Biar Tetap Fresh, Ini Tips Menyimpan Roti Agar Nggak Cepat Berjamur!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 28 Agustus 2020 17:20
Biar Tetap Fresh, Ini Tips Menyimpan Roti Agar Nggak Cepat Berjamur!
Roti biasanya sangat cepat tengik dan berjamur bila disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Roti merupakan makanan yang udah nggak asing lagi. Selain nasi, di Indonesia, Roti juga menjadi salah satu makanan pokok. Biasanya, roti memang praktis dimakan untuk sarapan. Selain praktis, roti juga nggak bikin begah sehingga aktivitas pagi hari jauh lebih maksimal.

Nah, permasalahan yang sering kita hadapi adalah, roti akan cepat buluk bahkan berjamur setelah dibuka dari bungkusnya. Untuk itu, memang paling baik agar segera menghabiskannya setelah dibuka. Namun, gimana kalau kita memang nggak sanggup menghabiskannya dalam waktu singkat?

Kali ini, diadona.id akan memberikan beberapa tips menyimpan roti yang baik dan benar agar roti tidak cepat basi dan berjamur. Apa aja itu? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 dari 6 halaman

Potong Roti

Ilustrasi Roti © Diadona

Jika roti tawar utuh, potong roti dari bagian tengah ke pinggir. Cara akan berguna untuk menghalangi udara yang bisa membuat roti lebih mudah berjamur. Setelah itu bungkus roti dengan plastik ataupun aluminium foil agar kualitas tetap terjaga.

2 dari 6 halaman

Jaga Suhu Roti

Ilustrasi Roti © Diadona

Jika roti tidak habis lebih dari 2 hari, sebaiknya jangan mendiamkannya terlalu lama dalam suhu ruangan. Saat disimpan di tempat lembab, jamur akan mudah menempel pada roti. Menyimpan dalam lemari pendingin mungkin bisa jadi alternatif jika roti tidak dikonsumsi lebih dari 2 hari.

3 dari 6 halaman

Simpan Dalam Kotak Roti

Kotak Roti © Diadona

Melansir dari epicurious, menyimpan dalam tempat khusus dapat menjaga roti tetap awet. Namun, pastikan agar kotak roti tetap lembah dan bersih, lalu simpan roti di dalamnya. Satu kotak roti biasanya bisa menampung dua bungkus roti tawar utuh.

4 dari 6 halaman

Simpan di Freezer

Ilustrasi Roti © Diadona

Menyimpan di freezer juga harus dengan cara yang tepat. Iris roti dan simpan dalam zip lock lalu tempatkan dalam freezer. Jika dilakukan dengan cara yang kurang tepat, roti putih akan mengalami rekristalisasi dan menjadi keras.

5 dari 6 halaman

Panaskan Roti dalam Microwave Setelah Disimpan dalam Freezer

Ilustrasi Roti © Diadona

Jika memang tidak ada kotak roti dan mengharuskan kamu memasukkannya ke dalam freezer, it's okay. Biasanya setelah memasukkannya dalam freezer roti akan cenderung mengeras. Kamu bisa menyiasatinya dengan memanggang roti dalam microwave selama 10 detik saja. Jangan terlalu lama.

Dalam Microwave, tempatkan roti di atas tisu dapur lembab untuk melunakkannya sebelum masuk dalam oven ataupun toaster. Cara ini bisa melembutkan bagian dalam roti sehingga roti tidak akan terlalu kering.

Beri Komentar