Roti Widoro, Oleh-Oleh Legendaris Nan Cantik Khas Sukoharjo yang Usianya Hampir Seabad!

Reporter : Nasa
Jumat, 9 Oktober 2020 13:31
Roti Widoro, Oleh-Oleh Legendaris Nan Cantik Khas Sukoharjo yang Usianya Hampir Seabad!
Bisa dibilang ini roti tradisional paling cantik seantero Jawa

Adalah roti Widoro, jajanan khas Sukoharjo Jawa Tengah yang dikenal tak hanya miliki cita rasa nikmat, namun juga dekorasinya yang cantik. Roti Widoro ini adalah roti tradisional yang kabarnya sudah diproduksi selama setidaknya satu abad.

Roti Widoro identik dengan bentuk persegi panjang dan terdiri dari dua jenis, yakni tebal dan tipis. Pada bagian atasnya, roti ini dihias dengan krim putih bertuliskan 'Roti Widoro'. Tulisan itulah yang membuat roti Widoro terlihat cantik

Menurut info dari laman Solopos.com, roti Widoro ini diciptakan oleh Mbah Wongsodinomo yang konon dulunya pernah menjadi koki Keraton Solo. Kabarnya, Mbah Wongsodinomo ini memulai usaha roti Widoro pada tahun 1922 silam. Dan masih eksis hingga sekarang, dengan usia hampir satu abad.

1 dari 2 halaman

Bahan Pembuatan Roti Widoro yang Unik

Roti Widoro Khas Sukoharjo © Diadona

Selain bentuk dan dekorasinya yang unik, roti Widoro dikenal sebagai roti tradisional yang menggunaan bahan anti mainstream loh. Kalau roti pada umumnya menggunakan telur ayam sebagai campuran, roti Widoro ini malah menggunakan telur bebek.

Katanya, alasan utama penggunaan telur bebek adalah kandungan proteinnya yang lebih tinggi dibanding dengan telur ayam. Kemudian bahan unik lain yang digunakan sebagai campuran roti Widoro adalah kulit jeruk purut.

Penggunaan kulit jeruk perut ini disebut menjadi salah satu cara untuk membuat roti Widoro jadi lebih awet. Selain itu, penggunaan bahan gula yang tepat juga bisa membuat roti ini jadi lebih awet secara alami.

Roti Widoro ini memang dikenal sebagai roti tradisional yang miliki ketahanan cukup lama. Jadi, meski lama disimpan, roti Widoro tidak akan berjamur seperti roti lainnya. Biasanya tekstur roti Widoro akan semakin mengeras jika makin lama disimpan.

Kemudian roti Widoro akan dihias dengan tulisan warna putih, yang terbuat dari campuran gula dan putih telur. Tulisan yang dibubuhkan di atas roti Widoro ini spesial banget, karena juga ditambahkan dengan simbol khusus yang seolah menjadi brandnya.

2 dari 2 halaman

Harga Terjangkau

Roti Widoro Khas Sukoharjo © Diadona

Meski dikenal sebagai roti tradisional legendaris nan cantik, roti Widoro ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau loh. Untuk setiap potongnya, harga roti Widoro dipatok mulai dari Rp 5 ribu saja untuk ukuran yang paling tipis.

Gak heran ya kalau roti Widoro ini selalu jadi oleh-oleh favorit para pengunjung Sukoharjo. Admin jadi penasaran nih gimana caranya, ada yang udah pernah nyobain belom?

 

Beri Komentar