Wastafel Dapur Bau Tak Sedap? Lakukan Cara Ini Saat Membersihkannya!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 28 Agustus 2020 20:45
Wastafel Dapur Bau Tak Sedap? Lakukan Cara Ini Saat Membersihkannya!
Membersihkan wastafel memang membutuhkan trik khusus agar tidak berbau.

Wastafel atau tempat cuci piring memang tempat kita membuang sisa-sisa makanan setelah masak ataupun makan. Tak heran jika tempat ini terkadang menjadi tempat yang punya bau tak sedap di dalam dapur.

Hal ini tentu sangat mengganggu, pasalnya dapur juga menjadi tempat kita membuat makanan. Nafsu makan akan hilang ketika kita mencium bau yang tak sedap di dapur. Apalagi kalau bau tak sedap itu menyebar sampai ke ruangan lain.

Nah, untuk itu, membersihkan wastafel memang membutuhkan trik khusus supaya sisa-sisa noda tidak ada yang menempel di wastafel. Kali ini, diadona.id akan membahas bagaimana cara membersihkan wastafel agar tidak bau. Apa aja itu? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1 dari 6 halaman

Jangan Menumpuk Piring Kotor

Ilustrasi Piring Kotor © Diadona

Mencuci piring dengan jumlah yang banyak memang hal yang paling malas buat kita untuk kerjakan. Habis makan, kenyang, biasanya sih kita pengennya rebahan aja dan mencuci piring besok aja. Tapi, hal ini jangan dibiasakan, ya.

Menumpuk piring kotor di wastafel bisa menyebabkan wastafel kusam, bau, dan juga berkarat. Hal ini karena sisa makanan yang menempel di wastafel. Karena itu, sebaiknya segera cuci piring kotor yang menumpuk di dalam wastafel. Pastikan lagi agar nggak ada sisa makanan yang hanyut dalam saluran pembuangan.

Dengan langsung membersihkan piring kotor, wastafel akan lebih awet dan bebas bau tak sedap.

2 dari 6 halaman

Membersihkan Wastafel dengan soda kue

Ilustrasi Baking Soda © Diadona

Wastafel rata-rata memang terbuat dari bahan stainless steel. Stainless steel memang rawan kusam jika terkena kotoran dan air. Ternyata, kamu bisa membersihkan wastafel menggunakan soda kue, lho.

Taburkan seluruh bagian wastafel lalu diamkan selama kurang lebih 5 menit. Lalu gosok perlahan dengan kain atau spons lembut. Soda kue ini bisa melarutkan noda membandel dan mengilaukan stainless steel.

3 dari 6 halaman

Membersihkan wastafel dengan cuka

Ilustrasi Cuka Putih © Diadona

Banyak cara yang bisa dilakukan agar wastafel tetap bersih dan nggak bau. Cara membersihkan wastafel agar tidak bau juga bisa menggunakan cuka, lho. Cara ini bisa dilakukan untuk membersihkan permukaan wastafel yang terbuat dari keramik. Nggak hanya melarutkan kotoran dan karat, cuka bersifat asam yang bisa membunuh kuman di permukaan wastafel yang menyebabkan bau.

4 dari 6 halaman

Membersihkan wastafel dengan lemon

Ilustrasi Lemon © Diadona

Cara membersihkan wastafel juga bisa menggunakan lemon. Air perasan lemon memiliki sifat asam yang bisa melunturkan noda dan membunuh kuman. Selain itu, baunya yang wangi juga bisa menyegarkan aroma wastafel. 

5 dari 6 halaman

Bersihkan Secara Berkala

Ilustrasi Wastafel © Diadona

Ini, nih yang paling penting. Pastikan kamu membersihkan wastafel secara berkala. Saluran pembuangan kerap menimbulkan bau tak sedap karena itu adalah tempat terbuangnya sisa makanan dan noda dari piring. Bahkan, bau akan tetap ada meskipun sudah dibersihkan. Bisa jadi, ini terjadi karena wastafel tersumbat.

Alangkah baiknya agar selalu membersihkan lubang pembuangan secara berkala. Jika kesulitan, kamu juga bisa menggunakan alat penyedot. Pastikan untuk tidak ada sisa makanan yang hanyut dan mengendap di dasar wastafel.

Beri Komentar