Mencicipi Stargazy Pie, Pai Unik dengan Topping Kepala Ikan

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 2 Februari 2021 18:20
Mencicipi Stargazy Pie, Pai Unik dengan Topping Kepala Ikan
Stargazy Pie merupakan makanan khas menyambut Natal asal Inggris.

Kamu penggemar kue Pie? Pasti udah nggak asing lagi dengan berbagai olahan pie seperti Pie Apel, Pie Susu, Pie Buah, dan lain sebagainya.

Biasanya, Pie dibentuk bulat dan ditutup dengan roti pastry kering di atasnya. Namun, bagaimana jika kamu melihat Pie yang dihiasi dengan topping kepala ikan? Masih mau memakannya?

Ini bukan makanan yang dibuat untuk prank, lho. Melainkan pie ini memang kerap disajikan di Inggris. Seperti apa sih rasanya?

1 dari 2 halaman

Stargazy Pie

Stargazy Pie © Diadona

Stargazy Pie merupakan pie berbentuk bulat berhiaskan kepala ikan yang menghadap ke atas. Meskipun ini adalah makanan yang tergolong unik. Ternyata, Stargazy Pie merupakan makanan khas perayaan natal di Inggris.

Melansir dari Oddity Central, Stargazy Pie menyimpan kisah legenda di baliknya. Pada musim dingin abad ke-16, cuaca buruk membuat penduduk Mousehole, di Cornwal, Inggris tak bisa melaut untuk mencari ikan. Hal ini membuat penduduk Mousehole kelaparan.

Stargazy Pie © Diadona

Seorang nelayan pemberani bernama Tom Bawcock memberanikan diri untuk tetap melaut. Ia pun pulang dengan membawa banyak ikan. Mulai dari belut pasir, mackerel kuda, pilchards, herring, dogfish, dan lain-lainnya.

Rupanya, aksi Tom Bawcock ini dirayakan setiap 23 Desember tiap tahunnya di The Ship Inn, Mousehole, selama ratusan tahun. Gelaran perayaan ini disebut dengan Tom Bawcock's Eve.

Di acara ini, turis yang datang ke penginapan ini akan bisa mencicipi Stargazy Pie raksasa yang disajikan secara gratis.

2 dari 2 halaman

Stargazy Pie © Diadona

Bahan utama Stargazy Pie adalah ikan sarden, mackerel, ataupun herring. Untuk isian pie, dibuat dari berbagai jenis ikan yang dipanggang dengan campuran rempah-rempah dan kulit lemon. Semua dicampur dengan telur parut, kentang tumbuk dan krim, lalu ditutup dengan lapisan kue cornish.

Stargazy Pie © Diadona

Kepala dan ekor ikan lalu dimasukkan dalam pie dalam posisi menghadap atas. Baru adonan dipanggang dalam oven. Selain memperlihatkan kepala ikan, menghadapkan ikan ke atas memungkinkan ikan melepaskan minyak agar mengalir dalam pie saat proses pemanggangan. Hal ini membuat adonan pie jadi lebih lembab dan beraroma khas.

Stargazy Pie © Diadona

Tertarik mencicipinya?

Beri Komentar