Uniknya Escamol, Kaviar Ala Meksiko yang Terbuat dari Telur Serangga

Reporter : Bagus Prakoso
Minggu, 14 Februari 2021 07:20
Uniknya Escamol, Kaviar Ala Meksiko yang Terbuat dari Telur Serangga
Kaviar adalah salah satu makanan mewah yang terbuat dari telur ikan Sturgeon. Gimana kalau Kaviar dari telur serangga? Berani mencobanya?

Mendengar Kaviar, yang terbayang di benakmu merupakan makanan mewah dari telur ikan Sturgeon. Harganya sangat mahal sehingga makanan ini bisa digolongkan sebagai makanan mewah.

Namun, ternyata Meksiko juga punya kaviar khas negaranya sendiri. Namanya adalah Escamol. Namun, berbeda dari Kaviar yang terbuat dari ikan Sturgeon, Escamol justru terbuat dari telur serangga. Seperti apa makanan ini?

1 dari 2 halaman

Escamol

Escamol © Diadona

Escamol merupakan hidangan kuno yang terbuat dari larva dan kepompong dua spesies semut yang bisa dimakan.

Melansir dari Oddity Central, makanan ini terkenal memiliki rasa pedas. Bahkan, makanan ini udah dikonsumsi di Meksiku sejak zaman Aztec.

Escamol dikenal juga sebagai Kaviar Meksiko karena kemiripannya dengan telur ikan.

Escamol © Diadona

Escamol dianggap makanan lezat oleh suku Aztec, yang akan menukarnya dengan suku nomaden sperti Otomis. Hal ini karena Escamol sulit didapat.

Harganya juga gak main-main. Untuk Escamol mentah bisa mencapai 35 USD -100 USD atau sekitar Rp 490 ribu sampai Rp 1,5 jutaan.

2 dari 2 halaman

Sajian Escamol

Escamol © Diadona

Escamol bisa dijadikan menu apa saja. Di Meksiko sendiri, ada restoran yang menyajikan Taco dengan isian Escamol. Restoran ini bernama El Savoy Tavern & Gril yang terletak di Cuernavaca, Meksiko.

Di Restoran ini, Escamol dicuci dan disiapkan bersama cabai hijau, bawang cincang halus, dan daun epazote. Mereka dimasak sekitar 5 menit sampai menjadi putih gading, lalu disajikan dalam taco atau tortila jagung.

Diketahui jika Escamol memiliki rasa seperti kacang namun punya tekstur yang lembut seperti keju cottage.

Tertarik untuk mencobanya?

Beri Komentar