Sering Salah Kaprah, Ini lho Cara Mencuci Wajan Besi yang Biar Awet!

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 13 Agustus 2020 09:20
Sering Salah Kaprah, Ini lho Cara Mencuci Wajan Besi yang Biar Awet!
Mencuci wajan besi, atau wajan anti lengket ternyata memang nggak boleh sembarangan!

Wajan besi jadi alat masak yang paling sering digunakan di dapur. Selain bentuknya yang kokoh, wajan besi juga sangat multifungsi dan mudah penggunaannya. Sehingga makanan apa saja bisa diolah menggunakan alat masak yang satu ini.

Namun, sekokoh-kokohnya wajan besi, pasti punya masa rusaknya. Oleh karena itu, mencucinya juga harus dengan cara yang benar supaya wajan besi tidak berkarat.

Nah, kali ini diadona.id akan membahas bagaimana membersihkan wajan secara baik dan benar.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Wajan © Diadona

Melansir dari Lodge, sebaiknya memang menghindari penggunaan sabun. Hal ini dikarenakan sabun bisa menghilangkan kemampuan wajan besi atau teflon dari sifat anti lengketnya. Selain itu, sabun akan menghilangkan semua rasa bawaan yang menempel di panci setelah bertahun-tahun digunakan.

Meskipun begitu, tidak apa-apa jika memang terpaksa menggunakan sedikit sabun. Segera keringkan wajan dengan kain bebas serat atau handuk kertas. Kemudian olesi dengan sedikit minyak goreng lalu bersihkan permukaannya kembali dengan handuk kertas.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Wajan © Diadona

Hal yang perlu diperhatikan lagi ialah, pastikan wajan dibersihkan setelah memasak saat masih dalam kondisi panas atau hangat. Merendam wajan dan membiarkannya di wastafel berjam-jam akan membuatnya mudah berkarat.

Cuci wajan dengan air panas dan sikat permukaannya. Kalau bisa hindari mesin pencuci piring, karena bisa merusak lapisan wajan.

Lalu gimana kalau ada sisa makanan lengket yang menempel di permukaan wajan? Kamu bisa menggosoknya dengna campuran garam kasar dan air. Lalu bersihkan dengan handuk kertas. Makanan yang susah lepas juga bisa dihilangkan dengan merebus air dalam panci.

Ilustrasi Wajan © Diadona

Kemudian keringkan wajan sampai bersih dengan menggunakan handuk kertas. Oleskan sedikit minyak ke bagian dalam wajan lalu lap kembali dengan handuk kertas. Gosok untuk menghilangkan kotoran berlebih. Setelah itu simpan di tempat yang kering.

Semoga bermanfaat!

Beri Komentar