8 Tips Memasak Indomie Goreng, Anti Lembek dan Matangnya Pas!

Reporter : Arifina
Rabu, 18 Oktober 2023 18:07
8 Tips Memasak Indomie Goreng, Anti Lembek dan Matangnya Pas!
Coba terapin tips dibawah ini agar indomie goreng buatanmu semakin enak dan lezat.

Tips memasak Indomie goreng bisa kamu coba saat mengolah masakan ini di rumah. Indomie merupakan salah satu merek mie instan terkenal yang ada di Indonesia.

Indomie goreng menjadi salah satu varian mie instan yang banyak difavoritkan masyarakat Tanah Air. Dalam satu bungkus Indomie goreng berisi mie, bumbu kering, dan minyak yang cara memasaknya adalah dengan direbus terlebih dahulu.

Secara umum, cara memasak mie instan goreng sangatlah mudah dan sederhana. Namun untuk mendapatkan hasil yang pas dan seimbang, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rasa indomie goreng enak, teksturnya pas, dan anti lembek.

Nah, berikut diadona.id rangkumkan tips memasak indomie goreng dari berbagai sumber, yuk simak!

1 dari 9 halaman

Jangan Masak Mie Terlalu Lama

10 Mie Instan Terbaik di Dunia © Diadona

Hal yang paling utama harus diperhatikan saat mengolah Indomie goreng adalah proses memasaknya. Pastikan, kamu tidak memasak mie terlalu lama.

Proses merebus mie instan umumnya memiliki waktu yang singkat karena selama proses produksi mie telah diproses dan direbus dalam air panas. Cukup rebus Indomie selama 2-3 menit saja.

Merebus mie terlalu lama akan menyebabkan menjadi overcooked dan teksturnya lembek. Selain itu, rasanya juga akan berubah menjadi hambar dan tidak enak.

2 dari 9 halaman

Rebus saat Air Mendidih

Untuk mendapatkan indomie goreng dengan tekstur kekenyalan yang pas, maka rebuslah mie ketika air sudah benar-benar mendidih. Jangan masukkan indomie dalam air rebusan ketika airnya belum mendidih ataupun bersamaan ketika mulai merebus air.

Hal tersebut dapat menyebabkan tekstur indomie menjadi lembek dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk matang. Merebus mie ketika airnya sudah mendidih dapat mempersingkat waktu memasak, mencegah mie menjadi lengket satu sama lain, dan menghasilkan mie yang matangnya merata.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan tekstur kekenyalan indomie yang pas, tidak terlalu lembek ataupun terlalu keras jika memasukkan mie saat air sudah mendidih.

3 dari 9 halaman

Segera Tiriskan saat Sudah Matang

Setelah rebusan Indomie matang, segera tiriskan agar tidak menjadi overcooked dan lembek. Mie yang tidak segera ditiriskan dapat menyerap air panas dari air rebusan sehingga bisa membuat teksturnya menjadi berubah.

Setelah ditiriskan, jangan diamkan mie terlalu lama. Hal tersebut dapat menyebabkan mie menjadi lengket dan lembek sehingga tidak enak untuk dinikmati. Segera saja untuk mencampur mie dengan bumbu-bumbu yang terdapat pada kemasan agar bisa mendapatkan hasil indomie goreng yang tetap pas dan lezat.

4 dari 9 halaman

Tambahkan Tepung Beras dalam Air Rebusan

Tips Memasak Indomie Goreng © Diadona

Menambahkan tepung beras dalam air rebusan indomie goreng ternyata memiliki banyak manfaat lho. Tepung beras dapat membantu indomie menjadi tidak lembek dan lengket saat dimasak.

Selain itu, tepung beras juga memiliki sifat pengikat. yang dapat membantu meningkatkan kekenyalan mie. Caranya mudah, cukup tambahkan tepung beras sedikit saja dalam air rebusan. Jangan terlalu banyak karena dapat mempengaruhi rasa indomie goreng nantinya.

5 dari 9 halaman

Beri Sedikit Minyak di Air Rebusan

Biasanya penambahan minyak dilakukan saat merebus pasta. Namun ternyata saat memasak Indomie kamu juga bisa menambahkan minyak dalam air rebusan.

Cara ini dapat membantu mie menjadi tidak lembek dan lengket satu sama lain saat dimasak. Kamu bisa menggunakan minyak jenis apapun, seperti minyak sayur, minyak zaitun, minyak wijen, dan sebagainya.

Penting untuk diingat adalah tambahkanlah minyak secukupnya saja, sekitar satu atau dua sendok teh. Jangan menambahkan minyak terlalu banyak karena dapat menyebabkan mie terasa berminyak.

Selain itu, gunakanlah pula minyak yang baru, jangan minyak bekas yang sudah dipakai untuk menggoreng karena dapat merusak cita rasa Indomie goreng.

6 dari 9 halaman

Beri Tambahan Sayur Hijau

Indomie goreng terkenal dengan sebutan makanan instan yang kurang sehat jika dikonsumsi secara berlebihan. Menambahkan sayur saat memasak indomie dapat membuat mie yang satu ini menjadi lebih enak untuk disantap dan meningkatkan nilai gizi di dalamnya.

Kandungan gizi dalam sayur bisa memberikan berbagai manfaat baik untuk tubuh, sehingga tidak perlu khawatir kekurangan nutrisi ketika makan Indomie goreng. Sayuran pada campuran Indomie goreng juga bisa membuat kamu merasa lebih kenyang saat memakannya.

Sayuran memiliki berbagai kandungan yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Kamu bisa menambahkan sayuran seperti sawi, kol, daun bawang, dan kubis.

7 dari 9 halaman

Tambahkan Topping

Tips Memasak Indomie Goreng © Diadona

Selain bisa ditambah dengan sayuran, kamu juga bisa menambahkan berbagai macam topping pada Indomie goreng, seperti telur, sosis, ayam, daging, dan ikan. Penambahan topping ini bisa membuat rasa indomie goreng menjadi lebih enak, lezat, serta mengenyangkan.

Kamu bisa menambahkan toppingnya bersamaan saat merebus mie ataupun saat indomie sudah matang, tergantung selera. Dengan menambahkan topping ini, kamu bisa membuat Indomie goreng yang sesuai dengan preferensi dan keinginan masing-masing.

8 dari 9 halaman

Olah dan Kreasikan Mie

Indomie goreng tak hanya bisa dimasak seperti biasa, tapi juga bisa diolah dan dikreasikan menjadi berbagai hidangan yang lezat seperti mie nyemek, martabak mie, bakwan mie, nugget mie, donat mie, dan lain-lain.

Indomie goreng bisa kamu olah dengan tambahan bahan-bahan masakan lain sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing. Dengan cara diolah seperti ini, kamu bisa menghasilkan hidangan dari Indomie goreng yang lezat dan lebih menarik.

Nah, itulah tadi sederet tips memasak indomie goreng yang bisa kamu coba di rumah. Dengan tips di atas, dijamin Indomie goreng buatanmu akan menjadi lebih lezat dan nikmat untuk disantap.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar