Harga Mie Instan Naik Diprediksi 3 Kali Lipat Mahalnya, IRT dan Anak Kost Siap-Siap nih!

Reporter : Ayu
Selasa, 9 Agustus 2022 14:51
Harga Mie Instan Naik Diprediksi 3 Kali Lipat Mahalnya, IRT dan Anak Kost Siap-Siap nih!
Harga mie instan naik diprediksi bakal 3 kali lipat harganya!

Mie instan rasa-rasanya sudah menjadi bahan kebutuhan dapur para ibu rumah tangga di Indonesia. Tak hanya itu, mie juga sudah dianggap sebagai barang pokok dan penyelamat di tanggal tua. Terlebih buat anak kostan, sampai-sampai sudah akrab mendapat julukan "Dah, mie terosss!".

Ya, lagi-lagi barang kebutuhan ini dikabarkan akan bakal terus naik menyusul naiknya minyak goreng di Indonesia. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut dampak perang Rusia - Ukraina terhadap rantai pasok bahan makanan mulai terasa di Indonesia. Syahrul Yasin Limpo bahkan memproyeksi harga mie instan bakal naik hingga tiga kali lipat.

1 dari 4 halaman

Hal ini terjadi karena Indonesia bergantung pada impor komoditas dari dua negara. Sehingga kenaikan harga pangan berbasis impor tak terhindari. Saat ini pasokan gandum Ukraina yang menjadi bahan baku pembuatan mie instan mengalami masalah. Bahkan Mentan menyebut saat ini terdapat kurang lebih 180 juta ton gandum di Ukraina tidak bisa keluar negara tersebut.

" Jadi hati-hati yang makan mie banyak dari gandum, besok harganya 3 kali lipat itu, maafkan saya, saya bicara ekstrem saja ini," papar Mentan dalam webinar bersama Ditjen Ditjen Tanaman Pangan, Senin (8/8/2022).

2 dari 4 halaman

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sudah mewanti-wanti kenaikan harga tersebut. Ia menilai bakal ada dampak besar dari perang antara Rusia dan Ukraina, salah satunya adalah kenaikan harga mie instan. Ia memprediksi nilai kenaikannya bakal terasa signifikan dari yang terjadi saat ini.

3 dari 4 halaman

Harga mi instan sendiri terpantau terus mengalami kenaikan dalam beberapa bulan terakhir. Melansir catatan CNBC Indonesia, harga mi instan terus naik setelah perang tersebut. Misalnya di warung grosiran yang berlokasi di Tamansari Kabupaten Bogor, harga 1 dus Indomie Goreng pada 12 Juli 2022 adalah Rp 105.000, namun per 6 Agustus harganya sudah naik jadi Rp 112.000.

Harga Mie Instan NaikHarga Mie Instan Naik © Diadona.id/Yayuk Harini

4 dari 4 halaman

Tim Diadona.id sendiri juga melakukan penelusuran harga di toko kelontong daerah Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Seperti yang dipaparkan oleh Sutiyah sang pemilik toko kelontong bahwa per hari ini Selasa (9/8/2022) ia menjual eceran mie goreng Indomie dan Sedaap harga Rp3.500,00 dan kuah Rp3000,00.

Well, kalau di daerahmu harga mie saat ini berapa Diasens? Komen di bawah ya!

Beri Komentar