Sering Disebut Martabak Manis, Ini Nama Lainnya di Berbagai Daerah! Ada yang Nyebut Terang Bulan

Reporter : Bagus Prakoso
Minggu, 30 Agustus 2020 15:20
Sering Disebut Martabak Manis, Ini Nama Lainnya di Berbagai Daerah! Ada yang Nyebut Terang Bulan
Di daerah kamu namanya apa?

Siapa nih, pecinta Martabak? Jajanan khas Indonesia yang punya rasa manis ini memang cocok disantap hangat-hangat ketika malam hari bersama keluarga ataupun teman.

Martabak juga identik sebagai makanan yang diberikan kepada calon mertua ketika ingin mengajak anaknya malam mingguan. Hehe, siapa nih yang masih nyogok calon mertua pakai martabak?

Punya rasa manis dan legit, makanan ini biasa diisi dengan coklat, keju, ataupun kacang di dalamnya. Seiring berjalannya waktu, bahkan topingnya bisa beragam sesuai dengan makanan kekinian seperti greentea ataupun coklat nutella.

Tapi tahu nggak sih, kalau ternyata martabak itu punya sebutan yang berbeda-beda di berbagai daerah. Apa aja itu? Yuk kita simak!

1 dari 7 halaman

Martabak Manis - Jakarta

Martabak Manis © Diadona

Di Jakarta sendiri, makanan ini memang banyak dikenal sebagai Martabak manis. Biasanya Martabak Manis dijual bersama dengan Martabak Telor. Oleh karena itu, biar nggak ketuker karena sama-sama bernama martabak, dipisahkanlah namanya jadi Martabak Manis dan Martabak Telor.

2 dari 7 halaman

Hok Lo Pan - Bangka

Martabak Manis © Diadona

Di Bangka, makanan berbentuk bulat ini biasa disebut Hok Lo Pan. Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, artinya adalah martabak bangka manis. Di Bangka sendiri, orang suku Hakka membuat kue Hok Lo dari wijen sangrai dan gula pasir. Seiring berjalannya waktu, berkembang menjadi martabak bangka seperi sekarang.

3 dari 7 halaman

Martabak Bangka - Medan

Ilustrasi Martabak Manis © Diadona

Di medan sendiri, makanan manis ini biasa disebut dengan Martabak Bangka. Orang Medan menyebutnya karena memang makanan ini berasal dari Bangka.

4 dari 7 halaman

Kue Terang Bulan - Bandung dan Jawa Timur

Ilustrasi Martabak Manis Sederhana © Diadona

Kalau beberapa daerah menyebutnya sebagai martabak, lain halnya dengan di Bandung. Kue ini malah lebih dikenal dengan sebutan Terang Bulan. Namun, ternyata Terang Bulan punya rongga yang lebih besar mirip dengan permukaan bulan. Selain itu, makanan ini juga kerap ditemui pada saat sore hingga malam hari.

Nggak cuma di Bandung. Ternyata beberapa daerah di Jawa Timur seperti Malang juga menyebutnya dengan nama Terang Bulan. Adonan Terang Bulan sendiri terbuat dari tepung terigu, soda kue, telur ayam, santan, air dan ragi dan dipanggang di atas penggorengan besi tebal. Dengan taburan gula pasir, meses, biji wijen dan kacang tanah kemudian disiram susu kental manis dan diolesi mentega, makanan ini emang bikin ngiler.

5 dari 7 halaman

Kue Bandung - Semarang

Ilustrasi Martabak Manis Teflon © Diadona

Kalau di Bandung disebut Terang Bulan, di Semarang, kue ini malah disebut Kue Bandung. Kabarnya, sejarahnya adalah kue ini dibawa ke Semarang oleh Keluarga Cen dari Bangka.

Zaman tersebut Mie Bandung adalah makanan yang cukup populer. Seakan ingin pansos dengan nama embel-embel Bandung, disebutlah martabak dengan sebutan kue Bandung agar lebih dikenal masyarakat. Sejak saat itu kue Bandung lebih akrab di telinga orang Semarang.

6 dari 7 halaman

Apem Pinang - Pontianak

Ilustrasi Martabak Manis Bangka © Diadona

Nah, di Pontianak sendiri, Martabak justru dikenal dengan sebutan Apem Pinang. Apem Pinang di Pontianak termasuk sebagai kue tradisional, sehingga jarang ada banyak varian topping. Selain jadi jajanan pasar, kue Apem Pinang juga sering disajikan untuk acara-acara tertentu.

Beri Komentar