Inspirasi Olahan Singkong yang Bisa Kamu Coba Sendiri Dirumah

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 27 Januari 2020 16:27
Inspirasi Olahan Singkong yang Bisa Kamu Coba Sendiri Dirumah
Singkong memiliki banyak macam olahan yang menarik untuk di coba.

Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan vitamin. Kamu bisa mendapatkan Vitamin C, Vitamin B1, Protein, Kalsium hingga protein dari setiap 100 gram singkong yang kamu makan.

Selain kaya akan vitaminnya, singkong banyak dijadikan pilihan untuk dimakan. Karena bahannya yang mudah didapatkan, dan juga karena singkong dapat diolah menjadi berbagai macam panganan. Dilansir dari berbagai sumber, inilah makanan olahan berbahan dasar singkong yang bisa kamu coba di rumah.

 

1 dari 5 halaman

Singkong Goreng

Ilustrasi Singkong Keju © Diadona


Inspirasi makanan pertama yang terbuat dari singkong adalah singkong goreng. Agar singkong goreng lebih lezat dan empuk, rebus dulu singkong hingga empuk kemudian campur dengan bumbu lalu goreng dengan minyak panas hingga garing di bagian luarnya.

2 dari 5 halaman

Sawut

 

sawut © Diadona


Sawut merupakan makanan yang terbuat dari singkong parut. Sawut dimasak dengan cara dikukus bersama parutan kelapa dan gula merah atau sedikit garam. Sawut menjadi makanan dengan cita rasa dan tekstur khas yang menggugah selera.

3 dari 5 halaman

Singkong Saus Gula Merah

singkong © Diadona


Makanan ini sangat pas untuk dijadikan camilan di sore hari saat santai dan pasti suka rasanya. Untuk membuatnya, kamu memerlukan singkong berkualitas baik dan gula merah. Bahan lain yang diperlukan adalah air dan garam secukupnya juga daun pandan untuk membuatnya semerbak wangi.

4 dari 5 halaman

Tape Singkong

Ilustrasi Tape © Diadona


Inspirasi makanan selanjutnya dari singkong adalah tape singkong. Tape singkong adalah olahan singkong kukus yang difermentasi. Rasa tape singkong manis dan asam dengan tekstur yang lembut.

5 dari 5 halaman

Tiwul

Tiwul © Diadona


Kreasi olahan singkong satu ini merupakan makanan khas Gunungkidul. Tiwul terbuat dari tepung gaplek, yaitu singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk. Kuliner khas Indonesia ini mempunyai cita rasa manis khas singkong dengan warna kecokelatan. Biasanya tiwul juga bisa disajikan sebagai makanan pengganti nasi. Selain daerah Gunungkidul, masyarakat Wonosobo, Wonogiri, pacitan Dan Blitar juga mengonsumsi makanan ini sehari-hari.

Itu dia beberapa olahan singkong yang dapat kamu coba di rumah, selamat bereksperimen ya!

Beri Komentar