Selain Dipanggang, Proses Memasak Ayam Betutu juga Menggunakan Kemenyan! Belum Pada Tahu, kan?

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 3 April 2020 16:21
Selain Dipanggang, Proses Memasak Ayam Betutu juga Menggunakan Kemenyan! Belum Pada Tahu, kan?
Rasa unik dari kemenyan bikin nagih!

Bagi sebagian banyak orang makanan dan kemenyak adalah dua hal yang tidak ada ahubungannya sama sekali. Tapi lain cerita dengan penduduk di Pulau Dewata Bali, kemenyan adalah kunci dari kelezatan makanan.

Jika kamu pernah mencoba ayam atau bebek Betutu khas Bali berati kamu telah merasakan lezatnya makanan yang bumbunya menggunakan campuran kemenyan. Ya meskipun banyak bumbu rempah lain, tapi kemenyan ini adalah yang memberi rasa yang unik.

1 dari 3 halaman

Melansir dari laman pesona.travel, jika ditelusuri, lauk yang terbuat dari ayam atau bebek utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam ini hanya ada di Gianyar. Betutu digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan, upacara adat.

Dulu, warga lokal memasak ayam betutu dengan cara menanamnya di dalam lubang dalam tanah sebelum ditutup dengan bara api dan dimasak selama belasan jam. Namun kini cara itu sudah ditinggalkan. Kini warga Bali biasa memasak ayam dengan cara direbus hingga setengah matang, dan melumurinya dengan bumbu Bali bernama base genep dan bumbu wewangenan yang telah ditumis.

Ilustrasi Ayam Betutu © Diadona

2 dari 3 halaman

Base genep adalah bumbu khas Bali, campuran dari bawang merah, kencur, kemiri, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, laos, daun limau, daun salam, cabai rawit, serai, gula merah, dan minyak kelapa. Sementara bumbu wewangenan terdiri dari merica hitam, merica putih, cengkeh, pala, tabia bun, ketumbar, kemiri, jangu, bangle, kulit jeruk purut, dan yang cukup membuat semua orang bergidik ngeri, kemenyan.

Meski citranya mistis, namun kemenyan ternyata dapat dimanfaatkan sebagai penambah cita rasa dalam masakan. Kalau mencicipi ayam betutu pun pasti bisa merasakan sensasi asing dari dalam racikan bumbunya. Rasa itulah yang dihasilkan dari kemenyan.

Ilustrasi ayam betutu © Diadona

3 dari 3 halaman

Saat ini Ayam Betutu sudah bisa dinikmati oleh siapapun alias nggak khusus buat sajian upacara adat. Penyajiannya pun beragam, mulai dari yang digoreng atau yang direbus. Masing-masing memiiki cita rasa rempah yang kuat.

Ilustrasi Ayam Betutu © Diadona

Nah jadi gitu, Kemenyan nggak melulu tentang hal mistis guys. Lagi pula bahan kemenyan ini juga berasal dari pepohonan, pastinya aman banget meskipun dipakai bumbu makanan.

Beri Komentar