11 Jenis Pisang di Indonesia, Ada yang Bisa Dimakan Kulitnya lho!

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 22 September 2020 16:20
11 Jenis Pisang di Indonesia, Ada yang Bisa Dimakan Kulitnya lho!
Ada beragam jenis pisang yang ada di Indonesia.

Pisang adalah salah satu buah yang sering dijumpai di Indonesia. Bahkan, di Indonesia, ada banyak jenis pisang yang punya bentuk dan fungsi tertentu. Ada yang cocok langsung dimakan, ada pula yang lebih cocok untuk dijadikan olahan.

Lalu, apa aja sih jenis-jenis pisang yang ada di Indonesia? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 dari 11 halaman

1. Pisang Ambon

Pisang AmbonPisang Ambon © shopee.co.id

Pisang Ambon punya ciri tekstur kulit yang halus berwarna kuning atau hijau. Daging buahnya berwarna putih dengan rasa manis dan nggak berbiji. Pisang Ambon ga cuma bisa dimakan secara langsung, tetapi Pisang Ambon juga sering digunakan untuk bahan baku membuat kue seperti banana bread.

2 dari 11 halaman

2. Pisang Kepok

Pisang KepokPisang Kepok © flickr.com/Jason Thien

Pisang Kepok adalah salah satu pisang yang populer di Indonesia. Pisang asal Filipina ini punya jenis pisang kepok kuning dan pisang kepok putih.

Pisang kepok adalah jenis pisang yang sering diolah menjadi makanan lain seperti keripik pisang renyah.

3 dari 11 halaman

3. Pisang Nangka

Pisang NangkaPisang Nangka © 8villages.com

Pisang Nangka adalah jenis pisang yang punya warna kulit kehijauan meskipun sudah matang. Rasanya manis, aromanya wangi membuat pisang ini jadi salah satu favorit. Selain langsung dimakan, Pisang Nangka juga biasa diolah menjadi keripik, gorengan, ataupun isian kue tradisional.

4 dari 11 halaman

4. Pisang Cavendish

Pisang CavendishPisang Cavendish © stevehopson.com

Pisang Cavendish berasal dari Amerika. Pisang ini populer di Indonesia karena kerap dijual di supermarket. Ukurannya yang besar, tekstur empuk namun padat, membuat pisang ini jadi favorit karena cukup mengenyangkan hanya dengan satu buah saja.

Selain dikonsumsi langsung, kamu juga bisa mengolahnya menjadi kue ataupun smoothies.

5 dari 11 halaman

5. Pisang Susu

Pisang SusuPisang Susu © wikimedia.org

Pisang Susu adalah salah satu pisang yang populer di Indonesia. Pisang susu punya bentuk yang lebih kecil. Ciri lainnya adalah bintik-bintik hitam di kulitnya. Teksturnya lembut dengan rasa manis membuatnya disebut pisang susu.

Pisang ini cocok dimakan secara langsung. Namun, kamu juga bisa mengolahnya dan dijadikan campuran adonan kue, isian sandwich atau dadar gulung pisang.

6 dari 11 halaman

6. Pisang Seribu

Pisang SeribuPisang Seribu © liputan6.com

Pisang Seribu punya aroma yang harum dan legit. Pisang seribu ini memiliki ukuran standar dengan warana kulit hijau saat masih mentah dan berubah menjadi kuning keemasan saat sudah masak.

Pisang ini memang bisa dinikmati langsung tanpa harus diolah. Keunikannya adalah dalam satu tandan bisa berisi banyak pisang. Makannya banyak yang menyebutnya pisang seribu.

7 dari 11 halaman

7. Pisang Varigata

Pisang VarigataPisang Varigata © shopee.co.id

Pisang Varigata adalah pisang yang sekilas cukup mirip dengan mentimun. Pisang ini cocok disajikan di atas meja. Selain dagingnya, ternyata kulit pisang Varigata juga bisa dikonsumsi tanpa meninggalkan rasa sepat di lidah.

8 dari 11 halaman

8. Pisang Mas

Pisang MasPisang Mas © goldenfruits-ina.weebly.com

Pisang mas sering dijadikan campuran dalam pembuatan kue atau cemilan. Ukurannya cenderung kecil, namun tekstur dagingnya hampir menyerupai pisang ambon.

9 dari 11 halaman

9. Pisang Genderuwo / Pisang Merah

Pisang GenderuwoPisang Genderuwo © kebunpedia.com

Pisang Genderuwo merupakan jenis pisang yang cukup jarang ditemui di pasaran. Karena bentuknya yang unik dengan batang berwarna merah gelap dan ukuran buah yang besar membuat pisang ini dinamai pisang Genderuwo.

10 dari 11 halaman

10. Pisang Tanduk

Pisang tandukPisang tanduk © shopee.co.id

Pisang Tanduk adalah pisang yang lebih cocok dijadikan olahan. Biasanya pisang tanduk dijadikan bahan dasar pembuatan pisang goreng atau pisang rebus.

Pisang Asal Sukabumi ini punya ukuran yang besar dan panjang melengkung seperti tanduk. Warna dagingnya cenderung merah kekuningan dengan rasa manis agak asam. Oleh karena itu, pisang ini lebih sering dijadikan olahan.

Beri Komentar