5 Tips Pisang Goreng Renyah Tanpa Tepung, Legit dan Gurih Abis

Reporter : Arifina
Senin, 9 Oktober 2023 15:01
5 Tips Pisang Goreng Renyah Tanpa Tepung, Legit dan Gurih Abis
Membuat pisang goreng renyah tanpa tepung gampang banget lho! Yuk simak tips berikut!

Tips pisang goreng renyah tanpa tepung bisa kamu terapkan saatr membuat camilan sederhana ini di rumah. Membuat pisang goreng yng renyah tanpa tepung memang susah-susah gampang, tapi sebenarnya mudah banget dilakukan lho!

Olahan berbahan utama pisang ini banyak difavoritkan masyarakat Tanah Air. Buah pisang sendiri juga kaya manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari klikdokter.com, pisang mengandung kalium yang tinggi, antioksidan, karotenoid dan masih banyak lagi. Semua kandungan tersebut dapat mengontrol gula darah, menjaga kesehatan ginjal, menstabilkan tekanan darah bagi tubuh, dan lain-lain.

1 dari 8 halaman

Ilustrasi Pisang Goreng © Diadona

Gizi tersebut akan bekerja dengan baik jika kita benar dalam mengkonsumsi pisang. Seperti, dengan cara dimakan langsung, di kukus, atau dijadikan menu sehat saat program diet.

Jika diolah menjadi pisang goreng dengan gula dan minyak, kemungkinan beberapa kandungan tersebut akan bekerja dengan tidak maksimal. Pisang goreng bukanlah makanan yang dapat dijadikan camilan yang tepat.

Namun, tak ada salahnya jika sesekali mengkonsumsi pisang goreng. Terutama jika itu kamu buat sendiri, agar tau takaran yang pas dan tidak berlebihan.

2 dari 8 halaman

Nh, mengolah pisang goreng yang renyah tanpa tepung bisa dilakukan jika kamu tau trik yang tepat. Salah satu kunci utama pisang goreng bisa gurih dan renyah tanpa tepung adalah dari jenis pisangnya.

Sebab, tidak semua pisang cocok untuk diolah menjadi pisang goreng. Ada beberapa jenis pisang yang enak jika dimakan langsung, dikukus, direbus, atau diolah menjadi variasi makanan lainnya.

Selain itu juga tetap harus dengan memperhatikan beberapa hal lainnya. Mulai dari jenis pisang, cara memasaknya hingga durasi waktu yang dibutuhkan saat memasak pisang di goreng. Simak tipsnya berikut yuk!

3 dari 8 halaman

Pilih Jenis Pisang yang Tepat

Manfaat Pisang Kepok © Diadona

Tidak semua pisang dapat dioloah sebagai pisang goreng, apalagi tanpa menambahkan tepung. Jenis pisang yang cocok untuk pisang goreng tanpa tepung adalah pisang kepok.

Pisang kepok memiliki tekstur yang sedikit keras, namun tetap legit saat dinikmati. Jika dibandingkan dengan pisang lainnya, pisang kepok ini memiliki daging yang lebih padat, sehingga tidak mudah hancur saat nanti digoreng. 

Pilih pisang kepok yang berwarna hijau atau yang masih belum terlalu matang. Pisang kepok yang agak keras dan tidak terlalu manis akan membuat hasil pisangnya lebih renyah lho!

4 dari 8 halaman

Potong Tipis Pisang

Potong pisang kepok menjadi irisan yang tipis. Cara ini untuk menghasilkan tekstur yang lebih renyah saat nanti digoreng.

Pisang dapat dipotong secara melintang atau memanjang, sesuai selera. Semakin tipis irisan pisang, akan memungkinkan panas minyak meresap cepat dan merata ke seluruh bagian pisang, sehingga kletika digoreng akan lebih cepat matang merata.

Kemudian pisang yang diiris tipis akan memberikan tekstur yang lebih konsisten di setiap gigitan. Hal ini berbeda dengan potongan pisang yang lebih besar dan tebal, di mana bagian tersebut mungkin masih kurang matang dan masih lembek disaat bagian luar pisang sudah garing.

Pisang yang diiris tipis juga akan memungkinkan terhindar dari penyerapan minyak berlebih yang membuat pisang goreng terasa berminyak atau lembek.

5 dari 8 halaman

Tambahkan Sedikit Air dan Garam

Tips Pisang Goreng Renyah Tanpa Tepung © Diadona

Sebelum mulai menggorengnya, tambahkan sedikit air dan garam pada pisang yang sudah diiris tipis. Lalu aduk hingga semua pisang berlumur dengan merata.

Hal ini agar getah pada pisang kepok berkurang ataupun hilang. Garam juga dapat membantu pisang untuk mencegah oksidasi saat pisang sudah dipotong.

Tak hanya itu, garam juga membantu menjaga warna pisang yang digoreng agar tetap cerah atau tidak berubah warna menjadi keabu-abuan. Jadi saat pisang kepok digoreng dan dinikmati akan terasa lebih enak dan lezat.

Menambahkan sedikit air dan garam akan membantu menjaga kelembaban pisang saat digoreng. Jadi pisang tidak menjadi terlalu kering atau garing saat proses digoreng.

6 dari 8 halaman

Goreng Singkat di Minyak yang Panas

Sebelum pisang digoreng, pastikan minyak goreng sudah benar-benar panas. Panaskan minyak sampai di suhu 175-190 derajat celcius, lalumasukkan pisang yang sudah ditiriskan dari larutan air dan garam.

Goreng selama beberapa detik saja, sekitar 30-60 detik saja atau sampai pisang berubah warna menjadi kecoklatan dan tekstur pisang menjadi renyah. Jangan terlalu lama menggoreng pisangnya, karena justru akan menjadikan teksturnya lembek.

7 dari 8 halaman

Tiriskan dengan Tepat

Tips Pisang Goreng Renyah Tanpa Tepung © Diadona

Setelah pisang digoreng, tiriskan dengan baik untuk menghindari menyerap minyak berlebih. Kamu bisa meniriskan pisang goreng dengan cukup lama agar minyaknya benar-benar menghilan, sehingga akan lebih nikmat saat nanti akan dimakan.

Meniriskan pisang goreng dengan tepat juga akan mempertahankan kerenyahan pada permukaan pisang goreng. Gunakan kertas lemak berminyak atau kertas bungkus yang bisa digunakan untuk meniriskan minyak berlebih dari pisang goreng.

Itulah beberapa tips pisang goreng renyah tanpa tepung yang cocok untuk jadi camilan bersama keluarga. Sangat mudah dibuat, rasanyapun manis, renyah, dan gurih. Selamat mencoba ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar