kamu berencana berkunjung ke Solo kamu harus banget nyobain beberapa kulinernya yang terkenal mulai dari nasi liwet, selat solo, sosis solo, timlo solo, tahu kupat dan banyak lagi. Kalau ditanya makanan apa yang paling enak di Solo jawabannya adalah semuanya!

Jika kamu pecinta makanan manis dan gurih semua kuliner di sini sangat cocok untuk memanjakan lidah apalagi harganya juga sangat ramah dikantong.

Di malam hari, kamu nggak akan kehabisan asupan makanan enak. Bahkan beberapa tempat kuliner ini memang buka di malam hari lho! Sambil menikmati hangatnya kota Solo, yuk cicipi juga ragam kuliner malamnya.

1 dari 4 halaman

Kuliner Malam Solo

Solo memang terkenal dengan sejarah kesultanan yang begitu melekat. Namun Solo juga menyimpan begitu banyak wisata kuliner malam bisa kamu kunjungi. 

Galabo Kuliner Malam Solo

Galabo Kuliner Malam Solo © Diadona

Galabo atau singkatan dari Gladag Langen Bogan, adalah sebuah tempat wisata kuliner malam di kota Solo yang cukup terkenal dan menjadi favorit wisatawan mencari kuliner. Selain bisa menikmati aneka menu kuliner khas Solo, kamu juga bisa menikmati suasana malam Kota Solo ditemani dengan pertunjukan live music.

Ditempat ini terdapat sekitar 28 pedagang yang menyediakan aneka menu makanan kekinian dan hidangan tradisional legendaris seperti timlo, gudeg ceker, satai dan sebagainya. Selain itu, ikon kuliner terkenal Solo seperti Rawon Penjara, Tengkleng Bu Edi Pasar Klewer, hingga Satai Kere Yu Rebi bisa kamu temukan juga di sini.

Jika kamu berminat untuk berkunjung, jangan lupa untuk sediakan uang yang cukup ya, karena banyak sekali kuliner lezat yang harus kamu coba di tempat ini. Untuk lokasinya Galabo Kuliner Malam Solo berada di Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jam operasional : setiap hari pukul 17.00 - 02.00

Kisaran harga : berkisar antara Rp3.000 hingga Rp50.000

Gudeg Ceker Margoyudan

Gudeg Ceker Mergoyudan © Diadona

Bicara soal gudeg mungkin kamu akan berpikir bahwa itu adalah makanan khas Jogja, eits tapi gudeg Solo yang satu ini sangat terkenal dan sudah melegenda. Kamu wajib banget nyobain gudeg ini sebagai salah satu kuliner malam di Solo.

Gudeg yang mulai berdiri sejak tahun 1950-an dan eksis sejak masuk tahun 1970-an ini. Gudeg Ceker Mergoyudan terkenal dengan tempat untuk mencari makanan untuk sahur. Jam buka kedai mulai dari pukul satu dini hari, tapi jangan kaget dengan panjang antriannya. 

Komposisi gudeg disini sebetulnya sama dengan pada umumnya, namun yang menarik dan terkenal ialah ceker ayamnya yang gurih dan empuk. Satu porsi gudeg ceker berisi 10 buah ceker ayam yang disiram kuah santan kental. 

Untuk kamu yang mau cobain sensasi kenikmatan gudeg ceker  catat lokasinya di Jalan Wolter Monginsidi No.41-43, Setabelan, Kec. Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. 

Jam operasional : setiap hari pukul 01.30 - 07.00

Kisaran harga :  mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 28.000

Gudeg Podomoro Relasi

Gudeg Podomoro Relasi © Diadona

Gudeg satu ini terkenal dengan rasanya yang anti-mainstream karena menggunakan kuah sayur krecek pedas yang dipadukan dengan daun singkong rebus. Kamu hanya bisa menemukan perpaduan unik ini di Gudeg Podomoro Relasi.

Kalau sedang bingung mencari menu makan malam, melipir saja ke Gudeg Podomoro Relasi. Warung satu ini tak akan membuat kamu merogoh kocek yang cukup dalam untuk seporsi gudeg yang mengenyangkan. 

Tunggu apa lagi? Langsung saja meluncur ke Dusun II, Makamhaji, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Jam operasional : setiap hari pukul 21.15 sampai 00.00

Kisaran harga menu : mulai dari Rp6.000 (belum termasuk lauk)

Harjo Bestik

Harjo Bestik, Steak Kuliner Malam di Solo © Diadona

Suka olahan beef steak? Kalau ke Solo harus banget cobain kuliner satu ini. Harjo Bestik adalah sebuah warung makan yang berupa tenda yang menjual beef steak ala Eropa yang dinikmati dengan nasi putih khas Indonesia. 

Menu yang ditawarkan disini terbuat dari beragam olahan daging diantaranya bistik lidah, bistik uritan ayam, bistik telon, bistik campuran daging sapi cacah, bistik dadar lidah dan bistik LDG (Lidah Goyang). Adapun yang menjadi andalannya adalah bistik lidah. 

Buat kamu yang mau merasakan kenikmatan bistik ala eropa namun, dengan kesan jawa. Kamu bisa langsung datangi alamat di Jalan Dr. Rajiman, Kemlayan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

Jam operasional : setiap hari pukul 18.30 - 00.00 

Kisaran harga : mulai dari Rp. 25.000 hingga Rp. 45.000

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

Kuliner Malam Solo Nasi Liwet Bu Wongso Lemu © Diadona

Tak sulit untuk menemukan warung nasi liwet enak di Solo. Salah satu warung nasi liwet legendaris adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu. Warung nasi liwet satu ini digemari karena porsinya yang cukup banyak tapi tidak pelit bumbu. 

Nasi liwet yang disajikan terdiri dari nasi gurih, suwiran ayam kampung, sambal goreng jipang, dan telur rebus. Kamu juga bisa menambah lauk lainnya seperti ati ampela atau usus ayam bacem sesuai selera.

Warung Nasi Liwet Bu Wongso Lemu berlokasi di Jl. Teuku Umar, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jam operasional : setiap hari pukul 16.00 sampai 01.00

Kisaran harga menu : Rp15.000 sampai Rp36.000

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Malam di Solo

Sate Kambing Buntel Pak H. Kasdi

Kuliner Malam Solo, Sate Kambing Buntel Pak H. Kasdi © Diadona

Sedang berada di Solo dan suka olahan kambing. Kuliner yang satu ini adalah makanan wajib yang harus kunjungi. Sate Kambing Buntel Pak H. Kasdi, menjadi salah satu kedai menjual sate kambing terkenal di Solo.

Di kedai ini kamu bisa mencicipi beberapa menu sate. Salah satunya adalah sate buntel, yaitu daging kambing cincang yang dibungkus lemak lalu dibakar dengan bumbu. Soal rasa pastinya enak dan bikin ketagihan, bahkan ini terlihat dari antriannya yang tidak pernah sepi saat jam makan.  

Selain sate disini juga tersedia menu lainnya yang tidak kalah nikmat, diantaranya gule, nasi goreng, hingga tongseng. Kalo kamu mau mencoba sensasinya catat lokasinya di Jl.Monginsidi No.107 , Kastelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

Jam operasional : setiap hari pukul 07.00 - 21.00

Kisaran harga : Rp 20.000

Soto Seger Mbak Ronggeng

Soto Seger Mbak Ronggeng © Diadona

Satu lagi ide kulineran malam Solo buat kamu yang butuh kehangatan, Soto Seger Mbak Ronggeng. Namanya yang unik membuat banyak orang tertarik untuk membeli. 

Sajian soto di tempat ini dipastikan akan membuat malam kamu di Solo semakin segar dan hangat. Satu porsi Soto Seger berisikan dengan irisan daging sapi empuk, nasi, tauge dan bahan pelengkap lainnya. Sebagai pelengkap disini juga disediakan tahu, kerupuk, karak, irisan tempe goreng, sate jeroan ayam, empal goreng dan babat sapi goreng yang menjadi favorit. 

Jika kamu ingin memanjakan lidah dengan kuah soto yang segar dan gurih, langsung datang saja ke Jl. S. Parman, Setabelan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. 

Jam operasional : setiap hari pukul 23.00 - 04.00

Kisaran harga : Rp. 9.000/ porsi

 

3 dari 4 halaman

RM Seafood Pak Petruk

RM Seafood Pak Petruk © Diadona

Kalau kamu penggemar berat olahan seafood, rumah makan satu ini sayang sekali untuk dilewatkan. RM Seafood Pak Petruk sudah populer di kalangan warga Solo, bahkan selalu menjadi jujukan artis nasional. Jadi, kelezatannya tak perlu diragukan lagi, deh.

RM Seafood Pak Petruk menyajikan berbagai opsi hidangan seafood dengan harga yang bervariasi. Soal rasa tak perlu ditanya lagi, kelezatan olahan seafood Pak Petruk tak kalah dengan restoran seafood di tepi pantai, lho! Apalagi satu porsinya bisa dimakan ramai-ramai bersama teman atau keluarga.

Lokasinya persis di depan Hotel Grand Orchid atau sebelah utara Hotel Novotel. Tepatnya di Jl. Gajahmada No. 48, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jam operasional : setiap hari pukul 17.00 sampai 00.00

Kisaran harga menu : Rp30.000 sampai Rp50.000

Bebek Mropol Yosodipuro

Bebek Mropol Yosodipuro © Diadona

Sesuai namanya, Bebek Mropol Yosodipuro menawarkan menu makan malam berbahan dasar bebek. Kata Mropol sendiri diambil dari bahasa Jawa yang artinya potongan. Tempat ini menyajikan daging bebek yang sudah dicincang menjadi mropolan atau potongan kecil agar pembeli tidak perlu repot-repot memotongnya saat sedang makan.

Satu hal yang menambah kelezatan nasi Bebek Mropol adalah tambahan blondo yang terbuat dari parutan kelapa dengan cita rasa asin dan gurih yang kuat. Akan sangat nikmat jjika dipadukan dengan nasi hangat dan sambal yang pedasnya nampol.

Bebek Mropol Yosodipuro berlokasi di Jl. Yosodipuro No. 84, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jam operasional : setiap hari pukul 16.00 sampai 23.00

Kisaran harga menu : Rp7.000 sampai Rp80.000 

Sate Kere Yu Rebi

Sate Kere Yu Rebi, kuliner Solo yang Enak © Diadona

Sate Kere adalah salah satu ikon kuliner Solo yang sudah eksis sejak lama. Makanan enak satu ini terbuat dari tempe gembus atau ampas tahu yang diolah menjadi sate. Dinamakan Sate Kere yang dalam bahasa Jawa berarti sate miskin lantaran makanan ini muncul saat orang zaman dahulu tidak mampu membeli daging. 

Sate Kere Yu Rebi sudah berdiri sejak 1970 dengan resep turun temurun sehingga rasanya tetap sama hingga kini. Biasanya, Sate Kere dinikmati dengan potongan lontong dan sambal kacang. Jika sambal sate biasanya cenderung manis, Sate Kere memiliki ciri khas tersendiri yakni sambalnya cenderung pedas.

Penasaran dengan cita rasa kuliner malam di Solo ini? Langsung saja datang ke warung Sate Kere Yu Rebi di Jl. Kebangkitan Nasional, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jam operasional : setiap hari pukul 11.00 sampai 20.00

Kisaran harga menu : Rp15.000 sampai Rp42.000 untuk makanan dan Rp3.000 sampai Rp15.000 untuk minuman.

Sate Kambing Hj. Bejo

Sate Kambing Hj. Bejo © Diadona

Warung sate yang sudah berjualan sejak tahun 1970 ini jangan sampai dilewatkan jika sedang berkunjung ke Solo. Namun, jika ingin menyantap seporsi sate di sini kamu harus menyiapkan kesabaran untuk mengantre dengan pelanggan yang silih berganti.

Sate buntel menjadi menu andalan di warung makan satu ini. Biasanya, sate buntel dipadukan dengan kubis serta kombinasi irisan bawang merah dan cabai yang menambah kenikmatan dalam setiap gigitannya. 

Jl. Sungai Sebakung No. 10, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jam operasional : setiap hari pukul 08.00 sampai 16.00

Kisaran harga menu : Rp40.000 sampai Rp65.000

4 dari 4 halaman

Kuliner Malam Solo Murah Meriah

Nasi Kuning Bang Ro

Nasi Kuning Bang Ro, Kuliner Solo yang Murah MEriah © Diadona

Jika nasi kuning biasanya di hidangan pagi hari sebagai menu sarapan, Nasi Kuning Bang Ro justru baru buka pada sore hingga tengah malam. Sajian nasi kuning disini menarik banyak perhatian masyarakat, karena porsi yang diberikan banyak dan harganya yang murah. 

Satu porsi nasi kuning dihidangkan dengan lauk dengan tiga pilihan (ayam, telur, tongkol, klengkam dan masih banyak lagi), sayur dengan pilihan tumis buncis, bihun goreng, oseng tempe, sayur asem, sayur jipang dan terong balado, acar dan sambal. 

Untuk kamu sedang berada di Solo dan mau mencicipi sepiring nasi kuning yang nikmat ala resep Bang Ro, kamu bisa langsung datang ke lokasinya di Jalan Dr. Rajaman No. 128, Kemlayan, Kecamatan Serengan, Solo, Jawa Tengah. 

Jam operasional : setiap hari pukul 17.00 - 01.00

Kisaran harga : Rp. 10.000/ porsi

Jayengan Pak Tres

Jayengan Pak Tres © Diadona

Warung mie nyemek Jayengan Pak Tres selalu menjadi jujukan para pecinta pedas. Di sini kamu bisa memesan mie nyemek dengan beragam level kepedasan yang bisa dipilih sesuai selera. Meski berjualan menggunakan tenda sederhana di atas trotoar, warung mie satu ini tak pernah sepi pengunjung, lho!

Mie yang disajikan bukan sekadar mie instan biasa. Mie nyemek di warung sederhana ini diracik dengan bumbu rahasia spesial dengan tambahan sawi dan taburan bawang goreng. Tak hanya mie nyemek, kamu juga bisa memesan sate-satean sebagai menu pelengkap.

Penasaran dengan seenak apa mie nyemek ala Pak Tres? Langsung saja mampir ke Jl. Yos Sudarso No. 158, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jam operasional : setiap hari pukul 17.30 sampai 01.30

Kisaran harga menu : mulai dari Rp12.000 

Bakmi Jowo Bu Citro

Bakmi Jowo Bu Citro, Salah Satu Kuliner Malam Solo © Diadona

Bakmi Jowo Bu Citro salah satu bakmi legendaris yang wajib kamu coba. Bakmi yang sudah ada sejak tahun 1970, kini semakin berkembang dan terkenal seiring berjalannya waktu. 

Aroma bakmi yang khas, membuatnya banyak digemari. Hal ini karena dalam proses masaknya masih menggunakan cara tradisional dengan anglo atau tungku dari tanah liat dan bahan bakar arang. 

Tidak hanya bakmi Jawa, di kedai ini juga menyediakan menu lain seperti nasi goreng sederhana dengan telur orak-arik dan ayam suwir serta bumbu pedas yang nikmat. Untuk lokasinya Bakmi Jowo Bu Citro berada di Jl. Pulanggeni No. 40, Tipes, Serengan, Solo, Jawa Tengah. 

Jam operasional : setiap hari pukul 16:00 - 23:00

Kisaran harga : seporsi bakmi Rp. 17.000

Cafe Tiga Tjeret

Kuliner Malam Solo, Cafe Tiga Tjeret © Diadona

Cafe yang mengadopsi konsep angkringan satu ini menjadi tempat favorit muda-mudi di Solo untuk nongkrong di akhir pekan. Perpaduan dekorasi cafe dengan konsep urban-tradisional membuat cafe satu ini dilirik para pelancong.

Di sini, kamu akan disuguhkan banyak sekali menu sederhana ala angkringan yang dijamin lezat. Jangan sampai bingung memilihnya, ya!

Gimana, tertarik mengunjungi Cafe Tiga Tjeret? Catat alamatnya ya! Cafe ini berada di Jl. Ronggowarsito No. 97, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jam operasional : setiap hari pukul 11.00 sampai 00.30

Kisaran harga menu : mulai dari Rp2.500 

Susu Segar Shi Jack Kadipolo

Susu Segar Shi Jack Kadipolo © Diadona

Selain wisata kuliner makanan, Solo juga memiliki wisata minuman yang tidak kalah nikmat. Buat kamu pecinta susu yang segar tempat populer yang satu ini cocok di jadikan tempat nongkrong saat kamu berkunjung ke Solo, Susu Segar Shi Jack Kadipolo. 

Daftar minuman yang memiliki nama unik diantaranya, Tante Susy (Susu Syrop Tanpa Telor), Sukamandi (Susu Coklat Manis Dingin), Sumur (Susu Murni), Suteja (Susu Telor Jahe), Es Dara (Es Soda Gembira) dan Superman (Susu Perah Manis). 

Selain susu segar, di sini terdapat juga menu camilan seperti roti bakar, pisang owolnya, nasi bandeng, gorengan dan sate-satean, dengan harga yang pastinya sangat terjangkau. 

Mau mencoba kesegaran susu yang nikmat kamu bisa langsung saja datangi lokasinya di Jl. Dr. Rajiman No, 313/ 319, Solo, Jawa Tengah. 

Jam operasional : setiap hari pukul 16.00 - 01.00

Kisaran harga : mulai dari Rp. 4.000 hingga Rp. 7.000

Daftar kuliner malam Solo yang Diadona sebutkan di atas terdiri dari berbagai jenis makanan namun pasti deh semuaya bikin kamu penasaran. Kamu udah cobain yang mana?

editor :  Shellta Zanneti Mallarangi, Husnul Khotimah

 

Beri Komentar