Transformasi Logo Fanta dari Masa ke Masa, Udah Pernah Coba yang Mana Aja?

Reporter : Kurnia
Selasa, 3 Agustus 2021 14:53
Transformasi Logo Fanta dari Masa ke Masa, Udah Pernah Coba yang Mana Aja?
Evolusi setiap logo punya fantasi arti yang berbeda

Fanta, minuman ringan yang populer di Indonesia dan berbagai negara ini merupakan produk asal Jerman tapi sekarang diproduksi oleh perusahaan Amerika Coca-Cola. Kok bisa?

Serjarah berdirinya produk minuman ringan ini muncul pada tahun 1940 dengan nama yang tidak sengaja lho. Saat itu, perusahaan meminta karyawan untuk memasukkan fantasi untuk menumenukan nama yang cocok dengan produk mereka.

Berawal dari situlah nama Fanta diambil, “Fantasi”. Miliki logo yang bertransformasi dari masa ke masa, Fanta miliki makna dan tujuan yang berbeda lho. Penasaran?

Simak ulasannya berikut.

1 dari 6 halaman

1940-1955

Transformasi logo FantaTransformasi logo Fanta © Logos.worldnet

Logo Fanta saat pertama kali berdiri miliki warna abu-abu yang terlihat kusam dengan font hitam dan huruf kecil. Tidak seperti tujuan awal yang ceria dan menginspirasi, logo Fanta pun berevolusi pada tahun 1955.

1955-1972

Transformasi logo FantaTransformasi logo Fanta © Logos.worldnet

Logo Fanta berubah, dan lambang warnanya menjadi jauh lebih ceria dan cerah. Lambang fata ditulis dengan warna putih yang terletak di belakang warna biru.

Bentuknya akurat secara geometris, dengan sudut siku-siku, keucali huruf a karena dibulatkan. Bentuk bawahnya berbentuk persegi panjang dengan kurva cekung di bagian atas. Nggak bertahan lama, perbuahan logo pun kembali ada.

 

2 dari 6 halaman

1972-1988

Transformasi logo FantaTransformasi logo Fanta © Logos.worldnet

Logo ini baru pertama kali dalam sejarah panjang Fanta. Desainer memberikan nunasa yang berbeda dengan elemen yang lebih menyenangkan.

Ada tiga bulatan di atas huruf N yang sengaja dibuat lebih panjang dari huruf yang lain sebagai tanda jeruk segar yang menjadi bahan utama dari produk ini.

1988-1994

Transformasi logo FantaTransformasi logo Fanta © Logos.worldnet

Logo Fanta kembali berevolusi dengan imajinasi yang lebih berwarna. Logo Fanta menjadi berwarna-warni dengan huruf biru dan posisi jeruk menjulang tinggi seperti bukit jeruk.

Penambahan logo daun jeruk menjadikan kesan lambang menjadi lebih manis dan hidup. Nggak bertahan lama, pada tahun yang sama Fanta kembali merubah logonya.

3 dari 6 halaman

1994-1997

Transformasi logo FantaTransformasi logo Fanta © Logos.worldnet

Pada tahun 1994, pabrik mengunggah logo Fanta dengan model yang jauh berbeda dari sebelumnya. Font baru berbentuk geometris sedikit artistik tak membuatnya bertahan lama.

Transformasi logo FantaTransformasi logo Fanta © Logos.worldnet

1997-2001

Jauh berbeda dari sebelumnya. Logo Fanta diberik background spiral seperti jeruk terbelah yang mengeluarkan cairan sebelum masuk ke dalam gelas.

Namanya juga dicetak miring, tebal, dengan gambar dinamis yang mentransmisikan energy baru.

4 dari 6 halaman

2001-2004

Transformasi logo FantaTransformasi logo Fanta © Logos.worldnet

Lanatar belakang yang ceria langsung dihilangkan. Seperti ada efek tiga dimensi yang juga tidak bertahan lama.

Transformasi logo FantaTransformasi logo Fanta © Logos.worldnet

2004-2008

Tahun 2004 kembali menjadi evolusi logo Fanta yang baru. Desainer menyempurkan desain fata dan membuat posisi huruf menjadi lebih biru, agak turun ke bawah, dan lebih tebal yang menggambarkan tetesan air.

5 dari 6 halaman

2008-2010

Transformasi logo FantaTransformasi logo Fanta © Logos.worldnet

Masih belum puas dengan logo yang lama, sejarah evolusi kembali dicetak pada tahun 2008 yang ditambahhkan bold kuning besar di belakang logo Fanta seperti matahari bersinar.

Logo Fanta juga sedikit berubah dengan model tiga dimensi.

Transformasi logo FantaTransformasi logo Fanta © Logos.worldnet

2010-2016

Pada tahun 2010 Fanta kembali membuat gebrakan baru dengan huruf geometris ketat warna putih dan bayangan warna baru.

6 dari 6 halaman

2016-sekarang

Transformasi logo FantaTransformasi logo Fanta © Logos.worldnet

Versi terbaru dari logo Fanta meinggalkan garis biru tua dengan bayangan yang dihapus. Ditambah background kuning bulat. Meski berulang kali melakukan evolusi logo, para desainer tetap mempertahankan komposisi warna yang sangat penting sebagai identitas mereka.

Karena sasaran pasar mereka adalah anak muda yang tegas, energik, dan penuh semangat, logo terkahir dirasa paling tepat dan cocok untuk kawula muda.

Nah, itulah transformasi panjang perbuahan logo Fanta dari masa ke masa. Jadi, Diazens udah pernah cobain Fanta dari logo yang mana aja nih?  

Transformasi logo FantaTransformasi logo Fanta © Logos.worldnet

Beri Komentar